Pernyataan yang sesuai dengan isi berita tersebut adalah ...

Pertanyaan

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal!


     Sebanyak 238 warga negara Indonesia yang selesai menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau, telah tiba di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15-2-2020). Selanjutnya, mereka akan dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing. Meski telah kembali ke daerah asal, kesehatan mereka terus dipantau.

    Rombongan warga negara Indonesia (WNI) terbang dari Natuna dengan menggunakan tiga pesawat, milik TNI, yaitu dua pesawat jenis Boeing dan satu jenis Hercules. Pesawat diberangkatkan dari Landasan Udara Raden Sadjad Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, pukul 13.15. Pesawat pertama mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta pukul15.24.

     Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengawal proses pemulangan dari Natuna ke Jakarta dengan naik pesawat pertama. Dalam rombongan turut pula perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Terawan menuturkan semua WNI yang dijemput di Wuhan pada dua pekan lalu dinyatakan telah selesai menjalani masa observasi di Natuna. Ia pun memastikan, mereka dalam kondisi sehat dan siap untuk dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

"Mereka semua dalam kondisi sehat. Kondisi kesehatan mereka akan tetap dipantau oleh dinas
kesehatan di setiap daerah untuk membantu jika ada keluhan. lni dilakukan supaya masyarakat yakin bahwa mereka sehat sehingga tidak ada hal yang dikhawatirkan," ucapnya.


Dikutip dari: https://bebas.kompas.id/baca/bebas-akses/2020/02/151kesehatan-wni-dari-natuna-terus-dipantaul, diunduh 17 Februari 2019undefined 

Pernyataan yang sesuai dengan isi berita tersebut adalah ...undefined 

  1. TNI memindahkan WNI yang telah menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau
    ke Jakarta pada hari Jumat, 14 Februari 2020.undefined 

  2. Pesawat pertama dalam pemindahan WNI yang telah menjalani observasi mendarat di Landasan Udara Raden Sadjad Ranai pukul 15.24.undefined 

  3. Pesawat jenis Boeing dari Hercules digunakan untuk mengangkut kebutuhan pokok
    WNI yang menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau.undefined 

  4. WNI yang menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau, berjumlah 238 warga dinyatakan sehat dan siap dipulangkan ke daerah asal masing-masing.undefined 

M. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

Pembahasan

Berita adalah laporan atau informasi yang di dalamnya memuat kejadian atau peristiwa yang aktual (informasi terkini yang sedang terjadi)  dan faktual (berdasarkan fakta sebenarnya). Pernyataan yang sesuai dengan isi berita tersebut adalah WNI yang menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau, berjumlah 238 warga dinyatakan sehat dan siap dipulangkan ke daerah asal masing-masing. Pernyataan tersebut termuat pada paragraf pertama dan paragraf terakhir berupa pernyataan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang menyatakan bahwa WNI yang menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau semuanya dalam kondisi sehat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

1rb+

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah ...

86

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia