Perhatikan teks esai berikut! Penyair Afif Affandi mengjritik kondisi kota dengan gaya berpuisi yang berbeda dengan Denny Mizhar [...] Sementara itu, Denny Mizhar dalam puisinya berjudul "Aku, Hun, dan Kota ini" mendeskripsikan kerusakan alam kota dengan sentuhan "romantis" karena "aku" mengajak "kau" untuk melakukan refleksi atas kota. Relasi privat yang berkesan romantis ini bukan menjadi tujuan utama dalam puisi Denny. Relasi dan posisi "Hun" ini hanya digunakan sebagai media membaca kota yang poranda. Atmosfer romantis dan lanskap degradasi alam kota adalah perpaduan yang memukau yang menciptakan antitesis menarik. Relasi mesra antara "aku" dan "Hun" ironisnya bertolak belakang dengan relasi antara pemilik wewenang atas kota dan alam di dalamnya. (Dikutip dari: Yusri Fajar, Sastra yang Melintasi Batas dan Identitas Sehimpunan Esai Sastra, Yogyakarta, Basabasi, 2017) Istilah antitesis dalam teks tersebut memiliki makna ...

Pertanyaan

Perhatikan teks esai berikut!


Penyair Afif Affandi mengjritik kondisi kota dengan gaya berpuisi yang berbeda dengan Denny Mizhar [...] Sementara itu, Denny Mizhar dalam puisinya berjudul "Aku, Hun, dan Kota ini" mendeskripsikan kerusakan alam kota dengan sentuhan "romantis" karena "aku" mengajak "kau" untuk melakukan refleksi atas kota. Relasi privat yang berkesan romantis ini bukan menjadi tujuan utama dalam puisi Denny. Relasi dan posisi "Hun" ini hanya digunakan sebagai media membaca kota yang poranda. Atmosfer romantis dan lanskap degradasi alam kota adalah perpaduan yang memukau yang menciptakan antitesis menarik. Relasi mesra antara "aku" dan "Hun" ironisnya bertolak belakang dengan relasi antara pemilik wewenang atas kota dan alam di dalamnya.

(Dikutip dari: Yusri Fajar, Sastra yang Melintasi Batas dan Identitas Sehimpunan Esai Sastra, Yogyakarta, Basabasi, 2017)


Istilah antitesis dalam teks tersebut memiliki makna ...undefined 

  1. perdebatanundefined 

  2. penolakanundefined 

  3. pertentanganundefined 

  4. perbedaanundefined 

  5. perselisihanundefined 

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan

Salah satu ciri kebahasaan dari esai adalah menggunakan kata teknis atau istilah. Istilah antitesis dalam paragraf esai tersebut bermakna 'pertentangan'.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

1rb+

5.0 (11 rating)

NILNA FAIZATUL LAILI

Makasih ❤️

Dara Amzani

Ini yang aku cari! Bantu banget Makasih ❤️

Pertanyaan serupa

Yang termasuk bagian pendahuluan dalam esai tersebut adalah paragraf...

48

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia