Roboguru

Pertumbuhan tanaman yang disebut etiolasi termasuk gerak ....

Pertanyaan

Pertumbuhan tanaman yang disebut etiolasi termasuk gerak ....space 

  1. seismonastispace 

  2. niktinastispace

  3. termonastispace 

  4. fotonastispace 

  5. fototropispace 

Pembahasan Soal:

Fototropi atau dikenal juga dengan fototropisme merupakan gerak tumbuhan menanggapi sumber rangsangan berupa cahaya contoh dari gerak fototropisme adalah gerak batang kecambah ke arah datangnya cabaya dan gerak bunga matahari tampak mengarahkan posisi bunganya ke arah datangnya matahari.space 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah E.spacespace

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Vardini

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Seorang sekelompok peserta didik melakukan percobaan dengan perlakuan sebagai berikut : percobaan A (5 biji kacang hijau diletakkan pada kapas basah dan ditempatkan ditempat gelap) dan percobaan B (5 ...

Pembahasan Soal:

Setelah 7 hari keadaan tanaman pada kedua percobaan adalah

  • Tanaman pada pot A berbatang tinggi, kurus, lemah dan berdaun pucat
  • Tanaman pada pot B berbatang pendek, berdaun hijau , tebal dan terlihat segar.

Pada kedua percobaan tersebut, dipengaruhi 2 faktor yaitu faktor dalam (hormon contohnya auksin) dan faktor luar (air dan cahaya). Pada percobaan pot A karena diletakkan pada tempat yang gelap maka akan mengalami peristiwa etiolasi.  Etiolasi merupakan pertumbuhan yang cepat yang terjadi pada tempat gelap. Peristiwa etiolasi terjadi akibat hormon auksin yang tidak terurai karena tidak adanya cahaya. Tumbuhan yang mengalami etiolasi akan memiliki batang tinggi, tetapi tidak kokoh, daun kecil dan tumbuhan akan tampak pucat. Sementara percobaan pada pot A karena diletakkan ditempat yang terang maka hormon auksin akan terurai dibagian tumbuhan yang terkena cahaya sehingga pertumbuhannnya menjadi normal. Pada pot A batang tanaman lebih pendek, kokoh dan terlihat lebih segar.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Bagaimanakah cara kerja cahaya memengaruhi pertumbuhan tanaman ?

Pembahasan Soal:

Peran cahaya

  • Membantu proses fotosintesis
    Tidak semua jenis nutrisi yang diserap óleh tanaman dapat digunakan secara langsung oleh tanaman untuk pertumbuhannya. Sebagai contoh, air dan karbon dioksida harus diolah terlebih dahulu di dalam daun untuk membentuk zat gula (glukosa) melalui proses fotosintesis. Fotosintesis hanya dapat terjadi jika ada cahaya. Hasil fotosintesis yang berupa glukosa itu akan digunakan oleh tanaman sebagai sumber energi untuk pertumbuhan atau sebagai bahan untuk membangun komponen-komponen sel. Jika tidak ada cahaya, fotosintesis tidak akan terjadi sehingga tidak tersedia sumber energi bagi tumbuhan untuk
    melangsungkan pertumbuhannya.
  • Mempengaruhi kerja auksin
    Cahaya juga berhubungan dengan kerja hormon auksin.  Aktivitas hormon auksin dihambat oleh cahaya. Pada kondisi tidak ada cahaya, kerja auksin menjadi sangat optimal, sehingga memacu pembelahan dan pemanjangan sel. Akibatnya, tumbuhan tumbuh sangat cepat, tetapi berdaun pucat (kuning) karena tidak dapat membentuk klorofil (mengalami klorosis).
  • Mempengaruhi penyinaran
    Tumbuhan memiliki respons berbeda terhadap lama penyinaran. Respons tersebut dapat berupa pertumbuhan ataupun reproduksi. Respons tumbuhan terhadap lama waktu terang (siang) dan gelap (malam) setiap harinya disebut fotoperiodisme.

0

Roboguru

Berikut ini merupakan pernyataan yang benar mengenai pengaruh cahaya yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman, yaitu …

Pembahasan Soal:

Cahaya dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan. Hal ini dibuktikan dengan melihat pertumbuhan tumbuhan yang ditempatkan di tempat gelap memiliki batang yang lebih tinggi dan laju pertumbuhan yang lebih cepat jika dibandingkan tumbuhan yang di tempat terang. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini!  Mengapa tanaman dalam kotak tersebut bergerak ke arah datangnya cahaya? Hormon apa yang menyebabkan peristiwa tersebut? Jelaskan fungsi hormon tersebut!

Pembahasan Soal:

Tanaman dalam kotak gelap akan bergerak ke arah datangnya cahaya karena hormon auksin yang terdapat pada batang tanaman mengalami kerusakan akibat terkena cahaya. Sehingga, pertumbuhan pun menjadi terhambat. Sementara hormon auksin pada bagian tanaman yang tidak terkena cahaya matahari masih bekerja normal dan terus memacu proses pertumbuhan. Sebagai akibatnya, batang pun akan membengkok dan mengarah pada titik datangnya cahaya matahari.

Hormon auksin memiliki fungsi yang beragam antara lain: mempercepat perkecambahan, pengatur pertumbuhan, pemacu pemanjangan sel yang ada pada meristem ujung (apikal), menghambat pertumbuhan tunas lateral, merangsang pembelahan pada sel kambium (regenerasi pada luka), memacu perkembangan bunga dan buah, menghambat perontokan buah dan daun, merangsang partenokarpi, dan merangsang pertumbuhan akar pada potongan tanaman.

2

Roboguru

Tumbuhan yang tumbuh di tempat gelap, batang dan daunnya berwarna kuning pucat. Keadaan ini dinamakan ....

Pembahasan Soal:

Tanaman yang tumbuh di tempat gelap, batang dan daunnya berwarna kuning pucat. Keadaan ini dinamakan etiolasi. Penyebab utama etiolasi yaitu kurangnya cahaya yang didapat, akibatnya hormon auksin bekerja lebih aktif dan menyebabkan sel-sel tumbuh lebih cepat. Namun, pertumbuhan yang cepat di tempat gelap tidak diimbangi dengan proses fotosintesis yang baik dan mengakibatkan terhambatnya pembentukan klorofil pada daun, sehingga tanaman menjadi pucat dan tidak kokoh.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved