Roboguru

Perhatikan tabel massa jenis beberapa zat yang wujudnya berbeda berikut! Berdasarkan data tersebut, jika keempat zat dimasukkan ke dalam bejana, gambar yang benar adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan tabel massa jenis beberapa zat yang wujudnya berbeda berikut!

Berdasarkan data tersebut, jika keempat zat dimasukkan ke dalam bejana, gambar yang benar adalah ...space 

Pembahasan Soal:

Hukum Archimedes adalah sebuah hukum fisika yang menjelaskan hubungan gaya berat dengan gaya keatas pada benda yang dimasukkan ke dalam zat cair. Pada Hukum Archimedes, terdapat tiga keadaan benda ketika benda di celupkan ke dalam zat cair. keadaan tersebut yaitu terapung, melayang dan tenggelam. Dalam permasalahan ini, untuk menentukan posisi benda atau zat cair dapat dilakukan dengan membandingkan massa jenis benda dengan massa jenis zat cair atau massa jenis zat cair dengan massa jenis zat cair lain. Ingat untuk dapat terapung benda harus memenuhi syarat ρbenda<ρair, untuk dapat melayang benda harus memenuhi syarat ρbenda=ρair dan untuk dapat tenggelam dalam suatu fluida benda harus memenuhi syarat ρbenda>ρair. Hal ini berarti benda maupun zat cair yang memiliki massa jenis lebih rendah akan menempati posisi diatas zat cair lain. Sehingga apabila membandingkan massa jenis zat cair 1 dan 2, karena nilai massa jenis zat cair 2 lebih kecil dibandingkan massa jenis zat cair 1 (820kg/m3<1000kg/m3) maka posisi zat cair 2 akan berada di atas zat cair 1. Selanjutnya, karena nilai massa jenis benda 4 lebih besar dibandingkan massa jenis benda 1 (2700kg/m3>1000kg/m3) maka benda 4 akan berada pada posisi tenggelam di dalam zat cair 1. dan karena nilai massa jenis benda 3 lebih kecil dari massa jenis zat cair 1 namun lebih besar dibandingkan massa jenis zat cair 2 1000kg/m3>920kg/m3>820kg/m3 maka posisi benda 3 akan terapung pada zat cair 1 namun tenggelam pada zat cair 2 atau dapat disebut melayang diantara 2 zat cair. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan jawaban A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

J. Khairina

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah kesimpulan yang dapat diambil dari percobaan pembuktian peristiwa melayang, tenggelam, dan terapung dengan menggunakan telur, garam, dan air?

Pembahasan Soal:

Kesimpulan yang dapat diambil dari percobaan ini yaitu penambahan garam memperbesar massa jenis air. Massa jenis air yang awalnya lebih kecil dari massa jenis telur menjadi lebih besar dari massa jenis telur. Hal inilah yang mengakibatkan telur yang awalnya tenggelam dapat melayang dan terapung di dalam air.

0

Roboguru

Jelaskan pengaruh penambahan garam pada percobaan pembuktian peristiwa melayang, tenggelam, dan terapung dengan bahan telur, garam, dan air!

Pembahasan Soal:

Jawab :

Penambahan garam akan mengubah massa jenis air menjadi semakin besar. Pada keadaan awal telur tenggelam karena massa jenis telur lebih besar dari massa jenis air. Saat telur melayang, massa jenis telur sama dengan massa jenis air. Saat telur terapung massa jenis air lebih besar dari massa jenis telur. Perubahan massa jenis air ini disebabkan karena penambahan garam secara terus menerus yang menyebabkan massa jenis air semakin besar.

Jadi pengaruh penambahan garam pada percobaan telur terapung, melayang dan tenggelam adalah dengan penambahan garan menyebabkan massa jenis bertambah sehingga mempengaruhi keadaan telur di dalam air.

0

Roboguru

Apa yang dimaksud tenggelam, melayang, dan terapung?

Pembahasan Soal:

Perbedaan peristiwa terapung, melayang, dan tenggelam diperlihatkandalam tabel berikut ini:

Maka tenggelam adalah seluruh benda berada di dalam zat cair menyentuh dasar, melayang adalah seluruh benda tercelup namun tidak menyentuh dasar, dan terapung adalah sebagian benda tercelup di dalam zat cair.

0

Roboguru

Perhatikan tabel massa jenis beberapa zat berikut! No Jenis benda Massa jenis (g/cm3) 1 Es 0,92 2 Besi 7,8 3 Alumunium 2,7 4 ...

Pembahasan Soal:

Kedudukan benda dalam suatu zat cair ditentukan oleh massa jenis benda dan massa jenis zat cair tersebut.

  • Mengapung: Terjadi jika massa jenis benda lebih kecil dari massa jenis zat cair
  • Melayang: Terjadi jika massa jenis benda sama dengan dari massa jenis zat cair
  • Tenggelam: Terjadi jika massa jenis benda lebih besar dari massa jenis zat cair

Oleh karena itu, besi dan alumunium akan tenggelam di dalam air, sementara es akan mengapung. Lebih lanjut lagi, ketiga benda tersebut, besi, alumunium, dan es, akan tenggelam di dalam minyak karena massa jenis ketiganya lebih besar dari minyak,

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Tuliskan syarat agar suatu benda dapat mengapung, melayang, dan tenggelam.

Pembahasan Soal:

  • Pada kasus mengapung, volume benda yang memindahkan cairan lebih kecil daripada volume benda sehingga massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis cairan. (ρb<ρf)
  • Pada kasus melayang, volume benda yang memindahkan cairan sama dengan volume benda sehingga massa jenis benda sama dengan massa jenis cairan. (ρb=ρf)
  • Pada kasus tenggelam, benda tercelup seluruhnya dalam cairan sehingga massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis cairan. (ρb>ρf)

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved