Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut! Dalam perjalanan, istriku terus bertanya-tanya. Apa yang sudah menyebabkan aku berbaik pikiran. Menurut dia, sudah betul apa yang aku putuskan. Menurut istriku, orang kaya itu adalah teroris yang berbuat seenak perutnya sendiri saja. Tanpa punya bukti dia dengan seenak perutnya main tuduh mengatakan aku sudah makan uang warga. Dan itu menyangkut nilai sampai setengah. Padahal, uang itu tidak hilang, tapi dipinjamkan oleh bendahara pada warga yang memerlukan atas persetujuan panitia pembangunan sekolah itu sendiri. Dan orang kaya itu termasuk anggotanya, tapi tidak pernah hadir dalam rapat. Belum apa-apa, ia sudah mengundang wartawan dan berkoar-koar. Maksudnya jelas, ingin menarik simpati masyarakat karena ia ingin terpilih menjadi caleg. Akibatnya, masyarakat marah. Hampir saja, ia didemo. Tapi, atas kesalahannya itu, ia sama sekali tidak merasa bersalah. Malah menuduh warga yang berusaha memfitnah dia. Dia berkoar-koar lagi di mana-mana mengatakan sudah diacuhin warga. ("Maaf" Putu Wijaya) Masalah yang tidak terdapat pada penggalan cerpen tersebut adalah . . .

Perhatikan teks berikut!


Dalam perjalanan, istriku terus bertanya-tanya. Apa yang sudah menyebabkan aku berbaik pikiran. Menurut dia, sudah betul apa yang aku putuskan. Menurut istriku, orang kaya itu adalah teroris yang berbuat seenak perutnya sendiri saja. Tanpa punya bukti dia dengan seenak perutnya main tuduh mengatakan aku sudah makan uang warga. Dan itu menyangkut nilai sampai setengah. Padahal, uang itu tidak hilang, tapi dipinjamkan oleh bendahara pada warga yang memerlukan atas persetujuan panitia pembangunan sekolah itu sendiri. Dan orang kaya itu termasuk anggotanya, tapi tidak pernah hadir dalam rapat. Belum apa-apa, ia sudah mengundang wartawan dan berkoar-koar. Maksudnya jelas, ingin menarik simpati masyarakat karena ia ingin terpilih menjadi caleg. Akibatnya, masyarakat marah. Hampir saja, ia didemo. Tapi, atas kesalahannya itu, ia sama sekali tidak merasa bersalah. Malah menuduh warga yang berusaha memfitnah dia. Dia berkoar-koar lagi di mana-mana mengatakan sudah diacuhin warga.

("Maaf" Putu Wijaya)


Masalah yang tidak terdapat pada penggalan cerpen tersebut adalah . . .

  1. tuduhan tokoh orang kaya kepada wargaundefined

  2. kemarahan masyarakat terhadap tokoh orang kayaundefined

  3. konflik rumah tanggaundefined

  4. tokoh orang kaya yang sudah memfitnah tokoh aku

  5.   kekesalan tokoh istri kepada tokoh orang kayaundefined

Iklan

I. Yassa

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

yang tidak ada kaitannya dengan cerpen adalah C.

yang tidak ada kaitannya dengan cerpen adalah C.

Iklan

Pembahasan

Masalah yang tidak ada kaitannya dengan penggalan cerpen tersebut adalah konflik rumah tangga, yang mana suaminyasebagai pejabat desa difitnah memakai uang warga. Dalam hal itu istri pejabat tersebut bertanya-tanya apa yang membuat suaminya berbaik pikiran. Jadi, yang tidak ada kaitannya dengan cerpen adalah C.

Masalah yang tidak ada kaitannya dengan penggalan cerpen tersebut adalah konflik rumah tangga, yang mana suaminya sebagai pejabat desa difitnah memakai uang warga. Dalam hal itu istri pejabat tersebut bertanya-tanya apa yang membuat suaminya berbaik pikiran.

Jadi, yang tidak ada kaitannya dengan cerpen adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

35

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Suminah teringat suara anaknya, Titin. "Ibu memang egois, apa begitu besar kesalahan saya, Bu, sampai-sampai ibu tidak bisa memaafkan saya," lanjut Titin. "Titin benar", Suminah membatin. Tetapi, haru...

7

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia