Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan bertambahnya nomor atom adalah ....

Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan bertambahnya nomor atom adalah ....space 

  1. jari-jari atom dalam satu periode makin kecilspace 

  2. jari-jari atom dalam satu golongan bertambah besarspace 

  3. energi ionisasi dalam satu periode cenderung makin kecilspace 

  4. afinitas elektron dalam satu golongan makin kecilspace 

  5. keelektronegatifan dalam satu golongan makin kecilspace 

Iklan

S. Ibabas

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Untuk dapat menyelesaikan soal, hal-hal yang harus dipahami adalah sebagai berikut. Seiring bertambahnya nomor atom dalam satu golongan, jumlah kulit unsur dalam golongan tersebut makin bertambah. Namun, elektron valensi unsur dalam golongan tersebut tetap sama. Seiring bertambahnya nomor atom dalam satu periode, jumlah kulit unsur dalam periode tersebut tetap sama. Namun, jumlah elektron valensi dalam satu periode tersebutbertambah. Jumlah elektron valensi suatu atom akan memengaruhi muatan inti efektif. Muatan inti efektif berkaitan dengan gaya tarik inti terhadap elektron terluar. Berdasarkan penjelasan tersebut, beberapa kesimpulan yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut. Seiring bertambahnya nomor atom dalam satu golongan, jumlah kulit unsur dalam golongan tersebut makin bertambah sehingga jarak inti atom ke elektron terluar makin jauh dan jari-jari atomnya makin besar (Pernyataan opsi B sesuai) . Jarak inti atom ke elektron terluar yang makin jauh menyebabkan gaya tarik inti terhadap elektron terluarnya lemah sehingga elektron akan sulit untuk masuk pada atom dan afinitas elektronnya cenderung kecil (Pernyataan opsi D sesuai) . Selain itu,gaya tarik inti terhadap elektron terluar yang lemah menyebabkan kecenderungan unsur untuk menarik elektron makin kecil sehingga keelektronegatifannya makin kecil (Pernyataan opsi E sesuai) . Seiring bertambahnya nomor atom dalam satu periode, jumlah elektron valensi dalam satu periode tersebut makin bertambah sehingga muatan inti efektifnya makin besar. Oleh karena itu, gaya tarik inti atom terhadap elektron makin kuat sehingga elektron lebih mendekat ke inti atom dan jari-jari atomnya makin kecil (Pernyataan opsi A sesuai) . Gaya tarik inti atom terhadap elektron terluar yang makin kuat menyebabkan elektron terluar sulit untuk keluar dari atom sehingga energi yang dibutuhkan untuk mengeluarkan elektron tersebut makin besar. Oleh karena itu, energi ionisasinya makin besar (Pernyataan opsi C tidak sesuai) . Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Untuk dapat menyelesaikan soal, hal-hal yang harus dipahami adalah sebagai berikut.

  • Seiring bertambahnya nomor atom dalam satu golongan, jumlah kulit unsur dalam golongan tersebut makin bertambah. Namun, elektron valensi unsur dalam golongan tersebut tetap sama.
  • Seiring bertambahnya nomor atom dalam satu periode, jumlah kulit unsur dalam periode tersebut tetap sama. Namun, jumlah elektron valensi dalam satu periode tersebut bertambah.
     

Jumlah elektron valensi suatu atom akan memengaruhi muatan inti efektif. Muatan inti efektif berkaitan dengan gaya tarik inti terhadap elektron terluar. Berdasarkan penjelasan tersebut, beberapa kesimpulan yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut.

  • Seiring bertambahnya nomor atom dalam satu golongan, jumlah kulit unsur dalam golongan tersebut makin bertambah sehingga jarak inti atom ke elektron terluar makin jauh dan jari-jari atomnya makin besar (Pernyataan opsi B sesuai).
    Jarak inti atom ke elektron terluar yang makin jauh menyebabkan gaya tarik inti terhadap elektron terluarnya lemah sehingga elektron akan sulit untuk masuk pada atom dan afinitas elektronnya cenderung kecil (Pernyataan opsi D sesuai).
    Selain itu, gaya tarik inti terhadap elektron terluar yang lemah menyebabkan kecenderungan unsur untuk menarik elektron makin kecil sehingga keelektronegatifannya makin kecil (Pernyataan opsi E sesuai).
     
  • Seiring bertambahnya nomor atom dalam satu periode, jumlah elektron valensi dalam satu periode tersebut makin bertambah sehingga muatan inti efektifnya makin besar. Oleh karena itu, gaya tarik inti atom terhadap elektron makin kuat sehingga elektron lebih mendekat ke inti atom dan jari-jari atomnya makin kecil (Pernyataan opsi A sesuai).
    Gaya tarik inti atom terhadap elektron terluar yang makin kuat menyebabkan elektron terluar sulit untuk keluar dari atom sehingga energi yang dibutuhkan untuk mengeluarkan elektron tersebut makin besar. Oleh karena itu, energi ionisasinya makin besar (Pernyataan opsi C tidak sesuai).
     

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

129

Farrel Abelino

Makasih ❤️

Nad

Jawaban tidak sesuai Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Unsur berikut yang memiliki energi ionisasi terkecil adalah ....

15

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia