Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder pada tumbuhan mempunyai perbedaan berdasarkan asal, lokasi, dan fungsinya. Sebutkan perbedaan tersebut berdasarkan asal, lokasi, dan fungsi!

Pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder pada tumbuhan mempunyai perbedaan berdasarkan asal, lokasi, dan fungsinya. Sebutkan perbedaan tersebut berdasarkan asal, lokasi, dan fungsi!space

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pertumbuhan pada tumbuhan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder . Pertumbuhan primer umumnya terjadi pada semua jenis tumbuhan yang menyebabkan tumbuhan bertambah tinggi atau panjang , sedangkan pertumbuhan sekunder umumnya terjadi pada tumbuhan perenial berkayu . Secara rinci, berikut perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder: Pertumbuhan primer merupakan pertumbuhan dasar yang terjadi karena aktivitas pembelahan sel pada jaringan meristem apikal . Maka, pertumbuhan primerini terjadi di daerah ujung akar dan ujung batang tumbuhan . Pertumbuhan ini terjadi secara bertahap pada 3 daerah, yaitu daerah pembelahan (bagian ujung akar dan ujung batang), pemanjangan (terletak setelah daerah pembelahan), dan diferensiasi (bagian paling belakang dari pertumbuhan tanaman) . Karena sel-sel yang terus membelah pada pertumbuhan primer ini, menyebabkan tumbuhan bertambah panjang dan membentuk jaringan yang lebih kompleks, seperti xylem, floem, korteks, sklerenkim . Pertumbuhan sekunder merupakan pertumbuhan yang terjadi karena aktivitas pembelahan sel pada jaringan meristem sekunder . Pertumbuhan ini terjadi di kambium . Pembelahan kambium ke arah dalam akan membentuk xylem sekunder dan pertumbuhan kambium ke arah luar akan membentuk floem sekunder . Karena pembelahan sel terjadi di kambium maka pertumbuhan sekunder menyebabkan terjadinya pelebaran diameter batang, terbentuknya lingkaran tahun dan jari-jari empulur .

Pertumbuhan pada tumbuhan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan primer umumnya terjadi pada semua jenis tumbuhan yang menyebabkan tumbuhan bertambah tinggi atau panjang, sedangkan pertumbuhan sekunder umumnya terjadi pada tumbuhan perenial berkayu. Secara rinci, berikut perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder:

  • Pertumbuhan primer merupakan pertumbuhan dasar yang terjadi karena aktivitas pembelahan sel pada jaringan meristem apikal. Maka, pertumbuhan primer ini terjadi di daerah ujung akar dan ujung batang tumbuhan. Pertumbuhan ini terjadi secara bertahap pada 3 daerah, yaitu daerah pembelahan (bagian ujung akar dan ujung batang), pemanjangan (terletak setelah daerah pembelahan), dan diferensiasi (bagian paling belakang dari pertumbuhan tanaman). Karena sel-sel yang terus membelah pada pertumbuhan primer ini, menyebabkan tumbuhan bertambah panjang dan membentuk jaringan yang lebih kompleks, seperti xylem, floem, korteks, sklerenkim.
  • Pertumbuhan sekunder merupakan pertumbuhan yang terjadi karena aktivitas pembelahan sel pada jaringan meristem sekunder. Pertumbuhan ini terjadi di kambium. Pembelahan kambium ke arah dalam akan membentuk xylem sekunder dan pertumbuhan kambium ke arah luar akan membentuk floem sekunder. Karena pembelahan sel terjadi di kambium maka pertumbuhan sekunder menyebabkan terjadinya pelebaran diameter batang, terbentuknya lingkaran tahun dan jari-jari empulur.

Latihan Bab

Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Proses Perkecambahan

Jenis-jenis Perkecambahan

Jenis-jenis Pertumbuhan pada Tumbuhan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

60

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pertumbuhan pada tumbuhan dibedakan menjadi 2, yaitu pertumbuhan....

238

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia