Roboguru

Perjanjian Renville merupakan suatu perjanjian antara Indonesia dan Belanda yang ditandatangani pada tanggal 17 Januari 1948. Nama Renville diambil dari ..

Pertanyaan

Perjanjian Renville merupakan suatu perjanjian antara Indonesia dan Belanda yang ditandatangani pada tanggal 17 Januari 1948. Nama Renville diambil dari ..

  1. Kota tempat diadakannya perjanjian

  2. Nama pemrakarsa terjadinya perjanjian nama kapal perang Amerika Serikat 

  3. Nama kapal Amerika Serikat 

  4. Wakil PBB yang ikut serta dalam perundingan. 

Pembahasan Soal:

Bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa yang kaya dengan sejarah. Salah satu bagian dari sejarah bangsa Indonesia adalah perjanjian-perjanjian yang dibuat dengan penjajah ketika zaman penjajahan dahulu. Salah satu perjanjian tersebut diberi nama Perjanjian Renville. Latar belakang terjadinya Perjanjian Renville adalah usul dari Komisi Tiga Negara (KTN) yang dipertemukan oleh Indonesia dan Belanda dalam perundingan. Perundingan tersebut dilakukan di atas kapal Amerika Serikat yang bernama USS Renville.

Perundingan tersebut diadakan pada tanggal 8 Desember 1947 ketika kapal tersebut sedang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok. Indonesia diwakili oleh Mr. Amir Syarifuddin. Sementara itu, pihak Belanda diwakili oleh R. Abdulkadir Widjojoatmodjo, yang merupakan orang Indonesia pemihak Belanda. Hasil perundingan Renville, yang kemudian disebut sebagai perjanjian Renville. resmi ditandatangani pada tanggal 17 Januari 1948.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan keterangan berikut! Ia merupakan wakil Belanda dalam Perundingan Renville. Ia adalah orang Indonesia yang memihak Belanda. ​​​​​​Berdasarkan keterangan tersebut, tokoh yang dimaksud b...

Pembahasan Soal:

R. Abdulkadir Widjojoatmodjo memang orang Indonesia yang memihak Belanda. Beliau lebih memihak Belanda, sebab kedekatannya dengan pihak Belanda cukup nyata [dia berpangkat Kolonel KNIL] dan statusnya sebagai kepala NICA [Netherlands Indies Civil Administration]. Dalam Perjanjian Renville, dia memang menjadi ketua delegasi yang mewakili Belanda.

Dengan demikian tokoh yang dimaksud bernama R. Abdulkadir Widjojoatmodjo.

0

Roboguru

Isilah tabel dibawah ini!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, berdasarkan tabel tersebut bahwaperjanjian yang dilakukan diatas kapal perang Amerika Serikat pada tanggal 8 Desember 1947 - 17 Januari 1948 tersebut semakin merugikan Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari salah satu hasil perjanjian bahwa wilayah Indonesia yang diakui hanya Jawa Tengah, Sumatera, dan Yogyakarta.

0

Roboguru

Perundingan Renville merupakan perundingan yang terjadi di atas geladak kapal milik Amerika Serikat bernama USS Renville. Alasan yang melatarbelakangi perundingan harus dilakukan di atas Kapal Renvill...

Pembahasan Soal:

Perundingan Renville merupakan perundingan antara Indonesia dan Belanda yang diselenggarakan di atas geladak kapal Amerika Serikat, yakni USS Renville. Pada saat itu, Indonesia dan Belanda bersikeras menolak untuk melakukan perundingan di wilayah yang dikuasai oleh salah satu pihak. Alasannya adalah adanya kekhawatiran akan terjadinya pengkhianatan yang dilakukan oleh salah satu pihak, maka dari itu sebagai jalan tengahnya, Amerika Serikat menawarkan diri kepada Indonesia dan Belanda agar perundingan bisa dilakukan di atas kapal Renville yang pada saat itu sedang berada di Pelabuhan Tanjung Priok.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. space 

0

Roboguru

Kapan dan di manakah perjanjian Renville dilaksanakan ?

Pembahasan Soal:

Bangsa Indonesia akhirnya dapat terlepas dari penjajahan dengan melaksanakan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus. Namun setelah proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia harus berjuang menghadapi ancaman Belanda yang ingin kembali menguasai Indonesia.  Secara umum ada dua bentuk strategi perjuangan menghadapi ancaman Belanda. Pertama ialah perjuangan bersenjata. Perjuangan ini terjadi setelah proklamasi kemerdekaan. Belanda dan sekutunya masih tidak mau menerima bahwa Indonesia telah merdeka. Kedua ialah perjuangan melalui diplomasi. perjuangan ini dilakukan dengan perundingan untuk menyelesaikan masalah. Salah satu perjuangan melalui diplomasi yang dilakukan bangsa Indonesia adalah perjanjian Renville. Perjanjian Renville adalah perjanjian antara Indonesia dengan Belanda yang terjadi pada tanggal 8 Desember 1947 sampai 17 Januari 1948 di atas geladak kapal perang Amerika Serikat sebagai tempat netral USS Renville, yang berlabuh di Jakarta. Saat itu Indonesia diwakili oleh Amir Sjarifuddin dan Belanda diwakili oleh Abdulkadir Widjojoatmodjo. Dihadiri pula Komisi Tiga Negara yang diwakili oleh Richard Kirby, Paul van Zeeland, Frank Graham.

Jadi, jawabannya adalah 8 Desember 1947 di atas geladak kapal perang Amerika Serikat USS Renville.

0

Roboguru

Perhatikan nama-nama tokoh di bawah ini. 1) Amir Syarifuddin. 2) dr. Cos Tik gen. 3) Susanti Tirtoprodjo. 4) Dr. A.K. Gani. 5) Agus Salim. Berikut yang bukan termasuk wakil Indonesia dalam Perun...

Pembahasan Soal:

Perjanjian Renville dimulai pada tanggal 8 Desember 1947, perundingan tersebut dihadiri oleh beberapa delegasi diantaranya:

  • Dr. Frank B. Graham (ketua), Paul van Zeeland (anggota), dan Richard Kirby (anggota).
  • Delegasi Indonesia diwakili oleh Amir Sjarifuddin (ketua), Ali Sastroamijoyo (anggota), Haji Agus Salim (anggota), dr. J. Leimena (anggota), dr. Coa Tiek Ien (anggota), dan Nasrun (anggota).
  • Delegasi Belanda diwakili oleh R. Abdulkadir Widjojoatmodjo (ketua), Mr. H.A.L van Vredenburg (anggota), Dr. P.J. Koets (anggota), dan Mr. dr. Christiaan Robbert Steven Soumokil (anggota).

Berdarkan penjelasan di atas maka yang bukan termasuk wakil Indonesia dalam Perundingan Renville ditunjukkan oleh nomor (3) Susanto Tirtoprodjo dan (4) Dr. A.K. Gani.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved