Roboguru

Mengapa pada saat Jepang menyerah kepada Sekutu di Indonesia disebut sebagai mengalami vacuum of power?

Pertanyaan

Mengapa pada saat Jepang menyerah kepada Sekutu di Indonesia disebut sebagai mengalami vacuum of power?

Pembahasan Soal:

Vacuem of Power adalah suatu kondisi yang terjadi ketika suatu pemegang kekuasaan telah kehilangan kendali atas sesuatu dan tidak ada yang menggantikan mereka. Pada saat itu, ketika Jepang menyerah terhadap sekutu dan bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, pihak Jepang tidak mau mengakui kedaulatan Indonesia melalu proses proklamasi itu. Jepang masih menganggap Indonesia sebagai wilayah yang kosong dari kekuasaan dan berkewajiban menjaga untuk nantinya diserahkan pada pihak sekutu.

Dengan demikian, Jepang menganggap Indonesia sebagai wilayah Vacum of Power karena tidak mau mengakui proklamasi kemerdekaan Indonesia dan pemerintahan yang baru terbentuk.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Peristiwa penting yang menyebabkan tentara Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu adalah...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 7 Agustus 1945, panglima militer Jepang untuk Asia Tenggara Jenderal Terauchi menyetujui pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. badan ini bertugas melanjutkan hasil kerja BPUPKI dan menyiapkan pemindahan kekuasaan dari pihak Jepang kepada bangsa Indonesia. Pada tanggal 9 Agustus, Soekarno, Moh. Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat diundang ke Dalat, Vietnam untuk dilantik sebagai Ketua dan Wakil Ketua PPKI oleh Jenderal Terauchi. Hal ini dilakukan menyusul karena pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945, bom atom dijatuhkan oleh Sekutu di kota Hiroshima dan Nagasaki. Dampaknya, pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Menyerahnya Jepang kepada Sekutu dilatarbelakangi oleh peristiwa ...

Pembahasan Soal:

Sekutu mengebom atom dua kota besar di Jepang, Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945. Menyerahnya Jepang membuat Indonesia mengalami vacuum of power yang digunakan pejuang indonesia untuk memproklamirkan kemerdekaan.
Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Akhir Perang Dunia II di wilayah Asia Pasifik ditandai dengan….

Pembahasan Soal:

Jepang semakin dekat dengan kekalahan ketika pada 26 Juli 1945 negara-negara Sekutu mengeluarkan Deklarasi Postdam yang memberikan kesempatan kepada Jepang untuk mengakhiri perang dengan menyerah tanpa syarat. Tapi Jepang mengabaikan deklarsi tersebut sehingga Amerika Serikat akhirnya menjatuhkan bom atom di kota Hirosima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan di kota Nagasaki pada tanggal 9 Agustus1845. Setelah kedua kotanya di bom atom, barulah pada 9 Agustus 1945, Kaisar Hirohito memerintahkan dewan penasehat militer Jepang untuk mengusahakan penyerahan kepada Amerika Serikat. Hingga akhirnya pada tanggal 14 Agustus 1945, Kaisar Hirohito menyatakan menyerah dan menyerukan penghentian perang. Dengan demikian pada tanggal 15 agustus 1945 Jepang mengumumkan  pernyataan menyerah dalam perang Asia Timur Raya. Dari dampak menyerahnya Jepang, maka Indonesia mengalami status quo dan berada dalam keadaan vacuum of power tanpa adanya pemerintahan. Dengan demikian kondisi ini bermuara pada menguatnya gerakan kebangsaan untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang benar adalah D.

 

0

Roboguru

Setelah kekalahannya terhadap sekutu, pemerintah Jepang tetap melarang pembacaan teks proklamasi kemerdekaan sebab ....

Pembahasan Soal:

Pasca kekalahan Jepang terhadap sekutu dalam perang dunia II, Jepang memiliki kewajiban dalam menjaga status quo Indonesia yang kosong dari pendudukan negara lain hingga kedatangan sekutu ke Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan penolakan Mayor Jenderal Nishimura yang melarang Soekarno-Hatta melaksanakan sidang PPKI terkait proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Sambil menunggu penyerahan kekuasaan di Indonesia kepada Sekutu, Jepang diwajibkan untuk menjaga Staus quo yang artinya...

Pembahasan Soal:

Kekalahan Jepang pada Perang Dunia II membuat Jepang menyerahkan kekuasaan di Indonesia kepada sekutu. Namun, penyerahan kekuasaan itu tidak bisa langsung dilakukan karena harus menunggu kedatangan sekutu ke Indonesia. Sambil menunggu kedatangan sekutu, Jepang diharuskan menjaga status quo-nya di Indonesia. Status quo adalah keadaan sebagaimana ketika belum terjadi peperangan. Artinya Jepang tidak boleh mengubah apapun yang ada di Indonesia sebelum terjadinya peperangan antara Jepang dengan sekutu. Dengan demikian, jawabannya adalah Jepang tidak boleh mengubah apapun yang ada di Indonesia sebelum terjadinya peperangan antara Jepang dengan sekutu.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved