Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan wacana berikut! Saat ini remaja Indonesia lebih memilih junk food sebagai makanan sehari-hari. Alasannya junk food mudah ditemukan dan cepat dalam penyajian. Selain itu, junk food dianggap sebagai makanan kekinian yang dapat meningkatkan gengsi. ( Sumber: https://jateng.tribunnews.com/2018/12/06/bahaya-tren-makanan-junk-food-di-kalangan-remaja-yang-kian-menjamu, diakses 26 Juni 2019 ) Wacana tersebut merupakan salah satu pengaruh buruk budaya asing bagi bangsa Indonesia yaitu. . . .

Perhatikan wacana berikut!   

Saat ini remaja Indonesia lebih memilih junk food sebagai makanan sehari-hari. Alasannya junk food mudah ditemukan dan cepat dalam penyajian. Selain itu, junk food dianggap sebagai makanan kekinian yang dapat meningkatkan gengsi.

(Sumber: https://jateng.tribunnews.com/2018/12/06/bahaya-tren-makanan-junk-food-di-kalangan-remaja-yang-kian-menjamu, diakses 26 Juni 2019)

Wacana tersebut merupakan salah satu pengaruh buruk budaya asing bagi bangsa Indonesia yaitu. . . .

  1. meningkatnya perilaku konsumtif

  2. munculnya sikap primordialisme

  3. munculnya gejala westernisasi

  4. menjamurnya perilaku hedonis

  5. memudarnya budaya bangsa

Iklan

E. Rocky

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Indonesia memiliki letak yang sangat strategis, tanah yang subur, dan kekayaan alam yang melimpah ruah. Sejak zaman dulu, Indonesia telah menjadi salah satu urat nadi perekonomian yang ada di Asia Tenggara dan dunia. Saat ini, Indonesia melakukan interaksi secara global dengan berbagai negara lain di dunia. Interaksi budaya secara global menyebabkan masuknya budaya asing ke Indonesia dan hal ini memberikan banyak pengaruh bagi masyarakat Indonesia. Salah satu contohnyaadalah masuknya p engaruh budaya barat yang bisa memengaruhi dan menimbulkan beberapa dampak buruk bagi masyarakat Indonesia, seperti perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yang mulai mengikuti gaya hidup bangsa barat (westernisasi). Hal ini bisa dilihat dari munculnya perilaku konsumsi junk food yang tinggi, perilaku konsumtif , dan lain-lain. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Indonesia memiliki letak yang sangat strategis, tanah yang subur, dan kekayaan alam yang melimpah ruah. Sejak zaman dulu, Indonesia telah menjadi salah satu urat nadi perekonomian yang ada di Asia Tenggara dan dunia. Saat ini, Indonesia melakukan interaksi secara global dengan berbagai negara lain di dunia. Interaksi budaya secara global menyebabkan masuknya budaya asing ke Indonesia dan hal ini memberikan banyak pengaruh bagi masyarakat Indonesia. Salah satu contohnya adalah masuknya pengaruh budaya barat yang bisa memengaruhi dan menimbulkan beberapa dampak buruk bagi masyarakat Indonesia, seperti perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yang mulai mengikuti gaya hidup bangsa barat (westernisasi). Hal ini bisa dilihat dari munculnya perilaku konsumsi junk food yang tinggi, perilaku konsumtif, dan lain-lain. undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Globalisasi telah memengaruhi bangsaterhadap semakin berkurangnya kecintaanterhadap budaya sendiri. Upaya yangdapat dilakukan untuk meminimalisirdampak globalisasi terhadap budayaIndonesia adalah ....

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia