Roboguru

Pertumbuhan dan perkembangan pada masa pubertas dapat ditunjang dengan melakukan olahraga secara ...

Pertanyaan

Pertumbuhan dan perkembangan pada masa pubertas dapat ditunjang dengan melakukan olahraga secara ...

Pembahasan Soal:

Pubertas atau akil balig adalah proses perubahan fisik saat tubuh anak berubah menjadi tubuh dewasa yang mampu melakukan reproduksi seksual. Pada masa pertumbuhan dan perkembangan dapat ditunjang dengan melakukan olahraga secara teratur agar kondisi tubuh tetap prima. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Ahmad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Zat dalam tubuh yang memengaruhi perkembangan fisik dan mental pada manusia disebut....

Pembahasan Soal:

Hormon merupakan zat kimia yang diproduksi oleh sistem endokrin dalam tubuh dan berfungsi untuk membantu mengendalikan hampir semua fungsi tubuh, seperti pertumbuhan, metabolisme, hingga kerja berbagai sistem organ, termasuk organ reproduksi. Sebagai contoh, masa pubertas mulai terjadi saat hormon-hormon tertentu mulai berproduksi di dalam tubuh. Pubertas . Selain itu hormon juga mempengaruhi perkembangan mental seseorang yang sedang dalam tahap pubertas. Biasanya menjadikan seseorang tersebut menjadi labil dan sering emosi, sehingga sebaiknya pada saat menghadapi masa pubertas harus bisa mengontrol emosi.

Sehingga dapat disimpulkan, zat dalam tubuh yang memengaruhi perkembangan fisik dan mental pada manusia disebut hormon.undefined

Roboguru

Peran orang tua sangat dibutuhkan saat seseorang mengalami masa pubertas untuk ....

Pembahasan Soal:

Peran orang tua sangat dibutuhkan saat seseorang mengalami masa pubertas untuk membimbing, mengarahkan dan memberikan pengetahuan tentang masa pubertas. Contohnya memberikan bimbingan dalam menjaga dan merawat kebersihan organ reproduksi, menasihati anak yang sedang dalam tahap labil emosinya, mengedukasi dan memberi arahan yang baik dalam pemilihan teman yang baik dll.

Roboguru

Membesarnya ukuran laring pada remaja laki-laki menyebabkan ....

Pembahasan Soal:

Pubertas adalah proses kematangan dan pertumbuhan yang terjadi ketika organ-organ reproduksi mulai berfungsi dan karakteristik seks sekunder mulai muncul. Seiring dengan pubertas, suara akan mengalami perubahan menjadi lebih besar dan berat. Hal ini karena pita suara ikut berkembang dan ukuran laring membesar.

Roboguru

Bagaimana cara menghadapi masa pubertas?

Pembahasan Soal:

Pubertas adalah masa ketika seseorang anak mengalami perubahan fisik, sikap (perilaku), dan pematangan organ reproduksi. Berikut merupakan hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi masa pubertas:

  1. Menjaga kebersihan organ reproduksi untuk mencegah infeksi dan penyakit pada organ reproduksi.
  2. Berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar tubuh sehat dan bertenaga.
  3. Menjaga dan mengontrol emosiundefinedkarena remaja yang baru menginjak masa pubertas cenderung labil dalam mengambil keputusan dan mengalami kesulitan untuk mengontrol emosi.
  4. Berkomunikasi dengan orang tua sangat diperlukan untuk memberikan rasa tenang dan aman. Karena pada masa pubertas remaja akan mengalami kesulitan untuk mengontrol emosinya.
  5. Memahami perubahan fisik yang terjadi untuk mengurangi rasa khawatir atau cemas akibat adanya perubahan fisik yang terjadi ketika masa pubertas.
Roboguru

Jelaskan hal yang harus dilakukan jika seharian tubuh kita banyak berkeringat!

Pembahasan Soal:

Ativitas yang padat akan membuat tubuh berkeringat. Keringat dihasilkan dari kelenjar keringat yang berada di kulit. Saat masa pubertas, terjadi banyak perubahan bentuk fisik pada remaja. Selain itu, terjadi peningkatan produksi hormon, baik hormon reproduksi maupun hormon pertumbuhan. Hal ini menyebabkan aktifnya kelenjar minyak dan keringat. Keringat yang bercampur dengan minyak dari kelenjar minyak mengakibatkan tubuh lengket dan menimbulkan bau tak sedap. Agar tubuh segar kembali, cara yang dilaukan adalah mandi dengan air bersih. Namun mandi saat tubuh berkeringat tidak baik, oleh karena itu mandi saat tubuh sudah tidak berkeringat agar suhu tubuh kembali normal. Mandi dapat membersihkan keringat dan minyak yang menempel pada tubuh dan membuat tubuh lebih segar. Sehingga kotoran yang menempel dan bersarang di kulit akan ikut terbuang saat mandi. Selain itu gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat seperti berbahan katun.

Jadi, hal yang harus dilakukan jika seharian tubuh kita banyak berkeringat adalah mandi dan menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved