Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan mengenai sel yang benar adalah ....

Pernyataan mengenai sel yang benar adalah ....

  1. Retikulum endoplasma halus memiliki ribosom di bagian dalam membran.undefined

  2. Sitoplasma akan berwujud gel jika konsentrasi air tinggi.

  3. Sitoplasma akan berwujud gel jika konsentrasi air rendah.

  4. Peroksisom hanya terdapat pada sel tumbuhan.

  5. Glioksisom hanya terdapat pada sel hewan.undefined

Iklan

M. Iqbal

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Iklan

Pembahasan

Sitoplasma merupakan cairan sel yang terdapat di dalam sel, kecuali di dalam inti dan organel sel. Sitoplasma bersifat koloid, yaitu tidak padat dan tidak cair. Sitoplasma terdiri atas air yang di dalamnya terlarut banyak molekul kecil, ion, dan protein.Koloid sitoplasma dapat mengalami perubahan dari fase sol ke gel atau sebaliknya. Fase sol jika konsentrasi air tinggi dan fase gel jika konsentrasi air rendah. Sitoplasma mengandung organel-organel sel berikut. Peroksisom terdapat pada sel tumbuhan dan sel hewan. Pada hewan, peroksisom banyak terdapat di hati dan ginjal, sedangkan pada tumbuhan, peroksisom terdapat dalam berbagai tipe sel. Glioksisom hanya terdapat pada sel tumbuhan, misalnya pada lapisan aleuron biji padi-padian. Dalam sel terdapat dua tipe Retikulum Endoplasma, yaitu retikulum endoplasma kasar (REK) dan retikulum endoplasma halus (REH). Permukaan REK diselubungi oleh ribosom sehingga tampak seperti helaian panjang kertas pasir. Protein yang disintesis pada ribosom yang melekat pada REK biasanya ditujukan untuk luar sel. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Sitoplasma merupakan cairan sel yang terdapat di dalam sel, kecuali di dalam inti dan organel sel. Sitoplasma bersifat koloid, yaitu tidak padat dan tidak cair. Sitoplasma terdiri atas air yang di dalamnya terlarut banyak molekul kecil, ion, dan protein. Koloid sitoplasma dapat mengalami perubahan dari fase sol ke gel atau sebaliknya. Fase sol jika konsentrasi air tinggi dan fase gel jika konsentrasi air rendah. Sitoplasma mengandung organel-organel sel berikut.

Peroksisom terdapat pada sel tumbuhan dan sel hewan. Pada hewan, peroksisom banyak terdapat di hati dan ginjal, sedangkan pada tumbuhan, peroksisom terdapat dalam berbagai tipe sel. Glioksisom hanya terdapat pada sel tumbuhan, misalnya pada lapisan aleuron biji padi-padian.

Dalam sel terdapat dua tipe Retikulum Endoplasma, yaitu retikulum endoplasma kasar (REK) dan retikulum endoplasma halus (REH). Permukaan REK diselubungi oleh ribosom sehingga tampak seperti helaian panjang kertas pasir. Protein yang disintesis pada ribosom yang melekat pada REK biasanya ditujukan untuk luar sel.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan ciri-ciri organel berikut! I. Ribosom tersusun atas RNA dan protein II. Ribosom bebas tersuspensi di dalam sitosol III. Ribosom bebas secara struktural berbeda dengan ribosom terikat ...

3

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia