Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perkampungan suku Baduy dalam di Provinsi Banten terletak di daerah pegunungan sehingga untuk mencapainya hanya dapat dengan berjalan kaki. Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah ...

Perkampungan suku Baduy dalam di Provinsi Banten terletak di daerah pegunungan sehingga untuk mencapainya hanya dapat dengan berjalan kaki.

Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah ...

 

 

 

 

 

  1. konsep keterjangkauan

  2. konsep lokasi

  3. konsep morfologi

  4. konsep jarak

  5. konsep difernsiasi area

Iklan

A. Kusbardini

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pada soal ini jawaban yang paling tepat adalah Konsep Keterjangkauan, karena dalam ilustrasi soal sangat terlihat bagaimana cara mencapai suatu daerah di pegunungan.

pada soal ini jawaban yang paling tepat adalah Konsep Keterjangkauan, karena dalam ilustrasi soal sangat terlihat bagaimana cara mencapai suatu daerah di pegunungan.

Iklan

Pembahasan

Ada 10 Konsep Geografi yang harus kita ketahui, namun dalam jawaban soal hanya ada lima. Berikut pembahasan masing-masing dari kelima konsep tersebut: Konsep Keterjangkaun , adalah konsep yang membahas mengenai cara menjangkau suatu wilayah tertentu, bisa dilihat dari jarak, biaya transportasi, hingga medan yang akan dilewati. Contoh: Pengiriman soal UN ke Irian Jaya mengalami kendala disebabkan karena jalanan yang rusak, akibatnya terjadi keterlambatan. Konsep Lokasi , adalah konsep yang membahas mengenai suatu lokasi yang ada di permukaan bumi. Contoh: SMA 17 Agustus berada di Jl. Tebet Dalam III, Jakarta Selatan Konsep Morfologi , adalah konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, ataupun bentang alam yang terlihat. Contoh : Jakarta ibukota Indonesia, yang memiliki kondisi fisik dataran rendah. Konsep Jarak , adalah konsep yang membahas mengenai jarak dari dua wilayah yang berbeda. Contoh : Jarak Jakarta ke Cirebon adalah 300 km. Konsep Diferensiasi Area , adalah konsep yang membahas mengani perbedaan dari wilayah yang ada dipermukaan bumi. Contoh : Kota Jakarta mayoritas orang bekerja di kantor, sedangkan di Bogor mayoritas orang bekerja di sektor transportasi. Oleh karena itu pada soal ini jawaban yang paling tepat adalah Konsep Keterjangkauan, karena dalam ilustrasi soal sangat terlihat bagaimana cara mencapai suatu daerah di pegunungan.

Ada 10 Konsep Geografi yang harus kita ketahui, namun dalam jawaban soal hanya ada lima. Berikut pembahasan masing-masing dari kelima konsep tersebut:

  1. Konsep Keterjangkaun, adalah konsep yang membahas mengenai cara menjangkau suatu wilayah tertentu, bisa dilihat dari jarak, biaya transportasi, hingga medan yang akan dilewati. Contoh: Pengiriman soal UN ke Irian Jaya mengalami kendala disebabkan karena jalanan yang rusak, akibatnya terjadi keterlambatan.
  2. Konsep Lokasi, adalah konsep yang membahas mengenai suatu lokasi yang ada di permukaan bumi. Contoh: SMA 17 Agustus berada di Jl. Tebet Dalam III, Jakarta Selatan
  3. Konsep Morfologi, adalah konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, ataupun bentang alam yang terlihat. Contoh : Jakarta ibukota Indonesia, yang memiliki kondisi fisik dataran rendah.
  4. Konsep Jarak, adalah konsep yang membahas mengenai jarak dari dua wilayah yang berbeda. Contoh : Jarak Jakarta ke Cirebon adalah 300 km.
  5. Konsep Diferensiasi Area, adalah konsep yang membahas mengani perbedaan dari wilayah yang ada dipermukaan bumi. Contoh : Kota Jakarta mayoritas orang bekerja di kantor, sedangkan di Bogor mayoritas orang bekerja di sektor transportasi.

Oleh karena itu pada soal ini jawaban yang paling tepat adalah Konsep Keterjangkauan, karena dalam ilustrasi soal sangat terlihat bagaimana cara mencapai suatu daerah di pegunungan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Keterlambatan dalam pengiriman bantuan pada korban bencana gempa dan tsunami disebabkan kerusakan sarana prasarana perhubungan. Dalam kajian geografi, hal tersebut merupakan contoh konsep ....

33

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia