Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan: (1) tekstur tanah; (2) warna tanah; (3) kelembapan tanah; (4) kesuburan tanah; (5) porositas tanah. Faktor-faktor yang memengaruhi infiltrasi terdapat pada angka ...

Pernyataan:

(1) tekstur tanah;

(2) warna tanah;

(3) kelembapan tanah;

(4) kesuburan tanah;
(5) porositas tanah.
Faktor-faktor yang memengaruhi infiltrasi terdapat pada angka ...

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (3), dan (5)

  3. (1), (4), dan (5)

  4. (2), (3), dan (4)

  5. (2), (4), dan (5)
     

Iklan

C. Julaika

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Infiltrasi adalah proses meresapnya air melalui celah-celah tanah. Faktor-faktor dapat mempengaruhi infiltrasi antara lain: Curah hujan: semakin tinggi intensitas air hujan maka daya imfiltasi akan semakin rendah, karena kemampuan tanah akan semakin dipacu untuk dapat meresapkan air. Kerapatan vegetasi: daerah dengan vegetasi rapat cendrung lebih cepat dalam meresapkan air dibantu oleh akar-akar pada tanaman. Porositas tanah: tanah dengan porositas tinggi akan memiliki kemampuan yang tinggi dalam meloloskan air, sehingga daya serapnya akan lebih tinggi. Kelembaban tanah: tanah yang lembab akan sulit meresapkan air, hal tersebut dikarenakan tanah lembab akan lebih mudah jenuh karena telah menagndung lebih banyak air. Sesuai dengan penjabaran faktor infiltrasi di atas, maka jawaban yang tepat adalah (1). Tekstur tanah, (3). Kelembaban tanah dan (5). Porositas tanah.

Infiltrasi adalah proses meresapnya air melalui celah-celah tanah. Faktor-faktor dapat mempengaruhi infiltrasi antara lain:

  • Curah hujan: semakin tinggi intensitas air hujan maka daya imfiltasi akan semakin rendah, karena kemampuan tanah akan semakin dipacu untuk dapat meresapkan air.
  • Kerapatan vegetasi: daerah dengan vegetasi rapat cendrung lebih cepat dalam meresapkan air dibantu oleh akar-akar pada tanaman.
  • Porositas tanah: tanah dengan porositas tinggi akan memiliki kemampuan yang tinggi dalam meloloskan air, sehingga daya serapnya akan lebih tinggi.
  • Kelembaban tanah: tanah yang lembab akan sulit meresapkan air, hal tersebut dikarenakan tanah lembab akan lebih mudah jenuh karena telah menagndung lebih banyak air.

Sesuai dengan penjabaran faktor infiltrasi di atas, maka jawaban yang tepat adalah (1). Tekstur tanah, (3). Kelembaban tanah dan (5). Porositas tanah.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

172

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor-faktor yang memengaruhi infiltrasi adalah....

17

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia