Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks esai berikut! Kajian poskolonial hingga kini terus menjadi perdebatan yang paling mendasar terkait dengan kata "poskolonial". Kata ini bermakna "setelah penjajahan" yang berarti berhubungan dengan periode ketika penjajahan berakhir yaitu ketika sebuah negara jajahan secara formal memproklamasikan atau memperoleh kemerdekaannya. Namun, kajian poskolonial tidak nisa dilepaskan dari era kolonial. Karya-karya sastra yang selama ini dimasukkan dalam karya sastra poskolonial dan dianalisis dalam karya sastra poskolonial dan dianalisis dengan teori poskolonial tidak hanya karya-karya yang mengambil latar waktu atau peristiwa setelah penjajahan berakhir secara formal—ketika negara jajahan memproklamasikan kemerdekaannya. Namun, karya-karya sastra yang diambil juga menggambarkan berbagai peristiwa di era penjajahan. (Disadur dari: Yusri Fajar, Sastra yang Melintasi Batas dan Identitas Sehimpunan Esai Sastra, Yogyakarta, Basabasi, 2017) Masalah yang dibahas dalam esai tersebut adalah ...

Perhatikan teks esai berikut!


Kajian poskolonial hingga kini terus menjadi perdebatan yang paling mendasar terkait dengan kata "poskolonial". Kata ini bermakna "setelah penjajahan" yang berarti berhubungan dengan periode ketika penjajahan berakhir yaitu ketika sebuah negara jajahan secara formal memproklamasikan atau memperoleh kemerdekaannya. Namun, kajian poskolonial tidak nisa dilepaskan dari era kolonial. Karya-karya sastra yang selama ini dimasukkan dalam karya sastra poskolonial dan dianalisis dalam karya sastra poskolonial dan dianalisis dengan teori poskolonial tidak hanya karya-karya yang mengambil latar waktu atau peristiwa setelah penjajahan berakhir secara formal—ketika negara jajahan memproklamasikan kemerdekaannya. Namun, karya-karya sastra yang diambil juga menggambarkan berbagai peristiwa di era penjajahan.

(Disadur dari: Yusri Fajar, Sastra yang Melintasi Batas dan Identitas Sehimpunan Esai Sastra, Yogyakarta, Basabasi, 2017)


Masalah yang dibahas dalam esai tersebut adalah  ... 


 

  1. Analisis karya pada masa penjajahan.undefined 

  2. Kemenangan setelah masa kemerdekaan.undefined 

  3. Penderitaan sebelum masa kemerdekaan.undefined 

  4. Kajian poskolonial masih menjadi perdebatan.undefined 

  5. Peristiwa-peristiwa pada masa penjajahan.undefined 

Iklan

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Iklan

Pembahasan

Gagasan utama merupakan gagasan penentu topik atau masalah yang dibahas dalam teks esai. Gagasan teks esai di atas terletak di awal paragraf yang membahas tentang masalahkajian poskolonial masih menjadi perdebatan. Jadi, jawaban yang tepat adalah D .

Gagasan utama merupakan gagasan penentu topik atau masalah yang dibahas dalam teks esai. Gagasan teks esai di atas terletak di awal paragraf yang membahas tentang masalah kajian poskolonial masih menjadi perdebatan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

805

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kutipan yang berisi argumentasi dari penulisan esai yang tepat adalah ...

49

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia