Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan: (1) gerak penurunan suatu daratan, sehingga seolah-olah permukaan air laut naik; (2) gerak naiknya suatu daratan, sehingga seolah-olah permukaan air laut turun; (3) penurunan Benua Selatan atau Gondwana; (4) terbentuknya laut-laut dalam di muka Bumi; (5) terbentuknya rangkaian dataran tinggi di permukaan Bumi. Bukti pergerakan lempeng tektonik pada daerah yang luas serta dalam waktu yang relatif lama terdapat pada angka ….

Pernyataan:

(1) gerak penurunan suatu daratan, sehingga seolah-olah permukaan air laut naik;

(2) gerak naiknya suatu daratan, sehingga seolah-olah permukaan air laut turun;

(3) penurunan Benua Selatan atau Gondwana;

(4) terbentuknya laut-laut dalam di muka Bumi;

(5) terbentuknya rangkaian dataran tinggi di permukaan Bumi.

Bukti pergerakan lempeng tektonik pada daerah yang luas serta dalam waktu yang relatif lama terdapat pada angka ….

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (3), dan (4)

  3. (1), (2), dan (5)

  4. (2), (4), dan (5)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tektonisme adalah proses yang terjadi akibat pergerakan, pengangkatan, lipatan dan patahan pada struktur tanah di suatu daerah. Ada dua jenis tektonisme, yaitu Epirogenesa dan Orogenesa. Epirogenesa adalah proses perubahan bentuk daratan yang disebabkan oleh tenaga lambat dari bawah bumi dengan arah vertical, baik ke atas maupun ke bawah pada daerah yang amat luas. Epirogenesa terbagi menjadi dua yakni: Epirogenesa positif, yaitu gerakan yang mengakibatkan turunnya lapisan kulit bumi sehingga permukaan air laut terlihat naik dan daratan menurun. Epirogenesa negatif, yaitu gerakan yang mengakibatkan naiknya lapisan kulit bumi sehingga air laut terlihat menurun dan daratan menaik. Orogenesa adalah pergerakan lempeng tektonis yang sangat cepat dan meliputi wilayah yang sempit. Tektonik orogenesa biasanya disertai dengan pelengkungan ( warping ) dan lipatan ( folding ) yang terjadi akibat adanya tekanan pada arah mendatar. Berdasarkan penjelasan tersebut maka pernyataan nomor (1), (2) dan (5) dapat menajdi pilihan jawaban yang tepat.

Tektonisme adalah proses yang terjadi akibat pergerakan, pengangkatan, lipatan dan patahan pada struktur tanah di suatu daerah. Ada dua jenis tektonisme, yaitu Epirogenesa dan Orogenesa.

Epirogenesa adalah proses perubahan bentuk daratan yang disebabkan oleh tenaga lambat dari bawah bumi dengan arah vertical, baik ke atas maupun ke bawah pada daerah yang amat luas. Epirogenesa terbagi menjadi dua yakni:

  • Epirogenesa positif, yaitu gerakan yang mengakibatkan turunnya lapisan kulit bumi sehingga permukaan air laut terlihat naik dan daratan menurun.
  • Epirogenesa negatif, yaitu gerakan yang mengakibatkan naiknya lapisan kulit bumi sehingga air laut terlihat menurun dan daratan menaik.

Orogenesa adalah pergerakan lempeng tektonis yang sangat cepat dan meliputi wilayah yang sempit. Tektonik orogenesa biasanya disertai dengan pelengkungan (warping) dan lipatan (folding) yang terjadi akibat adanya tekanan pada arah mendatar.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka pernyataan nomor (1), (2) dan (5) dapat menajdi pilihan jawaban yang tepat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

42

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan: (1) gerak penurunan suatu daratan, sehingga seolah-olah permukaan air laut naik; (2) gerak naiknya suatu daratan, sehingga seolah-olah permukaan air laut turun; (3) penurunan Benu...

34

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia