Roboguru

Pertumbuhan penduduk di negara maju relatif rendah. Akibatnya, negara didominasi penduduk usia dewasa dan tua. Upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah ....

Pertanyaan

Pertumbuhan penduduk di negara maju relatif rendah. Akibatnya, negara didominasi penduduk usia dewasa dan tua. Upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah ....undefined

  1. memberikan bantuan bagi keluarga kurang sejahteraundefined

  2. menggalakan program jaminan sosial tenaga kerjaundefined

  3. memperluas lapangan pekerjaan di berbagai sektorundefined

  4. memberikan tunjangan untuk bayi yang baru lahirundefined

  5. meningkatkan upah minimum bagi pekerjaundefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan penduduk memberikan dampak yang sangat tampak di berbagai negara. Pertumbuhan penduduk di negara maju relatif rendah. Tingkat kelahiran menurun dengan cepat dan angka kematiannya rendah. Hal ini  akan berdampak semakin berkurangnya penduduk dewasa atau usia produktif karena lambatnya regenerasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah melakukan upaya memberikan reward berupa tunjangan untuk bayi yang baru lahir.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan ciri ciri kependudukan dari piramida konstruktif dan stasioner!

Pembahasan Soal:

Piramida konstruktif merupakan piramida penduduk yang menggambarkan kondisi daerah atau negara yang angka pertumbuhan penduduknya cenderung mengalami penurunan. Ciri-ciri kependudukannya yaitu sebagai berikut.

  • Mengalami penurunan jumlah penduduk.
  • Angka kelahiran lebih kecil dibandingkan angka kematian.
  • Kelompok usia tua lebih mendominasi.
  • Tingkat pertumbuhan penduduk sangat rendah.

Sedangkan piramida stasioner adalah piramida penduduk yang menggambarkan negara atau daerah dengan pertumbuhan penduduk yang stabil. Ciri-ciri kependudukannya yaitu sebagai berikut.

  • Angka kelahiran dan angka kematian seimbang.
  • Jumlah penduduk relatif statis atau tetap.
  • Pertumbuhan penduduk rendah.
  • Kelompok usia muda dan tua seimbang.

0

Roboguru

Kecenderungan apa yang akan terjadi jika suatu negara memiliki piramida penduduk muda, piramida penduduk stasioner dan piramida penduduk tua?

Pembahasan Soal:

Piramida penduduk adalah gambaran yang menyajikan data informasi kependudukan suatu wilayah atau negara dalam bentuk diagram batang menurut umur dan jenis kelamin. Bentuk piramida penduduk berbeda-beda setiap negara.

  • Apabila suatu negara memiliki piramida muda (ekspansif) maka jumlah penduduk usia muda merupakan jumlah yang dominan.
  • Apabila suatu negara memiliki piramida dewasa (stationer) menggambarkan negara tersebut memiliki angka kelahiran (natalitas) dan angka kematian (mortalitas) cenderung seimbang.
  • Apabila suatu negara memiliki piramida tua (konsktruktif) menggambarkan kondisi negara yang angka pertumbuhan penduduknya cenderung mengalami penurunan.

0

Roboguru

Apa perbedaan antara piramida stasioner dan piramida kontruktif dan berikan masing-masing contoh

Pembahasan Soal:

  1. Piramida stasioner memiliki bentuk seperti granat atau sarang tawon. Bentuk piramida ini menunjukkan jumlah penduduk usia muda hampir seimbang dengan penduduk usia tua. Umumnya disebabkan karena tingkat kelahiran dan kematian rendah. Sehingga jumlah dan pertumbuhan penduduknya relatif tetap. Piramida ini bisa ditemukan di Amerika Serikat dan Inggris.
  2. Piramida konstruktif memiliki bentuk seperti batu nisan. Piramida konstruktif terjadi akibat angka kelahiran menurun dengan cepat dan tingkat kematian rendah. Piramida penduduk ini menunjukkan jumlah penduduk usia dewasa cukup banyak dibandingkan jumlah penduduk mida. Banyak negara maju yang memiliki bentuk piramida ini seperti Amerika Serikat, Swedia, Jerman, dan Jepang.

0

Roboguru

Perhatikan berbagai macam-macam piramida penduduk dan karakteristiknya di bawah ini!        a. Konstriktif        b. Ekspansif        c. Stasioner Ciri-ciri: Jumlah penduduk berdasarkan usia rela...

Pembahasan Soal:

Bentuk piramida penduduk suatu wilayah bisa dibedakan menjadi tiga bentuk, yaitu sebagai berikut.

  1. Piramida bentuk limas/ekspansif/muda
    Bentuk piramidanya lebar di bagian bawah dan mengerucut di bagian atas. Hal ini menunjukkan bahwa wilayah tersebut memiliki angka kelahiran dan kematian yang tinggi, serta pertumbuhan penduduknya cepat. Komposisi penduduk usia muda besar karena angka kelahiran yang tinggi, sedangkan komposisi penduduk usia tuanya kecil.
     
  2. Piramida bentuk granat/stationer/dewasa
    Pada piramida ini, komposisi jumlah penduduk muda, dewasa, dan tua relatif seimbang, tetapi ada penurunan pada kelompok penduduk dengan usia >80 tahun. Piramida ini menunjukkan tingkat kelahiran dan kematian yang cukup rendah dan cenderung stabil.
     
  3. Piramida bentuk batu nisan/konstriktif/tua
    Pada piramida ini, komposisi penduduk usia muda jumlahnya lebih sedikit dibanding penduduk usia produktif dan tua. Piramida ini menunjukkan adanya tingkat kelahiran dan tingkat kematian yang sangat rendah. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B 

0

Roboguru

Perhatikan piramida penduduk Indonesia (2019) dengan piramida penduduk Jepang (2015) Kesimpulan yang sesuai dengan piramida diatas adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada gambar terlihat bahwa piramida negara Indonesia menunjukkan bentuk piramida ekspansif, yaitu jumlah penduduk usia muda lebih besar yang dilihat dari angka kelahiran tinggi dan tingkat kematian bayi rendah, sehingga memiliki banyak usia produktif. Bentuk piramida ekspansif biasa dijumpai di negara-negara berkembang. Piramida negara Jepang adalah bentuk piramida konstruktif, yaitu angka kelahiran menurun dengan cepat dan tingkat kematian rendah. Upaya yang dapat dilakukan Indonesia agar bentuk piramida penduduk seperti Jepang adalah angka kelahiran di Indonesia masih tinggi, untuk itu perlu meningkatkan program keluarga berencana.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.spacespace

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved