Perhatikanlah wacana berikut ! Analisis Fenomena Sosial Untuk memahami perbedaan antara konflik dan kekerasan Ketika pergelaran sebuah konser musik, terjadi aksi saling dorong dan pihak yang dirugikan tidak bisa menerima dan ditambah dengan provokasi penonton, akibatnya setelah selesai konser, ada penonton yang membuat kerusuhan. Dari peristiwa kerusuhan tersebut, merembet ke tawuran antarkampung yang meluas. Bukan hanya menyerang orang, melainkan pemukiman mereka juga menjadi sasaran perusakan. Dengan demikian, perlu keterlibatan pihak kepolisian dan aparat pimpinan daerah untuk menenangkan situasi tersebut agar kekerasan tidak berlanjut. Pihak kepolisian dan aparat pimpinan daerah menjadi mediator penyelesaian masalah. Setelah melalui berbagai argumentasi, kedua pihak akhirnya menerima dengan sukarela. (Sumber: www.cinmi.com (15 Juni 2014)) Setelah Anda membaca wacana tersebut, bagaimana cara menyelesaikan konflik dan kekerasan?

Pertanyaan

Perhatikanlah wacana berikut !

Analisis Fenomena Sosial Untuk memahami perbedaan antara konflik dan kekerasan

Ketika pergelaran sebuah konser musik, terjadi aksi saling dorong dan pihak yang dirugikan tidak bisa menerima dan ditambah dengan provokasi penonton, akibatnya setelah selesai konser, ada penonton yang membuat kerusuhan. Dari peristiwa kerusuhan tersebut, merembet ke tawuran antarkampung yang meluas. Bukan hanya menyerang orang, melainkan pemukiman mereka juga menjadi sasaran perusakan. Dengan demikian, perlu keterlibatan pihak kepolisian dan aparat pimpinan daerah untuk menenangkan situasi tersebut agar kekerasan tidak berlanjut. Pihak kepolisian dan aparat pimpinan daerah menjadi mediator penyelesaian masalah. Setelah melalui berbagai argumentasi, kedua pihak akhirnya menerima dengan sukarela.

(Sumber: www.cinmi.com (15 Juni 2014))

Setelah Anda membaca wacana tersebut, bagaimana cara menyelesaikan konflik dan kekerasan?

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawabannya adalah mediasi

Pembahasan

Pembahasan

Upaya – upaya yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan konflik dan kekerasan salah satunya adalah mediasi. Didalam wacana dijelaskan adanya kehadiran pihak ketiga yaitu kepolisian dan aparat pimpinan daerah sebagai mediator dapat meredakan konflik dan kekerasan yang sedang terjadi.

Jadi jawabannya adalah mediasi

66

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bu Heni berselisih paham dengan Bu Asri. Perselisihan antara keduanya disebabkan Bu Asri membuang sampah di dekat rumah Bu Heni. Bu Heni mengaku tempat pembuangan sampah tersebut masih dalam pekaranga...

697

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia