Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut! (1) Pemerintah berniat menumbuhkan perekonomian masyarakat. (2) Salah satu hal yang dilakukan pemerintah adalah melakukan beberapa pembangunan fasilitas umum yang diprediksi akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. (3) Salah satu contohnya adalah pembangunan bandara di Kulon Progo, Yogyakarta. (4) Pembangunan tersebut tentu sangat paradoks: jika memang bandara tersebut di bangun dengan tujuan menyejahterakan masyarakat, pemerintah seharusnya tidak membiarkan bandara dibangun di atas lahan milik warga sekitar. (Sumber: diadaptasi dari moondoggiesmusic.com ) Kalimat opini dalam kutipan teks di atas ditunjukkan oleh kalimat nomor ….

Perhatikan teks berikut!

(1) Pemerintah berniat menumbuhkan perekonomian masyarakat. (2) Salah satu hal yang dilakukan pemerintah adalah melakukan beberapa pembangunan fasilitas umum yang diprediksi akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. (3) Salah satu contohnya adalah pembangunan bandara di Kulon Progo, Yogyakarta. (4) Pembangunan tersebut tentu sangat paradoks: jika memang bandara tersebut di bangun dengan tujuan menyejahterakan masyarakat, pemerintah seharusnya tidak membiarkan bandara dibangun di atas lahan milik warga sekitar.

(Sumber: diadaptasi dari moondoggiesmusic.com)

 

Kalimat opini dalam kutipan teks di atas ditunjukkan oleh kalimat nomor ….   

  1. (1) undefined  

  2. (2) undefined  

  3. (3) undefined  

  4. (4) undefined  

  5. (1) dan (4) undefined  

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D. undefined  

Iklan

Pembahasan

Kalimat opini merupakan kalimat yang mengandung pikiran atau pendapat penulis. Kalimat opini yang dalam kutipan teks di atas terdapat pada kalimat (4). Opini yang disampaikan penulis adalah pembangunan tersebut tentu sangat paradoks. Frasa sangat paradoks menunjukkan penilaian penulis terhadap pembangunan yang sedang dilaksanakan pemerintah. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Kalimat opini merupakan kalimat yang mengandung pikiran atau pendapat penulis. Kalimat opini yang dalam kutipan teks di atas terdapat pada kalimat (4). Opini yang disampaikan penulis adalah pembangunan tersebut tentu sangat paradoks. Frasa sangat paradoks menunjukkan penilaian penulis terhadap pembangunan yang sedang dilaksanakan pemerintah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. undefined  

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksposisi

Kebahasaan Teks Eksposisi

Analisis Teks Eksposisi

Menyusun Teks Eksposisi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

292

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks eksposisi berikut ini! Bencana alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memperhatikan potensi bencana. Misalnya,...

626

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia