Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan berikut yang tidak termasuk akulturasi kebudayaan Indonesia asli dengan Hindu-Buddha adalah bidang …

Pernyataan berikut yang tidak termasuk akulturasi kebudayaan Indonesia asli dengan Hindu-Buddha adalah bidang … space

  1. Pemerintahan space

  2. Kepercayaan space

  3. Peninggalan space

  4. Seni rupa space

  5. Kemiliteran space

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Semenjak masuknya agama Hindu-Buddha, banyak terjadi akulturasi kebudayaan antara kebudayaan asli Indonesia dengan agama Hindu-Buddha. Hal ini tercermin dari berbagai bidang seperti berikut. Pemerintahan. Sebelum masuknya agama Hindu-Buddha, sistem pemerintahan di Indonesia didasarkan pada rakyat yang mengangkat seorang pemimpin berdasarkan umur, kearifannya, memiliki kelebihan-kelebihan tertentu, bahkan hingga memiliki kekuatan gaib. Setelah pengaruh agama Hindu-Buddha memasuki Indonesia, para pemimpin ini menjadi raja dan sistem pemerintahan menjadi turun temurun. Kepercayaan. Kepercayaan yang dianut oleh para nenek moyang sebelum masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia adalah animisme dan dinamisme. Sesudah masuknya agama Hindu-Buddha, kepercayaan animisme tidak hilang jika dilihat dari fungsi candi di Indonesia. Adanya candi di Indonesia digunakan untuk tempat pemujaan dan sebagai makam raja atau untuk menyimpan abu jenazah. Seni Rupa. Seni rupa asli Indonesia juga banyak berakulturasi dengan agama Hindu-Buddha. Hal ini terlihat seperti seni ukir atau relief-relief yang dipahat di dinding candi, seperti relief Kala Makara Peninggalan . Peninggalan banyak berakulturasi dengan kebudayaan Hindu-Buddha seperti punden berundak yang berakulturasi menjadi candi, adanya pertunjukkan wayang dimana wayangnya berasal dari Indonesia sedangkan ceritanya berasal dari India, dan lain-lain Dengan demikian, akulturasi kebudayaan Indonesia dengan Hindu-Buddha terjadi pada bidang politik, agama dan seni Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

Semenjak masuknya agama Hindu-Buddha, banyak terjadi akulturasi kebudayaan antara kebudayaan asli Indonesia dengan agama Hindu-Buddha. Hal ini tercermin dari berbagai bidang seperti berikut.

  1. Pemerintahan. Sebelum masuknya agama Hindu-Buddha, sistem pemerintahan di Indonesia didasarkan pada rakyat yang mengangkat seorang pemimpin berdasarkan umur, kearifannya, memiliki kelebihan-kelebihan tertentu, bahkan hingga memiliki kekuatan gaib. Setelah pengaruh agama Hindu-Buddha memasuki Indonesia, para pemimpin ini menjadi raja dan sistem pemerintahan menjadi turun temurun.
  2. Kepercayaan. Kepercayaan yang dianut oleh para nenek moyang sebelum masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia adalah animisme dan dinamisme. Sesudah masuknya agama Hindu-Buddha, kepercayaan animisme tidak hilang jika dilihat dari fungsi candi di Indonesia. Adanya candi di Indonesia digunakan untuk tempat pemujaan dan sebagai makam raja atau untuk menyimpan abu jenazah.
  3. Seni Rupa. Seni rupa asli Indonesia juga banyak berakulturasi dengan agama Hindu-Buddha. Hal ini terlihat seperti seni ukir atau relief-relief yang dipahat di dinding candi, seperti relief Kala Makara
  4. Peninggalan. Peninggalan banyak berakulturasi dengan kebudayaan Hindu-Buddha seperti punden berundak yang berakulturasi menjadi candi, adanya pertunjukkan wayang dimana wayangnya berasal dari Indonesia sedangkan ceritanya berasal dari India, dan lain-lain

Dengan demikian, akulturasi kebudayaan Indonesia dengan Hindu-Buddha terjadi pada bidang politik, agama dan seni

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.space 

Latihan Bab

Teori Masuknya Agama Hindu Buddha

Kerajaan-Kerajaan Hindu Buddha

Pengaruh Kehidupan Kerajaan Hindu Buddha

Konsep Kilat

12rb+

Lilis Suryani

Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

lnformasi di atas menjelaskan pengaruh Hindu-Buddha dalam bidang ....

879

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia