Roboguru

Perjuangan Sarikat Islam merupakan pergerakan ….

Pertanyaan

Perjuangan Sarikat Islam merupakan pergerakan ….

  1. agama

  2. dagang

  3. nasional

  4. sosial

  5. ekonomi

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sarekat Islam adalah organisasi dagang bernama Sarekat Dagang Islam (SDI) yang didirikan oleh K.H Samanhudi pada 16 Oktober 1905. Samanhudi mendirikan Sarekat Dagang Islam dengan tujuan untuk menggalang kerja sama antara pedagang Islam demi memajukan kesejahteraan pedagang Islam pribumi. Selain itu, Samanhudi juga ingin meruntuhkan dominasi pedagang-pedagang etnis China di sektor perekonomian Indonesia. Pada tahun 1912, H.O.S Tjokroaminoto mengubah nama organisasi Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam. Perubahan nama tersebut bertujuan agar keanggotaan organisasi tidak hanya terbatas pada golongan pedagang, namun juga terbuka bagi seluruh umat Islam di Indonesia. Sehingga Perjuangan Sarikat Islam pergerakanya secara nasional.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Freelancer2

Terakhir diupdate 09 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sarekat Islam dapat dikatakan sebagai organisasi massa pertama dengan ideologi Islam yang awalnya bernama Sarekat Dagang Islam didirikan untuk menjadi wajah bagi . . . .

Pembahasan Soal:

Tujuannya untuk menghadapi persaingan dalam bidang perdagangan, terutama dengan orang-orang Tionghoa. Organisasi yang berdiri dengan latar belakang masalah sosial dan ekonomi ini berkembang dengan pesat ketika H.0.S. Tjokroaminoto menjadi pimpinannya.

0

Roboguru

Siapa pendiri Serikat Islam dan apa tujuan pendirian Serikat Islam!

Pembahasan Soal:

Organisasi Serikat Dagang Islam dirintis oleh Haji Samanhudi di Surakarta pada 16 Oktober 1905. Tujuan awalnya adalah untuk menghimpun para pedagang Muslim Nusantara agar dapat bersaing dengan pedagang-pedagang besar asing. Pada masa itu, pedagang-pedagang asing tersebut telah lebih maju usahanya dan memiliki hak dan status yang lebih tinggi dari pada penduduk Hindia Belanda lainnya. Pada perkembangannya, SDI berubah nama menjadi Serikat Islam.

Dengan demikian, pendiri SDI adalah Haji Samanhudi dan tujuannya adalah memajukan pedagang lokal Muslim agar tidak kalah dengan pedagang asing.space space 
 

0

Roboguru

Ketua dari Sarekat Dagang Islam adalah ....

Pembahasan Soal:

Sarekat Dagang Islam didirikan pada tahun 1911 oleh Haji Samanhudi. Haji Samanhudi sendiri merupakan seorang pedagang batik dari kampung Laweyan, Solo. Selain sebagai pendiri, Haji Samnhudi juga merupakan ketua Sarekat Dagang Islam. Tujuan pendirian Sarekat Dagang Islam adalah untuk memperkuat kemampuan para pedagang Islam agar dapat bersaing dengan para pedagang Tionghoa dan India. 

Dengan demikian, ketua Sarekat Dagang Islam adalah Haji Samanhudi.

0

Roboguru

Pernyataan yang tidak benar dari tokoh organisasi kebangkitan pada tabel berikut adalah ...

Pembahasan Soal:

Raden Tumenggung Ario Tirtokusumo atau lebih biasa disebut R.T. Tirtokusumo merupakan ketua kongres pertama Budi Utomo yang dilaksanakan pada 3 sampai 5 Oktober 1908 di Yogyakarta. Tirtokusumo adalah bupati Karanganyar yang dikenal berpikiran maju. Tirtokusumo dianggap sebagai sosok yang tepat untuk menjadi ketua Budi Utomo karena dapat diterima oleh semua golongan. Golongan tua setuju karena kedudukan Tirtokusumo sebagai seorang bupati, sedangkan para pemuda setuju karena Tirtokusmo mendapatkan jabatanhya berkat pendidikan yang dikenyamnya bukan berdasarkan garis keturuanan.

Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan tujuan organisasi pergerakan nasional berikut! Memajukan perdagangan. Membantu para anggota yang mengalami kesulitan. Memajukan kepentingan rohani dan jasmani penduduk pribumi. Memaju...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 10 September 1912, Sarekat Dagang Islam di ubah namanya menjadi Sarekat Islam. Perubahan ini di pelopori oleh HOS Cokroaminoto. Sarekat Islam memiliki jangkauan yang lebih luas dan banyak di bandingkan dengan Sarekat Dagang Islam. Itu sebabnya, karena hanya berfokus pada masalah dagang semata, maka di ubahlah tujuan organisasi tersebut. Sarekat Islam sendiri di dirikan oleh H. Samanhudi di Solo. Tujuannya adalah untuk memajukan agama, dan untuk memperkuat diri bagi golongan pedagang-pedagang Indonesia terhadap pedagang-pedagang Cina.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved