Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perkampungan suku Baduy Dalam di provinsi Banten terletak di daerah pegunungan sehingga untuk mencapainya hanya dapat dengan berjalan kaki. Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah ....

Perkampungan suku Baduy Dalam di provinsi Banten terletak di daerah pegunungan sehingga untuk mencapainya hanya dapat dengan berjalan kaki.

Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah ....

  1. konsep keterjangkauan

  2. konsep lokasi

  3. konsep morfologi

  4. konsep jarak

  5. konsep diferensiasi area

Iklan

A. Kusbardini

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

konsep esensial geografi yang paling sesuai yaitu konsep keterjangkauan.

konsep esensial geografi yang paling sesuai yaitu konsep keterjangkauan.

Iklan

Pembahasan

Penjelasan konsep geografi yang ada pada pilihan jawaban adalah sebagai berikut: Keterjangkauan, adalah konsep yang membahas mengenai cara menjangkau suatu wilayah tertentu, bisa dilihat dari hambatan untuk menuju suatu tempat, alat transportasi yang dapat digunakan, hingga medan yang akan dilewati. Contoh: Pengiriman soal UN ke Irian Jaya mengalami kendala karena jalanan yang rusak dan medan yang sulit dilalui. Lokasi, konsep ini menunjukkan letak berbagai tempat di muka bumi. Lokasi dibagi menjadi lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut (lokasi astronomis) ditentukan berdasarkan garis astronomis (lintang dan bujur). Contohnya seperti Indonesia yang terletak di 6˚ LU-11˚ LS dan 95˚ BT-141˚ BT. Sementara itu, lokasi relatif (lokasi geografis) ditentukan berdasarkan objek lain di sekitar letak objek yang dimaksud. Contohnya Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudra. Morfologi, merupakan konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, atau pun bentang alam yang terlihat. Contoh: Jakarta, ibu kota Indonesia, memiliki kondisi fisik dataran rendah. Konsep Jarak, adalah konsep yang membahas mengenai jarak antarwilayah. Contoh: Jarak Jakarta ke Cirebon adalah 300 km. Konsep Diferensiasi Area, adalah konsep yang membahas mengenai perbedaan antarwilayah yang ada di permukaan bumi. Contoh: Jakarta merupakan kota yang terletak di dataran rendah sementara Bogor terletak di dataran tinggi dan pegunungan. Pada soal terdapat contoh fenomena tentang sulitnya mencapai kampung suku Baduy yang ada di pegunungan di Provinsi Banten. Untuk menuju ke tempat tersebut hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Oleh karena itu, konsep esensial geografi yang paling sesuai yaitu konsep keterjangkauan.

Penjelasan konsep geografi yang ada pada pilihan jawaban adalah sebagai berikut:

  1. Keterjangkauan, adalah konsep yang membahas mengenai cara menjangkau suatu wilayah tertentu, bisa dilihat dari hambatan untuk menuju suatu tempat, alat transportasi yang dapat digunakan, hingga medan yang akan dilewati. Contoh: Pengiriman soal UN ke Irian Jaya mengalami kendala karena jalanan yang rusak dan medan yang sulit dilalui.
  2. Lokasi, konsep ini menunjukkan letak berbagai tempat di muka bumi. Lokasi dibagi menjadi lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut (lokasi astronomis) ditentukan berdasarkan garis astronomis (lintang dan bujur). Contohnya seperti Indonesia yang terletak di 6˚ LU-11˚ LS dan 95˚ BT-141˚ BT. Sementara itu, lokasi relatif (lokasi geografis) ditentukan berdasarkan objek lain di sekitar letak objek yang dimaksud. Contohnya Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudra.
  3. Morfologi, merupakan konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, atau pun bentang alam yang terlihat. Contoh: Jakarta, ibu kota Indonesia, memiliki kondisi fisik dataran rendah.
  4. Konsep Jarak, adalah konsep yang membahas mengenai jarak antarwilayah. Contoh: Jarak Jakarta ke Cirebon adalah 300 km.
  5. Konsep Diferensiasi Area, adalah konsep yang membahas mengenai perbedaan antarwilayah yang ada di permukaan bumi. Contoh: Jakarta merupakan kota yang terletak di dataran rendah sementara Bogor terletak di dataran tinggi dan pegunungan.

Pada soal terdapat contoh fenomena tentang sulitnya mencapai kampung suku Baduy yang ada di pegunungan di Provinsi Banten. Untuk menuju ke tempat tersebut hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Oleh karena itu, konsep esensial geografi yang paling sesuai yaitu konsep keterjangkauan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Untuk sampai ke sekolah, Andi harus berjalan kaki sejauh 1 km terlebih dahulu sebelum sampai di tempat pangkalan angkot terdekat. Konsep geografi yang terkait penjelasan tersebut adalah...

6

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia