Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan wacana di bawah ini!
 

Dalam kunjungannya ke Indonesia pada 9-13 Maret 2020, dengan posisi berdiri di samping Presiden Joko Widodo dan menghadap ke publik yang hadir Raja Belanda Willem Alexander menyatakan permohonan maaf secara terbuka kepada bangsa Indonesia atas aksi-aksi kekerasan yang dilakukan pihak Belanda setelah peristiwa proklamasi kemerdekaan atau selama masa revolusi fisik. Dalam catatan sejarah, terjadi beberapa kekerasan militer pasca proklamasi yang dilakukan Belanda seperti: Pecahnya peristiwa Pembantaian Westerling terhadap rakyat di Sulawesi Selatan pada periode Desember 1946-Februari 1947, pecahnya Agresi Militer Belanda I yang terjadi di Jawa dan Sumatra  pada 21 Juli-5 Agustus 1947. Terjadi Agresi Militer Belanda II pada 19 Desember 1949. Terhadap peristiwa-peristiwa kelam di masa lalu tersebut, untuk pertama kalinya dalam sejarah Raja Belanda menyatakan permohonan maafnya kepada rakyat Indonesia.
 

Analisis terkait nilai penting yang dapat dipetik dari peristiwa di atas untuk diaplikasikan dalam konteks kehidupan sehari-hari adalah …. undefined 

  1. meminta maaf merupakan sebuah keniscayaan agar mendapatkan simpati undefined 

  2. meminta maaf merupakan bagian dari upaya berdamai dengan sejarah masa lalu undefined 

  3. meminta maaf merupakan bagian dari upaya pencitraan untuk menutup sejarah kelam masa lalu undefined 

  4. meminta maaf merupakan keharusan bagi bangsa penjajah yang telah merebut kemerdekaan bangsa lain undefined 

  5. meminta maaf merupakan kewajiban mutlak bagi bangsa penjahat perang yang telah membuat sejarah menjadi berpihak pada mereka undefined 

N. Aini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B. undefined 

Pembahasan

Sejarah adalah sesuatu yang pernah pernah terjadi di masa lalu, memiliki dampak serta pengaruh bagi banyak orang. Dalam sejarah, adakalanya suatu peristiwa masa lalu bersifat manis menggembirakan namun ada pula yang pahit dan menyakitkan. Terhadap semua peristiwa sejarah maka hal bijak yang seharusnya dilakukan oleh setiap manusia adalah mengambil hikmah, memetik pelajaran penting dari suatu peristiwa sejarah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Peristiwa sejarah di mana Belanda pernah melakukan kekerasan-kekerasan yang berlebihan pasca proklamasi sebagaimana diakui oleh Raja Belanda Willem Alexander adalah sesuatu yang nyata terjadi dan sungguh sangat menyakitkan. Dalam pada itu, mengakui kesalahan, meminta maaf atas kejadian bersejarah yang tidak menyenangkan tersebut serta berkomitmen untuk belajar dari kesalahan masa lalu, membangun hubungan yang setara, saling menghormati  dengan pihak yang dirugikan adalah hal positif yang dapat dilakukan dan telah disampaikan pihak Belanda. Bahwa memang benar adanya cara terbaik berdamai dengan sejarah masa lalu adalah dengan meminta maaf, menyesalinya dan belajar dari apa yang telah berlalu sehingga hal-hal serupa tidak terulang lagi di masa mendatang. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. undefined 

72

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Kesimpulan yang tepat terkait kedatangan pasukan NICA dengan Pertempuran Surabaya pada masa bergolaknya revolusi fisik adalah ….

54

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia