Roboguru

Masuknya budaya asing di Indonesia dapat memengaruhi jati diri bangsa. Identifikasilah pengaruh buruk budaya asing bagi Indonesia!

Pertanyaan

Masuknya budaya asing di Indonesia dapat memengaruhi jati diri bangsa. Identifikasilah pengaruh buruk budaya asing bagi Indonesia!

  1. ...undefined

  2. ...undefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Jati diri bangsa adalah kekhususan yang dapat membedakan suatu bangsa dengan bangsa lainnya. Sebagai bangsa Indonesia, upaya untuk dapat mengenali jati diri bangsa tersebut dapat dilakukan dengan menelusuri latar belakang sejarah, kondisi sosial budaya, serta kondisi geografis Indonesia. Kebudayaan Indonesia yang ada sekarang pun tidak lepas dari pengaruh asing yang terjadi pada masa lalu. Namun, pada masa itu, dunia belum seterbuka sekarang ini sehingga budaya lokal masih begitu kental dan kuat di masyarakat. Budaya asing yang masuk pun mengalami akulturasi yang diadopsi dan diadaptasi menjadi bagian budaya Indonesia. Jika dibandingkan dengan masa kini, fenomena globalisasi membuat akses informasi makin terbuka dan interaksi sosial antarnegara makin tinggi sehingga masuknya budaya  asing terjadi lebih masif.

Dampak negatif dari masuknya budaya asing tersebut terhadap kebudayaan Indonesia adalah kebudayaan Indonesia justru didominasi oleh budaya asing.  Hal ini bisa makin parah jika masyarakat Indonesia minim pengetahuan tentang bangsa sendiri. Hal ini bisa menyebabkan jati diri bangsa akan pudar secara perlahan. Oleh karena itu, sebaiknya kita dapat bijak dalam menerima segala informasi dari kebudayaan asing dan tetap menunjukkan jati diri sebagai bangsa Indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved