Perhatikan teks ulasan berikut! Judul buku: London Love Story  Penulis: Tisa TS dan didampingi oleh Stanley Meulen Penerbit: Loveable Tahun terbit: 2015  Tebal buku: 192 halaman      Pembuatan novel London Love Story berawal dari sebuah film berjudul sama yang skenarionya dirilis oleh Tisa T.S. Novel ini dibuat karena banyaknya permintaan penonton yang sudah menonton film tersebut. Novel ini berlatar belakang Kota London yang menggambarkan kesejukannya dan menampilkan beberapa tempat indah di sana. Selain itu, London Love Story ini mengangkat beberapa objek di Pulau Dewata BaIi.      Novel London Love Story menceritakan seorang perempuan Indonesia bernama Caramel yang selalu ceria dan optimistis. Caramel seorang mahasiswa di salah satu universitas di London. la bekerja paruh waktu di sebuah kedai pizza pada seIa-sela waktunya sebagai mahasiswi. Keberadaan Caramel di London salah satunya untuk menghindari seseorang dari masa lalunya.     Di belahan Kota London yang sama adalah Dave seorang mahasiswa lndonesia. Suatu ketika Dave berada di tempat dan waktu yang salah. Dave harus menyelamatkan seorang gadis yang beusaha loncat dari jembatan. Gadis itu bemarna Adelle yang juga berasal dari Indonesia.     Cerita dalam novel London Love Story ini sangat unik dan nyentrik. Penulis menggambarkan bagian-bagian indah sesuai dengan latar tempat yang dipilih yaitu London. Namun, penulis juga tidak melupakan indahnya tanah air dengan mengangkat Pula Dewata. Sayangnya, novel ini seolah tidak memberikan titik temu yang jelas dengan penggambaran tokoh Caramel. Tokoh Caramel seolah menghilang tanpa ada alasan dan latar belakang yang jelas. Di dalam novel London Love Story juga ditemukan banyak typo.  (Disadur dari: https://thegorbalsia.com/contoh-resensi-novel-flksi-lengkap/, diunduh 30 Agustus 2019) Tentukan struktur teks ulasan tersebut!

Pertanyaan

Perhatikan teks ulasan berikut!


Judul buku: London Love Story 

Penulis: Tisa TS dan didampingi oleh Stanley Meulen

Penerbit: Loveable

Tahun terbit: 2015 

Tebal buku: 192 halaman 

    Pembuatan novel London Love Story berawal dari sebuah film berjudul sama yang skenarionya dirilis oleh Tisa T.S. Novel ini dibuat karena banyaknya permintaan penonton yang sudah menonton film tersebut. Novel ini berlatar belakang Kota London yang menggambarkan kesejukannya dan menampilkan beberapa tempat indah di sana. Selain itu, London Love Story ini mengangkat beberapa objek di Pulau Dewata BaIi. 

    Novel London Love Story menceritakan seorang perempuan Indonesia bernama Caramel yang selalu ceria dan optimistis. Caramel seorang mahasiswa di salah satu universitas di London. la bekerja paruh waktu di sebuah kedai pizza pada seIa-sela waktunya sebagai mahasiswi. Keberadaan Caramel di London salah satunya untuk menghindari seseorang dari masa lalunya.

    Di belahan Kota London yang sama adalah Dave seorang mahasiswa lndonesia. Suatu ketika Dave berada di tempat dan waktu yang salah. Dave harus menyelamatkan seorang gadis yang beusaha loncat dari jembatan. Gadis itu bemarna Adelle yang juga berasal dari Indonesia.

    Cerita dalam novel London Love Story ini sangat unik dan nyentrik. Penulis menggambarkan bagian-bagian indah sesuai dengan latar tempat yang dipilih yaitu London. Namun, penulis juga tidak melupakan indahnya tanah air dengan mengangkat Pula Dewata. Sayangnya, novel ini seolah tidak memberikan titik temu yang jelas dengan penggambaran tokoh Caramel. Tokoh Caramel seolah menghilang tanpa ada alasan dan latar belakang yang jelas. Di dalam novel London Love Story juga ditemukan banyak typo

(Disadur dari: https://thegorbalsia.com/contoh-resensi-novel-flksi-lengkap/, diunduh 30 Agustus 2019)


Tentukan struktur teks ulasan tersebut!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Struktur teks ulasan di atas sudah cukup lengkap, yaitu memiliki bagian identitas karya, orientasi, sinopsis, evaluasi. Identitas karya ditunjukkan dengan identitas judul buku, penulis, penerbit, tahun terbit dan tebal buku. Orientasi ditunjukkan oleh paragraf pertama karena berisi pengenalan tentang gambaran umum novel. Paragraf kedua dan ketiga merupakan bagian sinopsis karena berisi ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel. Lalu paragraf terakhir adalah bagian evaluasi yang memberikan paparan tentang kelebihan dan kekurangan novel tersebut. undefined 

230

3.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Bagian-bagian yang membangun sebuah teks sehingga menjadi suatu teks yang utuh disebut....

859

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia