Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan berikut ini yang benar mengenai kategori tumbuhan parasit adalah ......

Pernyataan berikut ini yang benar mengenai kategori tumbuhan parasit adalah ......

  1. Lumut kerak termasuk parasit fakultatif

  2. Cendana (Santalum album) tidak digolongkan sebagai hemiparasit

  3. Tumbuhan kantung semar (Nepenthes sp.) merupakan parasit fakultatif

  4. Tumbuhan Rafflesia arnoldii termasuk parasit obligat

  5. Tumbuhan tali putri (Cuscuta sp.) merupakan parasit fakultatif

Iklan

R. Fitriani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Nusantara PGRI Kediri

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tumbuhan parasit dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu parasit obligat, parasit fakultatif dan hemiparasit. Parasit obligat merupakan parasit sejati yang tidak dapat hidup tanpa inangnya. Jika inangnya mati, organisme itu pun ikut mati. Misalnya tanaman tali putri ( Cuscuta sp.), Rafflesia arnoldii , benalu, dan padma. Sementara itu, parasit fakultatif menggantungkan sebagian sumber energinya dari inang, namun jika inangnya mati, maka organisme tersebut masih dapat hidup. Parasit fakultatif adalah tumbuhan parasit yang menggantungkan sebagian sumber energinya dari inang, namun jika inangnya mati maka masih bisa hidup. Tanaman yang tergolong parasit fakultatif masih memiliki organ fotosintetik yang berfungsi secara normal sebagaimana tumbuhan bukan parasit. Contohnya tanaman Mistletoe ( Viscum album ). Hemiparasit adalah tumbuhan yang bersifat parasit hanya dalam sebagian tahap perkembangannya. Contohnya adalah cendana ( Santalum album ). Nephentes sp. bukan merupakan organisme parasit fakultatif, melainkan merupakan insektivora. Sementara itu, lumut kerak umumnya bersimbiosis dengan akar tanaman membentuk simbiosis mutualisme sehingga bukan parasit.

Tumbuhan parasit dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu parasit obligat, parasit fakultatif dan hemiparasit. Parasit obligat merupakan parasit sejati yang tidak dapat hidup tanpa inangnya. Jika inangnya mati, organisme itu pun ikut mati. Misalnya tanaman tali putri (Cuscuta sp.), Rafflesia arnoldii, benalu, dan padma. Sementara itu, parasit fakultatif menggantungkan sebagian sumber energinya dari inang, namun jika inangnya mati, maka organisme tersebut masih dapat hidup. Parasit fakultatif adalah tumbuhan parasit yang menggantungkan sebagian sumber energinya dari inang, namun jika inangnya mati maka masih bisa hidup. Tanaman yang tergolong parasit fakultatif masih memiliki organ fotosintetik yang berfungsi secara normal sebagaimana tumbuhan bukan parasit. Contohnya tanaman Mistletoe (Viscum album). Hemiparasit adalah tumbuhan yang bersifat parasit hanya dalam sebagian tahap perkembangannya. Contohnya adalah cendana (Santalum album). Nephentes sp. bukan merupakan organisme parasit fakultatif, melainkan merupakan insektivora. Sementara itu, lumut kerak umumnya bersimbiosis dengan akar tanaman membentuk simbiosis mutualisme sehingga bukan parasit.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Peningkatan kadar pencemaran melalui struktur tropik dari proses makan-dimakan dapat diistilahkan sebagai bioakumulasi. SEBAB Bioakumulasi mempunyai definisi yang sama dengan biomplifikasi.

3

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia