Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut! (1) Saat kondisi perekonomian global tengah mengalami krisis, pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan hasil yang positif. (2) Jika dibandingkan, ekonomi Indonesia meningkat kurang lebih 6,4 persen pada triwulan kedua tahun ini. (3) Peningkatan ini tetap masih terpusat di Pulau Jawa dengan peningkatan sebesar 57,5 persen. (4) Itulah sebabnya pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dinilai mengalami anomali. (Sumber: diadaptasi dari www.notepam.com ) Kalimat fakta dalam kutipan teks di atas ditunjukkan oleh kalimat nomor ….

Perhatikan teks berikut!


    (1) Saat kondisi perekonomian global tengah mengalami krisis, pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan hasil yang positif. (2) Jika dibandingkan, ekonomi Indonesia meningkat kurang lebih 6,4 persen pada triwulan kedua tahun ini. (3) Peningkatan ini tetap masih terpusat di Pulau Jawa dengan peningkatan sebesar 57,5 persen. (4) Itulah sebabnya pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dinilai mengalami anomali.

(Sumber: diadaptasi dari www.notepam.com)


Kalimat fakta dalam kutipan teks di atas ditunjukkan oleh kalimat nomor ….   

  1. (1) undefined  

  2. (2) undefined  

  3. (1) dan (2) undefined  

  4. (2) dan (3) undefined  

  5. (3) dan (4) undefined  

Iklan

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D. undefined  

Iklan

Pembahasan

Kalimat fakta merupakan kalimat yang di dalamnya terdapat sebuah informasi yang dapat dibuktikan kebenarannya. Salah satu ciri kalimat fakta adalah bersifat kuantitatif (mengandung angka). Kalimat fakta dalam kutipan teks di atas ditunjukkan oleh kalimat (2) dan (3). Sementara itu, kalimat (1) dan (4) termasuk kalimat opini atau kalimat yang mengandung pendapat. Pendapat yang disampaikan penulis terdapat pada kalimat (1) dan kalimat (4). Pada kalimat (1) penulis berpendapat bahwa perekonomian Indonesia menunjukkan hasil yang positif , sedangkan pada kalimat (4) penulis berpendapat bahwa ekonomi Indonesia dapat dinilai mengalami anomali. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Kalimat fakta merupakan kalimat yang di dalamnya terdapat sebuah informasi yang dapat dibuktikan kebenarannya. Salah satu ciri kalimat fakta adalah bersifat kuantitatif (mengandung angka). Kalimat fakta dalam kutipan teks di atas ditunjukkan oleh kalimat (2) dan (3). Sementara itu, kalimat (1) dan (4) termasuk kalimat opini atau kalimat yang mengandung pendapat. Pendapat yang disampaikan penulis terdapat pada kalimat (1) dan kalimat (4). Pada kalimat (1) penulis berpendapat bahwa perekonomian Indonesia menunjukkan hasil yang positif, sedangkan pada kalimat (4) penulis berpendapat bahwa ekonomi Indonesia dapat dinilai mengalami anomali.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. undefined  

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksposisi

Kebahasaan Teks Eksposisi

Analisis Teks Eksposisi

Menyusun Teks Eksposisi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks eksposisi berikut ini! Bencana alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memperhatikan potensi bencana. Misalnya,...

626

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia