Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut ini untuk soal nomor 1-2. Dahulu kala, hidup seorang janda tua yang miskin di sebuah desa kecil. Dia tinggal bersama putrinya yang sangat cantik, tetapi sangat malas dan sombong. Dia tidak pernah membantu ibunya dan tidak mau tahu masalah yang dihadapi sang ibu. Setiap hari, ia hanya berdandan dan memakai pakaian terbaiknya. Dia selalu ingin kelihatan kaya dan cantik. Suatu hari, ibu dan putrinya pergi ke pasar untuk membeli makanan. Pada awalnya, putri menolak untuk menemani ibunya, tetapi akhirnya dia mau menemani ibunya dengan memberikan satu syarat kepada ibunya. Dia akan ikut ke pasar jikan ibunya mau berjalan di belakangnya selama perjalanan. Meskipun hati ibunya sangat sedih, ibu setuju untuk berjalan di belakang putrinya. Dalam perjalanan ke pasar, semua orang mengagumi kecantikan gadis itu. Tapi mereka juga ingin tahu. Di belakang gadis cantik, ada seorang wanita tua dengan pakaian sederhana. Gadis dan ibunya terlihat sangat berbeda. “Halo, gadis cantik. Siapa wanita tua di belakang Anda? Apakah dia ibumu? “Tanya mereka. ”Tidak, dia bukan ibuku. Dia adalah pembantuku, “jawab gadis itu. Ibunya sangat sedih mendengar itu, tapi dia tidak berkata apa-apa. Dia bisa mengerti bahwa putrinya merasa malu. Gadis dan ibu itu bertemu orang lain. Sekali lagi mereka bertanya siapa wanita di belakang gadis cantik itu. Dan sekali lagi gadis itu menjawab bahwa ibunya adalah pembantunya. Dia selalu mengatakan bahwa ibunya adalah hamba-nya setiap kali ada orang bertanya. Akhirnya, sang ibu tak bisa menahan rasa sakit hati lagi. Ia berdoa kepada Tuhan untuk menghukum putrinya. Tiba-tiba, kaki gadis itu berubah menjadi batu. Perlahan-lahan, proses berlanjut ke bagian atas tubuh gadis itu. Gadis itu panik. “Ibu, maafkan aku! Ibu!” ia menangis dan meminta ibunya memaafkannya. Permintaan maaf putri itu sudah terlambat. Seluruh tubuhnya akhirnya menjadi batu besar. Sampai sekarang, orang masih bisa melihat air mata jatuh dari batu itu. Orang-orang kemudian menyebutnya batu menangis. Pernyataan yang tepat berdasarkan isi teks cerita di atas adalah …

Perhatikan teks berikut ini untuk soal nomor 1-2.

 

Dahulu kala, hidup seorang janda tua yang miskin di sebuah desa kecil. Dia tinggal bersama putrinya yang sangat cantik, tetapi sangat malas dan sombong. Dia tidak pernah membantu ibunya dan tidak mau tahu masalah yang dihadapi sang ibu. Setiap hari, ia hanya berdandan dan memakai pakaian terbaiknya. Dia selalu ingin kelihatan kaya dan cantik.

 

Suatu hari, ibu dan putrinya pergi ke pasar untuk membeli makanan. Pada awalnya, putri menolak untuk menemani ibunya, tetapi akhirnya dia mau menemani ibunya dengan memberikan satu syarat kepada ibunya. Dia akan ikut ke pasar jikan ibunya mau berjalan di belakangnya selama perjalanan. Meskipun hati ibunya sangat sedih, ibu setuju untuk berjalan di belakang putrinya.

 

Dalam perjalanan ke pasar, semua orang mengagumi kecantikan gadis itu. Tapi mereka juga ingin tahu. Di belakang gadis cantik, ada seorang wanita tua dengan pakaian sederhana. Gadis dan ibunya terlihat sangat berbeda.

 

“Halo, gadis cantik. Siapa wanita tua di belakang Anda? Apakah dia ibumu? “Tanya mereka.

 

”Tidak, dia bukan ibuku. Dia adalah pembantuku, “jawab gadis itu. Ibunya sangat sedih mendengar itu, tapi dia tidak berkata apa-apa. Dia bisa mengerti bahwa putrinya merasa malu.

 

Gadis dan ibu itu bertemu orang lain. Sekali lagi mereka bertanya siapa wanita di belakang gadis cantik itu. Dan sekali lagi gadis itu menjawab bahwa ibunya adalah pembantunya. Dia selalu mengatakan bahwa ibunya adalah hamba-nya setiap kali ada orang bertanya.

 

Akhirnya, sang ibu tak bisa menahan rasa sakit hati lagi. Ia berdoa kepada Tuhan untuk menghukum putrinya. Tiba-tiba, kaki gadis itu berubah menjadi batu. Perlahan-lahan, proses berlanjut ke bagian atas tubuh gadis itu. Gadis itu panik.

 

“Ibu, maafkan aku! Ibu!” ia menangis dan meminta ibunya memaafkannya.

 

Permintaan maaf putri itu sudah terlambat. Seluruh tubuhnya akhirnya menjadi batu besar. Sampai sekarang, orang masih bisa melihat air mata jatuh dari batu itu. Orang-orang kemudian menyebutnya batu menangis.

 

Pernyataan yang tepat berdasarkan isi teks cerita di atas adalah …

  1. Seorang janda yang tinggal bersama putrinya yang sangat cantik dan sangat rajin.
     

  2. Putri mengakui Ibunya di depan orang-orang yang ada di pasar.

  3. Tuhan menghukum Putri dengan mengubahnya menjadi batu.

     

  4. Putri tidak pernah mau meminta maaf kepada Ibunya.

Iklan

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pilihan jawaban C lebih tepat karena dapat dibuktikan pada kalimat Akhirnya, sang ibu tak bisa menahan rasa sakit hati lagi. Ia berdoa kepada Tuhan untuk menghukum putrinya. Tiba-tiba, kaki gadis itu berubah menjadi batu. Perlahan-lahan, proses berlanjut ke bagian atas tubuh gadis itu. Gadis itu panik.

Pilihan jawaban C lebih tepat karena dapat dibuktikan pada kalimat Akhirnya, sang ibu tak bisa menahan rasa sakit hati lagi. Ia berdoa kepada Tuhan untuk menghukum putrinya. Tiba-tiba, kaki gadis itu berubah menjadi batu. Perlahan-lahan, proses berlanjut ke bagian atas tubuh gadis itu. Gadis itu panik.

Latihan Bab

Tema 8 Subtema 1: Lingkungan Tempat Tinggalku

Tema 8 Subtema 2: Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Tema 8 Subtema 3: Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

105

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bandung Bondowoso merupakan tokoh …

100

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia