Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks di bawah ini! Katak termasuk hewan vertebrata (bertulang belakang) yang mengalami metamorfosis sempurna dala proses pertumbuhannya. Proses metamorfosis katak disebut metamorfosis sempurna karena bentuk tubuhnya sangat berbeda dari satu fase ke fase lainnya. Secara umum, metamorfosis katak melalui empat fase yaitu telur, kecebong atau berudu, katak muda dan katak dewasa. Fase telur, telur katak diperoleh dari hasil pembuahan luar sel telur betina oleh sel telur jantan. Telur kata biasanya ditemukan secara berkelompok karena disatukan oleh cairan semacam jel. Fase telur berlangsung selama 21 hari, kemudian menetas menjadi kecebong atau berudu. Fase berudu pada tahap awal, berudu akan memakan sisa makanan dari cangkangnya hingga fungsi tubuhnya memungkinkan untuk mencari makan sendiri. Berudu memiliki ekor panjang dan insang untuk bernafas. Setelah lima minggu berudu akan mengalami perubahan bentuk dengan munculnya dua kaki dan berkembangnya paru-paru. Fase katak muda, bentuk berudu semakin berkembang dengan muncul empat kaki, mulut melebar, insang hilang, ekornya memendek dan paru-parunya mulai berfungsi. Perubahan ini membuat berudu menjadi seekor katak muda. Fase ini berlangsung selama tiga minggu hingga katak muda berubah menjadi katak dewasa. Fase katak dewasa, tepat setelah 11 minggu telur diletakkan oleh induknya, telur katak sudah menjadi katak dewasa. Pada fase ini katak dewasa sudah siap melakukan perkembangbiakan kembali. Metamorfosis pada katak ini kemudian disebut sebagai metamorfosis sempurna. Proses metamorfosis ini berlangsung sekitar 11 minggu sejak katak betina bertelur. Berdasarkan teks laporan investigasi diatas, paragraf penjelas terletak pada paragraf....

Perhatikan teks di bawah ini!

    Katak termasuk hewan vertebrata (bertulang belakang) yang mengalami metamorfosis sempurna dala proses pertumbuhannya. Proses metamorfosis katak disebut metamorfosis sempurna karena bentuk tubuhnya sangat berbeda dari satu fase ke fase lainnya.

    Secara umum, metamorfosis katak melalui empat fase yaitu telur, kecebong atau berudu, katak muda dan katak dewasa. Fase telur, telur katak diperoleh dari hasil pembuahan luar sel telur betina oleh sel telur jantan. Telur kata biasanya ditemukan secara berkelompok karena disatukan oleh cairan semacam jel. Fase telur berlangsung selama 21 hari, kemudian menetas menjadi kecebong atau berudu.

    Fase berudu pada tahap awal, berudu akan memakan sisa makanan dari cangkangnya hingga fungsi tubuhnya memungkinkan untuk mencari makan sendiri. Berudu memiliki ekor panjang dan insang untuk bernafas. Setelah lima minggu berudu akan mengalami perubahan bentuk dengan munculnya dua kaki dan berkembangnya paru-paru.

    Fase katak muda, bentuk berudu semakin berkembang dengan muncul empat kaki, mulut melebar, insang hilang, ekornya memendek dan paru-parunya mulai berfungsi. Perubahan ini membuat berudu menjadi seekor katak muda. Fase ini berlangsung selama tiga minggu hingga katak muda berubah menjadi katak dewasa. Fase katak dewasa, tepat setelah 11 minggu telur diletakkan oleh induknya, telur katak sudah menjadi katak dewasa.

    Pada fase ini katak dewasa sudah siap melakukan perkembangbiakan kembali. Metamorfosis pada katak ini kemudian disebut sebagai metamorfosis sempurna. Proses metamorfosis ini berlangsung sekitar 11 minggu sejak katak betina bertelur.

Berdasarkan teks laporan investigasi diatas, paragraf penjelas terletak pada paragraf....

  1. 1 dan 2
     

  2. 1 dan 3

  3. 2 dan 4

     

  4. 3 dan 5

Iklan

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teks laporan investigasi diatas menjelaskan mengenai metamorfosis katak. Pada teks laporan investigasi diatas, paragraf penjelas terletak pada paragraf dua, tiga, dan empat. Pada ketiga paragraf tersebut menjelaskan setiap fase metamorfosis yang terjadi pada katak.

Teks laporan investigasi diatas menjelaskan mengenai metamorfosis katak. Pada teks laporan investigasi diatas, paragraf penjelas terletak pada paragraf dua, tiga, dan empat. Pada ketiga paragraf tersebut menjelaskan setiap fase metamorfosis yang terjadi pada katak.

49

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks di bawah ini! Saat Rani melakukan wawancara dengan Pak Tarno, Rani mulai mengerti bahwa nasi yang kita konsumsi setiap hari mengalami proses panjang untuk menghasilkannya. Mulai dar...

8

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia