Iklan

Iklan

Pertanyaan

Periodisasi masa praaksara secara Geologi.

Periodisasi masa praaksara secara Geologi. 

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

periodisasi masa praaksara secara geologi dibagi menjadi empat yakni: azoikum (zaman tanpa kehidupan), palaezoikum (zaman purba tua), mesozoikum (zaman purba pertengahan), dan neozoikum (zaman purba baru).

periodisasi masa praaksara secara geologi dibagi menjadi empat yakni: azoikum (zaman tanpa kehidupan), palaezoikum (zaman purba tua), mesozoikum (zaman purba pertengahan), dan neozoikum (zaman purba baru).

Iklan

Pembahasan

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, berdasarkan komposisinya, struktur, sejarah, sifat-sifatnya, dan juga proses pembentukannya, dan orang yang memelajari dan mendalami ilmu geologi disebut geolog. Berdasarkan geologi, zaman praaksara dibagi menjadi 4. Azoikum (Zaman Tanpa Kehidupan) Pada periode ini, bumi baru saja terbentuk. Suhu sekitar satu miliar tahun yang lalu cenderung tinggi sehingga membuat permukaan bumi sangat panas. Oleh karena itu, belum ada makhluk hidup yang teridentifikasi bisa bertahan di masa ini (belum ada kehidupan). Palaezoikum (Zaman Purba Tertua) Masa ini disebut sebagai zaman purba paling tua karena sudah ada makhluk hidup yang muncul, yakni tumbuhan (flora) dan hewan (fauna). Kedua fosil mahkluk tersebut dikatakan pernah hidup pada kisaran masa Palaezoikum yang berlangsung selama kisaran 350.000.0000 tahun lalu. Mesozoikum (Zaman Purba Pertengahan) Makhluk hidup yang telah muncul akhirnya semakin banyak ragamnya. Di periode ini, sekitar 140.000.000 tahun silam, mulai hadir fauna berjenis mamalia, amfibi, burung, serta beberapa flora (dalam hal ini pohon yang berbunga). Neozoikum (Zaman Purba Baru) Masa ini paling banyak pembagiannya dibanding periode yang disebutkan sebelumnya. Umumnya Neozoikum dipisahkan menjadi dua masa, yakni Tersier dan Kuartier. Pada masa Tersier, muncul binatang menyusui berjenis kera. Sedangkan di masa Tersier, mulai hadir makhluk yang disebut manusia. Periode Tersier diklasifikasikan lagi menjadi dua masa, yaitu Pleistosen dan Holosen. Saat Pleistosen, kisaran 1,6 juta tahun silam, manusia telah muncul. Lalu, Holosen, sekitar 200.00-12.000 tahun silam, manusia purba berkembang hingga mengalami evolusi dan diperkirakan menjadi manusia saat ini. Dengan demikian, periodisasi masa praaksara secara geologi dibagi menjadi empat yakni: azoikum (zaman tanpa kehidupan), palaezoikum (zaman purba tua), mesozoikum (zaman purba pertengahan), dan neozoikum (zaman purba baru).

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, berdasarkan komposisinya, struktur, sejarah, sifat-sifatnya, dan juga proses pembentukannya, dan orang yang memelajari dan mendalami ilmu geologi disebut geolog. Berdasarkan geologi, zaman praaksara dibagi menjadi 4.

  1. Azoikum (Zaman Tanpa Kehidupan) Pada periode ini, bumi baru saja terbentuk. Suhu sekitar satu miliar tahun yang lalu cenderung tinggi sehingga membuat permukaan bumi sangat panas. Oleh karena itu, belum ada makhluk hidup yang teridentifikasi bisa bertahan di masa ini (belum ada kehidupan).
  2. Palaezoikum (Zaman Purba Tertua) Masa ini disebut sebagai zaman purba paling tua karena sudah ada makhluk hidup yang muncul, yakni tumbuhan (flora) dan hewan (fauna). Kedua fosil mahkluk tersebut dikatakan pernah hidup pada kisaran masa Palaezoikum yang berlangsung selama kisaran 350.000.0000 tahun lalu.
  3. Mesozoikum (Zaman Purba Pertengahan) Makhluk hidup yang telah muncul akhirnya semakin banyak ragamnya. Di periode ini, sekitar 140.000.000 tahun silam, mulai hadir fauna berjenis mamalia, amfibi, burung, serta beberapa flora (dalam hal ini pohon yang berbunga).
  4. Neozoikum (Zaman Purba Baru) Masa ini paling banyak pembagiannya dibanding periode yang disebutkan sebelumnya. Umumnya Neozoikum dipisahkan menjadi dua masa, yakni Tersier dan Kuartier. Pada masa Tersier, muncul binatang menyusui berjenis kera. Sedangkan di masa Tersier, mulai hadir makhluk yang disebut manusia.
    Periode Tersier diklasifikasikan lagi menjadi dua masa, yaitu Pleistosen dan Holosen. Saat Pleistosen, kisaran 1,6 juta tahun silam, manusia telah muncul. Lalu, Holosen, sekitar 200.00-12.000 tahun silam, manusia purba berkembang hingga mengalami evolusi dan diperkirakan menjadi manusia saat ini.

Dengan demikian, periodisasi masa praaksara secara geologi dibagi menjadi empat yakni: azoikum (zaman tanpa kehidupan), palaezoikum (zaman purba tua), mesozoikum (zaman purba pertengahan), dan neozoikum (zaman purba baru).

Konsep Kilat

Kehidupan Masa Praaksara

Latihan Bab

1rb+

M.Mahfan Niamillah

Ini yang aku cari! Bantu banget Makasih ❤️

Azza Ahtarisa Putri

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut! Berakhirnya masa praaksara di Indonesia terjadi sekira abad IV-V Masehi. Menurutmu, benar atau salah pernyataan di atas? Tuliskan pendapatmu!

2rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia