Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perubahan volume tidak akan mempengaruhi kesetimbangan pada reaksi ....

Perubahan volume tidak akan mempengaruhi kesetimbangan pada reaksi ....space

  1. space

  2.  space

  3.  space

  4.  space

  5.  space

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Faktor volume dan tekanan bersifat kebalikan satu sama lain, sesuai hukum Boyle yang menyatakan bahwa pada suhu tetap hasil kali tekanan dan volume selalu konstan.Pada kesetimbangan heterogen, zat-zat yang berfase padat ( s ) dan cair ( l ) tidak terpengaruh oleh perubahan volume dan tekanan. Penambahan volume mengakibatkan reaksi kesetimbangan bergeser ke jumlah koefisienyang lebih besar dan juga sebaliknya, apabila volume diperkecil maka reaksi kesetimbangan bergeser ke koefisien yang lebih kecil.Apabila jumlah koefisien masing-masing reaktan maupun produk sama maka penambahan volume tidak mempengaruhi kesetimbangan. Pada reaksi 2 HI ( g ) ⇌ H 2 ​ ( g ) + I 2 ​ ( g ) jumlah koefisien ruas kanan maupun ruas kiri sama yaitu 2, sehingga reaksi tersebut tidak dipengaruhi oleh adanya perubahan volume. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Faktor volume dan tekanan bersifat kebalikan satu sama lain, sesuai hukum Boyle yang menyatakan bahwa pada suhu tetap hasil kali tekanan dan volume selalu konstan. Pada kesetimbangan heterogen, zat-zat yang berfase padat (s) dan cair (l) tidak terpengaruh oleh perubahan volume dan tekanan. 

Penambahan volume mengakibatkan reaksi kesetimbangan bergeser ke jumlah koefisien yang lebih besar dan juga sebaliknya, apabila volume diperkecil maka reaksi kesetimbangan bergeser ke koefisien yang lebih kecil. Apabila jumlah koefisien masing-masing reaktan maupun produk sama maka penambahan volume tidak mempengaruhi kesetimbangan. 

Pada reaksi  jumlah koefisien ruas kanan maupun ruas kiri sama yaitu 2, sehingga reaksi tersebut tidak dipengaruhi oleh adanya perubahan volume. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Latihan Bab

Pendahuluan Kesetimbangan Kimia

Konsep Kesetimbangan Kimia

Konstanta Kesetimbangan (K)

Konstanta Kesetimbangan Konsentrasi (Kc)

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui reaksi setimbang: Fe 2 ​ O 3 ​ ( s ) + 3 CO ( g ) ⇌ 2 Fe ( s ) + 3 CO 2 ​ ( g ) △ H = + 24 , 8 kJ Bagaimanakah besi yang dihasilkan jika volume ruangandiperbesar?

577

4.9

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia