Roboguru

Perjanjian penyerahan Jepang kepada Sekutu ditandatangani tanggal 2 September 1945 di dalam kapal...

Pertanyaan

Perjanjian penyerahan Jepang kepada Sekutu ditandatangani tanggal 2 September 1945 di dalam kapal...

  1. USA Calth

  2. UUS Missouri

  3. USR Misvslt

  4. USS Missipi

  5. USS Missouri

Pembahasan Soal:


Pendudukan Jepang oleh Komandan Tertinggi Sekutu dimulai pada 28 Agustus. Upacara kapitulasi diadakan pada 2 September 1945 di atas kapal tempur Amerika Serikat Missouri. Dokumen Kapitulasi Jepang yang ditandatangani hari itu oleh pejabat pemerintah Jepang secara resmi mengakhiri Perang Dunia II. Penduduk sipil dan anggota militer di negara-negara Sekutu merayakan Hari Kemenangan atas Jepang (V-J Day). Walaupun demikian, sebagian pos komando terpencil dan personel militer dari kesatuan di pelosok-pelosok Asia menolak untuk menyerah selama berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun setelah Jepang menyerah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dengan semakin terdesaknya posisi Jepang dalam perang Asia Pasifik, satu demi satu daerah jajahannya jatuh ke tangan pasukan sekutu. Maka Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia de...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 7 Desember 1941, pasukan Jepang melakukan penyerang terhadap pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai. Serangan tersebut sekaligus menandakan dimulainya Perang Pasifik. Tidak berselang lama setelah penyerangan tersebut, Jepang menduduki sejumlah kawasan di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Namun, kekuasaan Jepang di wilayah Asia Pasifik tidak bertahan lama. Memasuki tahun 1943-1944 Jepang mulai terdesak oleh pasukan Amerika Serikat. Hingga akhirnya pada bulan September 1944, Jenderal Kuniaki Kaiso memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia. Sejak saat itu, Jepang memberikan izin kepada rakyat Indonesia untuk mengibarkan bendera merah putih serta mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Tujuan Jepang memberi janji kemerdekaan pada Indonesia adalah untuk menarik simpati dan dukungan rakyat agar membantu Jepang dalam menghadapi Perang Asia Pasifik.

Dengan demikian, tujuan Jepang memberi janji kemerdekaan pada Indonesia adalah untuk menarik simpati dan dukungan rakyat agar membantu Jepang dalam menghadapi Perang Asia Pasifik.

0

Roboguru

Mengapa pada saat Jepang menyerah kepada sekutu di Indonesia disebut sebagai mengalami Vacum of power?

Pembahasan Soal:

Vacum of Power adalah suatu kondisi yang terjadi ketika suatu pemegang kekuasaan telah kehilangan kendali atas sesuatu dan tidak ada yang menggantikan mereka. Pada saat itu, ketika Jepang menyerah terhadap sekutu dan bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, pihak Jepang tidak mau mengakui kedaulatan Indonesia melalu proses proklamasi itu. Jepang masih menganggap Indonesia sebagai wilayah yang kosong dari kekuasaan dan berkewajiban menjaga untuk nantinya diserahkan pada pihak sekutu. Dengan demikian, Jepang menganggap Indonesia sebagai wilayah Vacum of Power karena tidak mau mengakui proklamasi kemerdekaan Indonesia dan pemerintahan yang baru terbentuk.

2

Roboguru

Buatlah rangkuman Jepang menyerah pada sekutu sampai proklamasi!

Pembahasan Soal:

Proses menyerahnya Jepang terhadap Sekutu sebenernya sudah dimulai sejak akhir 1944, dimana pasukan Jepang di kawasan Asia Pasifik mulai dipukul mundur oleh pasukan gabungan sekutu yang dipimpin Amerika Serika. Hal tersebut semakin mencapai puncaknya pada saat penyerangan bom atom Amerika Serikat di 2 kota besar Jepang, yakni Hiroshima dan Nagasaki. Hiroshima dijatuhi bom atom pada 6 Agustus 1945, sedangkan Nagasaki 9 Agustus 1945. Kondisi tersebut menghancurkan bangunan dan menewaskan puluhan jiwa rakyat Jepang. Kematian dan penyakit akibat radiasi terus meningkat selama beberapa dekade berikutnya. Dua kota yang di bom tersebut merupakan penyangga ekonomi Jepang.  Sebelum bom atom dijatuhkan, Jepang sudah diperingatkan untuk menyerah tanpa syarat. Akhirnya pada tanggal 15 Agustus 1945, Kaisar Hirohito mengumumkan kepada rakyat bahwa Jepang telah menyerah kepada Sekutu. Kemudia pada 2 September 1945 dilakukan kapitulasi penagkuan penyerahan Jepang kepada Sekutu di atas kapal tempur Amerika Serikat, Missouri. Penyerahan Jepang terhadap Sekutu selanjutnya mempengaruhi kondisi dalam negeri wilayah-wilayah jajahan Jepang, tak terkecuali Indonesia. 

Dengan demikian, Amerika Serikat menggunakan bom atom di kota Hiroshima (6 Agustus 1945) dan kota Nagasaki (9 Agustus 1945). Kaisar Hirohito mengumumkan Jepang menyerah tanpa syarat pada 15 Agustus 1945. Berita ini didengan di Indonesa melalui radio oleh Sutan Syahrir. Para pemuda mendesak Sukarno dan Hatta agar proklamasi dilaksanakan secepatnya, menyebabkan terjadinya Peristiwa Rengasdengklok. Proklamasi kemerdekaan Indonesia akhirnya dilaksnakan pada pada 17 Agustus 1945

0

Roboguru

Jepang harus mejaga "status qou" setelah menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Artinya Jepang...

Pembahasan Soal:

Serangan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 menjadi akhir dari perlawanan Jepang terhadap Sekutu pada Perang Dunia II. Pada tanggal 14 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Sekutu mewajibkan kepada Jepang untuk menetapkan status quo atas Indonesia. Status quo maksudnya adalah Jepang diharuskan untuk tetap menjaga kondisi Indonesia seperti biasanya dan tidak diperbolehkan mengubah kondisi di Indonesia sampai kedatangan kembali Sekutu ke Indonesia dengan tujuan menjajah kembali Indonesia. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Setelah kekalahannya terhadap sekutu, pemerintah Jepang tetap melarang pembacaan teks proklamasi kemerdekaan sebab ....

Pembahasan Soal:

Pasca kekalahan Jepang terhadap sekutu dalam perang dunia II, Jepang memiliki kewajiban dalam menjaga status quo Indonesia yang kosong dari pendudukan negara lain hingga kedatangan sekutu ke Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan penolakan Mayor Jenderal Nishimura yang melarang Soekarno-Hatta melaksanakan sidang PPKI terkait proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved