Roboguru

Peristiwa apa saja yang terjadi saat biji berkecambah? Jelaskan!

Pertanyaan

Peristiwa apa saja yang terjadi saat biji berkecambah? Jelaskan!space 

Pembahasan Soal:

Perkecambahan adalah tumbuhnya embrio yang terdapat dalam sebutir biji. Embrio tersebut akan tumbuh menjadi tumbuhan kecil yang lambat laun akan tumbuh makin besar menjadi tumbuhan dewasa yang lengkap. Proses perkecambahan biasanya diawali dengan masuknya air ke dalam biji. Air masuk ke dalam biji melalui mikropil dan testa. Masuknya air ke dalam biji dipengaruhi oleh peristiwa imbibisi. Dengan masuknya air, biji mengembang dan kulit biji akan pecah. Air yang masuk mengaktifkan embrio untuk melepaskan hormon giberelin (GA). Hormon ini menyebabkan perubahan kondisi di dalam sel dan memungkinkan diaktifkannya enzim-enzim yang mengatalisis reaksi-reaksi biokimiawi perkecambahan. Reaksi-reaksi biokimiawi tersebut, di antaranya adalah reaksi pembongkaran cadangan makanan yang ada pada kotiledon. Hasil reaksi tersebut digunakan sebagai sumber energi, sebagai bahan penyusun komponen-komponen sel, dan untuk pertumbuhan embrio menjadi bibit tanaman. Embrio pada biji tidak memiliki klorofil sehingga kebutuhan nutrisinya terutama diperoleh dari cadangan makanan pada endosperm. Selain dari endosperm, nutrisi untuk perkembangan embrio dapat pula diperoleh dari kotiledon atau bagian lain pada bakal biji, bergantung pada karakteristik biji tersebut.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Amalia

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Terakhir diupdate 14 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini tahap-tahap perkecambahan Asimilasi Imbibisi Sekresi harmon dan enzim Hidrolisis cadangan makanan Transpor makanan ke titik tumbuh Urutan perkecambahan yang benar adalah... .

Pembahasan Soal:

Proses perkecambahan dimulai ketika biji menyerap air (imbibisi). Adanya air menyebabkan pecahnya lapisan luar biji serta memicu aktivitas hormon dan enzim. Enzim mulai memecah (hidrolisis) nutrisi yang terdapat di dalam biji (kotiledon atau endosperma) dan mengirimnya ke bagian titik tumbuh dari embrio. Selanjutnya, radikula keluar setelah memecahkan kulit biji, kemudian tumbuh menjadi akar. Sementara itu, hipokotil tumbuh ke atas menembus lapisan tanah dengan membawa kulit biji dan keping bijinya. Keping biji muncul dari kulit diikuti oleh kemunculan daun pertama. Keping biji berperan menyediakan nutrisi pertama bagi pertumbuhan yang baru berkecambah hingga daun pertama mengambil alih tugas sebagai penyedia nutrisi melalui proses fotosintesis (asimilasi).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B .space

Roboguru

Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan biji dimulai dengan proses... .

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan berbiji dimulai dari proses perkecambahan. Pada embrio atau lembaga terdapat plumula yang tumbuh menjadi batang dan radikula yang tumbuh menjadi akar. Pada tahap akhir perkecambahan akan terbentuk akar, batang dan daun. Pada ujung-ujung akar dan batang terdapat sel-sel yang senantiasa membelah diri (meristematis) yang dikenal sebagai jaringan meristem apikal. Selanjutnya kecambah akan berkembang menjadi tumbuhan kecil yang sempurna dan akan tumbuh membesar hingga menghasilkan bunga dan biji kembali.

Roboguru

Hormon giberelin akan berdifusi dari embrio biji ke lapisan aleuron. Sel-sel di lapisan aleuron lalu akan mensintesis enzim hidrolitik. Ini dapat terjadi karena .…

Pembahasan Soal:

Hormon giberelin disekresi oleh embrio biji yang telah aktif. Hormon giberelin selanjutnya akan berdifusi ke lapisan aleuron. Hormon giberelin akan menstimulasi transkripsi gen pengkode enzim hidrolitik sehingga proses sintesis enzim hidrolitik dapat berlangsung. Aktifnya embrio biji dan membesarnya ukuran biji disebabkan karena imbibisi air. Sementara itu, pemecahan cadangan makanan dilakukan oleh enzim hidrolitik itu sendiri. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Urutan tahapan perkecambahan yang benar dari awal sampai akhir adalah ….

Pembahasan Soal:

Perkecambahan diawali dengan proses imbibisi air yaitu masuknya air ke dalam biji. Selanjutnya terjadi sekresi hormon giberelin. Sekresi hormon giberelin akan memicu sintesis enzim hidrolitik. Enzim hidrolitik akan memecah cadangan makanan di kotiledon atau endosperma menghasilkan glukosa. Glukosa lalu digunakan untuk menghasilkan energi untuk perkembangan embrio. Setelah itu terjadilah tahapan akhir perkecambahan berupa perkembangan embrio. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. 

Roboguru

Ketika sudah muncul daun muda, umumnya kecambah sudah tidak sepenuhnya bergantung pada  … untuk mendapatkan sumber makanan.

Pembahasan Soal:

Saat sudah muncul daun muda, umumnya kecambah sudah tidak lagi sepenuhnya bergantung pada kotiledon untuk mendapatkan makanan. Ini karena kecambah sudah dapat melakukan fotosintesis untuk membuat makanannya sendiri. Plumula dan radikula merupakan bagian embrio yang selanjutnya akan berkembang menjadi akar dan juga meristem pucuk.

Jadi, pilihan jawaban yang benar adalah pilihan A.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved