Roboguru

Gambar berikut menunjukkan peranan dari fitokrom far-red (Pfr) pada proses pemanjangan hipokotil kecambah selada. Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah. Rasia Pfr/Ptot lebih rendah dari 0.15 akan menginduksi terjadinya de-etiolasi.

Pertanyaan

Gambar berikut menunjukkan peranan dari fitokrom far-red (Pfr) pada proses pemanjangan hipokotil kecambah selada.

Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah.

Rasia Pfr/Ptot lebih rendah dari 0.15 akan menginduksi terjadinya de-etiolasi.space 

  1. Benarspace 

  2. Salahspace 

Pembahasan Soal:

Bila tumbuhan berada lama dalam cahaya yang lemah, tumbuhan akan mengalami etiolasi, yakni batangnya menjadi sangat panjang tanpa jaringan serabut penyokong yang cukup. Jika intensitas cahaya tidak naik kematian akan terjadi. Ciri lain etiolasi adalah terhambatnya perkembangan kloroplas dan rendahnya aktifitas banyak enzim. Sedangkan, de-etiolasi adalah transformasi dari kondisi etiolasi ke kondisi dengan pertumbuhan normal (green state). Bisa terjadi beberapa saat setelah kecambah yang mengalami etiolasi terpapar oleh cahaya. Cahaya akan menginduksi pengurangan kecepatan elongasi sel batang, pelurusan apical hook, inisiasi pembentukan atau perkembangan pigmen fotosintetik, energi bagi proses fotosintesis.

Rasio Pfr/Ptot yang lebih rendah dari 0.15 memiliki artian bahwa kadar Pfr lebih tinggi dibandingkan nilai Pr. Dalam hal ini, tumbuhan telah terpapar oleh sejumlah cahaya, sehingga adanya cahaya yang diserap oleh tumbuhan akan menghentikan etiolasi yang terjadi, dengan kata lain tumbuhan akan mengalami de-etiolasi.

Dengan demikian, pernyataan di atas BENAR.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 27 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved