Pertanyaan

Grafikyang menunjukkan energi ionisasi pertama dari unsur-unsur periode ketiga adalah ....

Grafik yang menunjukkan energi ionisasi pertama dari unsur-unsur periode ketiga adalah ....

  1. 
    

M. Setiyani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah E.

jawaban yang benar adalah E.

Pembahasan

Energi ionisasi adalah energi minimum yang diperlukan oleh atom netral dalam keadaan gas agar dapat melepaskan satu elektron terluarnya. Pada periode ketiga, energi ionisasi unsur golongan IIA lebih besar dari IIIA. Elektron valensi Al berada pada orbital 3 p yang terisi satu elektron, sedangkan elektron valensi Mg berada pada orbital 3 s yang terisi dua elektron. Elektron valensi Mg terisi penuh dalam orbitalnya, tapiorbital Al tidak terisi penuh. Orbital yang terisi penuh dengan elektron akan lebih stabil dibandingkan orbital yang tidak penuhsehingga sulit untuk melepaskan elektronnya. Oleh karena itu, energi yang dibutuhkan untuk melepaskan elektron terluar dari Mg lebih besar daripada energi yang dibutuhkan untuk melepaskan elektron terluar dari Al. Hal tersebut juga terjadi pada unsur P dan S. Elektron valensi P dan S berada pada orbital 3 p . Namun, eletron valensi P terisi setengah penuh dalam orbitalnya. Oleh sebab itu, energi ionisasi unsur P lebih besar dari unsur S yang elektron valensinya terisi lebih dari setengah, tapi tidak penuh. Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Energi ionisasi adalah energi minimum yang diperlukan oleh atom netral dalam keadaan gas agar dapat melepaskan satu elektron terluarnya.

Pada periode ketiga, energi ionisasi unsur golongan IIA lebih besar dari IIIA. Elektron valensi Al berada pada orbital 3p yang terisi satu elektron, sedangkan elektron valensi Mg berada pada orbital 3s yang terisi dua elektron. Elektron valensi Mg terisi penuh dalam orbitalnya, tapi orbital Al tidak terisi penuh. Orbital yang terisi penuh dengan elektron akan lebih stabil dibandingkan orbital yang tidak penuh sehingga sulit untuk melepaskan elektronnya. Oleh karena itu, energi yang dibutuhkan untuk melepaskan elektron terluar dari Mg lebih besar daripada energi yang dibutuhkan untuk melepaskan elektron terluar dari Al. 

Hal tersebut juga terjadi pada unsur P dan S. Elektron valensi P dan S berada pada orbital 3p. Namun, eletron valensi P terisi setengah penuh dalam orbitalnya. Oleh sebab itu, energi ionisasi unsur P lebih besar dari unsur S yang elektron valensinya terisi lebih dari setengah, tapi tidak penuh.


Jadi, jawaban yang benar adalah E.

103

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini data energi ionisasi atom secara acak unsur golongan IA (kecuali Hidrogen) dalam J m o l –1 , yaitu 376, 419, 496, 403, 520. Manakah yang merupakan energi ionisasi rubidium?.

39

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia