Iklan

Iklan

Pertanyaan

Fenomena seperti gambar di samping adalah fenomena tektonisme yang bernama...

Fenomena seperti gambar di samping adalah fenomena tektonisme yang bernama...

Iklan

E. Rocky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tektonisme merupakan tenaga dari dalam bumi yang menyebabkan terjadinya perubahan letak (dislokasi) lapisan permukaan bumi, baik secara vertikal maupun horizontal. Gerakan tektonisme dibedakan menjadi dua, yaitu epirogenesa dan orogenesa. Orogenesa, adalah gerakan lempeng tektonik yang sangat cepat pada wilayah yang sempit atau terbatas. Gerak orogenetik dapat mengakibatkan terbentuknya patahan, lipatan, lengkungan, dan retakan. Epirogenesa, adalah gerak lempeng yang dapat menyebabkan permukaan bumi seolah bergerak ke arah vertikal, baik naik maupun turun. Gerak epirogenetik berlangsung dengan lambat dan meliputi wilayah yang luas. Gerak epirogenetik ada dua macam, yaitu epirogenesa positif dan epirogenesa negatif. Gambar A: Epirogenesa positif , adalah gerakan turunnya permukaan bumi sehingga seolah-olah permukaan laut naik. Gerakan ini disebabkan adanya tambahan beban, misalnya sedimen yang tebal di daerah cekungan yang luas (geosinklinal). Gambar B: Epirogenesa negatif , adalah gerakan naiknya permukaan daratan sehingga seolah-olah permukaan laut menjadi turun.

Tektonisme merupakan tenaga dari dalam bumi yang menyebabkan terjadinya perubahan letak (dislokasi) lapisan permukaan bumi, baik secara vertikal maupun horizontal. Gerakan tektonisme dibedakan menjadi dua, yaitu epirogenesa dan orogenesa.

  1. Orogenesa, adalah gerakan lempeng tektonik yang sangat cepat pada wilayah yang sempit atau terbatas. Gerak orogenetik dapat mengakibatkan terbentuknya patahan, lipatan, lengkungan, dan retakan.
  2. Epirogenesa, adalah gerak lempeng yang dapat menyebabkan permukaan bumi seolah bergerak ke arah vertikal, baik naik maupun turun. Gerak epirogenetik berlangsung dengan lambat dan meliputi wilayah yang luas. Gerak epirogenetik ada dua macam, yaitu epirogenesa positif dan epirogenesa negatif.
  • Gambar A:  Epirogenesa positif, adalah gerakan turunnya permukaan bumi sehingga seolah-olah permukaan laut naik. Gerakan ini disebabkan adanya tambahan beban, misalnya sedimen yang tebal di daerah cekungan yang luas (geosinklinal).
  • Gambar B: Epirogenesa negatif, adalah gerakan naiknya permukaan daratan sehingga seolah-olah permukaan laut menjadi turun.  

414

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gambar dibawah ini yang ditandai dengan huruf A dan B, menunjukkan ...

789

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia