Pertanyaan

Perhatikan teks berikut! Melati Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati termasuk salah satu genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun ( Oleaceae ). Di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai “puspa bangsa” atau simbol nasional, yaitu melati putih ( Jasminum sambac ), karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda. Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir ( J. officinale ). Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah nusantara. Bunga melati bermanfaat untuk bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga, dan bahan campuran atau pengharum teh, seperti teh melati yang populer di Indonesia. Air rendaman bunga yang telah bermalam digunakan sebagai penyegar untuk mencuci muka. Tapal daun-daun dari beberapa jenis melati dipakai untuk mengobati bisul dan sakit kulit. Daun-daun ini juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati seriawan dan pembengkakan gusi. Ekstrak akar beberapa jenis melati dimanfaatkan sebagai penurun demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya dipakai untuk mengatasi radang peparu, bronkitis, dan juga asma. Akar yang ditumbuk dijadikan tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang. Tingtur (ekstrak dalam alkohol) akar J. sambac memiliki khasiat kuat sebagai penenang (sedatif), anestetik, dan penyembuh luka. Alasan paragraf pertama merupakan bagian dari pernyataan umum teks laporan hasil observasi adalah …

Perhatikan teks berikut!

Melati

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati termasuk salah satu genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae).

Di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai “puspa bangsa” atau simbol nasional, yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda. Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir (J. officinale). Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah nusantara.

Bunga melati bermanfaat untuk bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga, dan bahan campuran atau pengharum teh, seperti teh melati yang populer di Indonesia. Air rendaman bunga yang telah bermalam digunakan sebagai penyegar untuk mencuci muka.

Tapal daun-daun dari beberapa jenis melati dipakai untuk mengobati bisul dan sakit kulit. Daun-daun ini juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati seriawan dan pembengkakan gusi.

Ekstrak akar beberapa jenis melati dimanfaatkan sebagai penurun demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya dipakai untuk mengatasi radang peparu, bronkitis, dan juga asma. Akar yang ditumbuk dijadikan tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang. Tingtur (ekstrak dalam alkohol) akar J. sambac memiliki khasiat kuat sebagai penenang (sedatif), anestetik, dan penyembuh luka.

Alasan paragraf pertama merupakan bagian dari pernyataan umum teks laporan hasil observasi adalah …   

  1. Paragraf tersebut berisi gambaran-gambaran bagian di dalam teks tersebut.

  2. Paragraf tersebut berisi penjelasan umum atau pengantar tentang hal yang akan dilaporkan.space

  3. Paragraf tersebut berisi uraian detail mengenai objek atau bagian-bagiannya.space

  4. Paragraf tersebut berisi penjelasan yang mendetail tentang jalannya penelitian, fenomena yang dibahas, rincian bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, dan sebagainya.space

  5. Paragraf tersebut berisi manfaat adanya laporan tentang tanaman melati.space 

S. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B. undefined  

Pembahasan

Teks di atas dinamakan teks laporan hasil observasi. Paragraf pertama termasuk bagian pernyataan umum. Bagian tersebut berisi penjelasan umum atau pengantar hal yang akan dilaporkan, dalam hal ini melati sebagai objek yang dilaporkan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Teks di atas dinamakan teks laporan hasil observasi. Paragraf pertama termasuk bagian pernyataan umum. Bagian tersebut berisi penjelasan umum atau pengantar hal yang akan dilaporkan, dalam hal ini melati sebagai objek yang dilaporkan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. undefined  

1rb+

Carelll

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan teks berikut! (1) Pupuk kandang merupakan pupuk yang paling mudah didapatkan. (2) Pupuk kandang ini bisa didapatkan dari kotoran hewan ternak, seperti ayam, kambing, kelinci, marmot, ...

1rb+

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia