Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut! Pernyataan yang tepat sesuai dengan gambar tersebut adalah ...

Perhatikan gambar berikut!

Pernyataan yang tepat sesuai dengan gambar tersebut adalah ...

  1. Arah pertumbuhan tanaman A dan B berbeda karena intensitas cahaya yang diterima tidak sama.

  2. Tanaman A tumbuh lambat, sedangkan tanaman B tumbuh cepat sehingga tanaman B membelok ke arah cahaya.

  3. Tanaman A tumbuh lurus karena sebaran auksin tidak merata, sedangkan tanaman B tumbuh lebih panjang karena kandungan auksin lebih tinggi.

  4. Cahaya mempercepat produksi auksin pada tanaman A, sedangkan cahaya menghambat produksi auksin pada tanaman B sehingga tumbuh membengkok.

  5. Tanaman A tumbuh lurus karena sebaran auksin merata, sedangkan tanaman B tumbuh ke arah cahaya karena auksin akan terurai jika terkena cahaya.

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat ialah E.

jawaban yang tepat ialah E. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Cahaya dapat menghalangi kerja auksin (auksin tidak aktif) dan menghambat pertumbuhan. Sehingga, pertumbuhan kecambah di tempat gelap lebih cepat daripada di tempat terang. Hal inilah yang menyebabkan batang tumbuhan B tumbuh membelok ke arah datangnya cahaya, karenapertumbuhan batang yang tidak terkena cahaya lebih cepat daripada bagian batang yang terkena cahaya. Hal ini disebabkan penimbunan auksin yang lebih banyak pada daerah yang tidak terkena cahaya (tumbuhan B), sehingga pertumbuhannya lebih cepat. Sedangkan daerah yang terkena cahaya seperti tumbuhan A auksinnya kurang aktif. Terlihat pemanjangan tanaman B lebih cepat dibandingkan tanaman A yang pemanjangannya seimbang. Tanaman A tetap tumbuh lurus karena sebaran auksin seimbang (merata), sedangkan tanaman B tumbuh kearah cahaya karena auksin akan terurai jika terkena cahaya. Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah E.

Cahaya dapat menghalangi kerja auksin (auksin tidak aktif) dan menghambat pertumbuhan. Sehingga, pertumbuhan kecambah di tempat gelap lebih cepat daripada di tempat terang. Hal inilah yang menyebabkan batang tumbuhan B tumbuh membelok ke arah datangnya cahaya, karena pertumbuhan batang yang tidak terkena cahaya lebih cepat daripada bagian batang yang terkena cahaya. Hal ini disebabkan penimbunan auksin yang lebih banyak pada daerah yang tidak terkena cahaya (tumbuhan B), sehingga pertumbuhannya lebih cepat. Sedangkan daerah yang terkena cahaya seperti tumbuhan A auksinnya kurang aktif. Terlihat pemanjangan tanaman B lebih cepat dibandingkan tanaman A yang pemanjangannya seimbang. Tanaman A tetap tumbuh lurus karena sebaran auksin seimbang (merata), sedangkan tanaman B tumbuh kearah cahaya karena auksin akan terurai jika terkena cahaya. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah E. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

21

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar di bawah! Kesimpulan dari percobaan tersebut adalah ....

14

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia