Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mery membagi 30 pot tanaman X dengan kondisi yang sama menjadi 10 pot tanaman per kelompok, dengan masing-masing kelompok diperlakukan dengan berbagai jenis cahaya. Setelah sebulan, masing-masing kelompok berbunga yang ditunjukkan dalam tabel di bawah ini: Berdasarkan informasi di atas, deskripsi yang benar mengenai tanaman X adalah ….

Mery membagi 30 pot tanaman X dengan kondisi yang sama menjadi 10 pot tanaman per kelompok, dengan masing-masing kelompok diperlakukan dengan berbagai jenis cahaya. Setelah sebulan, masing-masing kelompok berbunga yang ditunjukkan dalam tabel di bawah ini:

Berdasarkan informasi di atas, deskripsi yang benar mengenai tanaman X adalah ….

  1. tumbuhan X adalah tanaman berhari pendek

  2. panjang gelap kritis yang dibutuhkan oleh tumbuhan X untuk berbunga kurang dari 10 jam

  3. jika kelompok III diberi perlakuan gelap satu menit di tengah periode cahaya, setelah satu bulan, sebagian besar tanaman dalam kelompok ini akan berbunga

  4. jika kelompok II diberi satu menit cahaya merah, di tengah-tengah periode, sebagian besar tanaman dalam kelompok ini tidak akan berbunga setelah satu bulan.

  5. jika tunas apikal dari kelompok I dihilangkan sebelum pemberian cahaya, maka sebagian besar tanaman tidak akan menghasilkan florigen yang dibutuhkan untuk berbunga setelah pemberian cahaya

Iklan

N. Shoimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ketika meristem apikal dihilangkan, maka sebagian besar tanaman tidak akan menghasilkan florigen. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah E.

ketika meristem apikal dihilangkan, maka sebagian besar tanaman tidak akan menghasilkan florigen. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa tanaman X merupakan tanaman berhari netral (netral day plant) .Tanaman yang tumbuh di daerah tropik yang mengalami 12 jam siang dan 12 jam malam dapat berbunga terus-menerus sepanjang tahun. Perlakuan II menyebabkan adanya tumbuhan yang tidak berbunga sedangkan perlakuanIII pada tanaman X tidak dihasilkan bunga. Hal ini dikarenakan panjang siang lebih panjang dibandingkan panjang malam. Informasi yang tepat berdasarkan informasi di atas adalah jika tunas apikal dari kelompok I dihilangkan sebelum pemberian cahaya maka sebagian besar tanaman tidak akan menghasilkan florigen. Florigen adalah hormon tumbuhan yang merangsang pembentukan bunga. Hormon ini diproduksi di daun, dan bertindak dalam meristem apikal tunas. Jadi, ketika meristem apikal dihilangkan, maka sebagian besar tanaman tidak akan menghasilkan florigen. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah E.

Berdasarkan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa tanaman X merupakan tanaman berhari netral (netral day plant). Tanaman yang tumbuh di daerah tropik yang mengalami 12 jam siang dan 12 jam malam dapat berbunga terus-menerus sepanjang tahun. Perlakuan II menyebabkan adanya tumbuhan yang tidak berbunga sedangkan perlakuan III pada tanaman X tidak dihasilkan bunga. Hal ini dikarenakan panjang siang lebih panjang dibandingkan panjang malam. Informasi yang tepat berdasarkan informasi di atas adalah jika tunas apikal dari kelompok I dihilangkan sebelum pemberian cahaya maka sebagian besar tanaman tidak akan menghasilkan florigen. Florigen adalah hormon tumbuhan yang merangsang pembentukan bunga. Hormon ini diproduksi di daun, dan bertindak dalam meristem apikal tunas. Jadi, ketika meristem apikal dihilangkan, maka sebagian besar tanaman tidak akan menghasilkan florigen. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah E.

Latihan Bab

Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Proses Perkecambahan

Jenis-jenis Perkecambahan

Jenis-jenis Pertumbuhan pada Tumbuhan

173

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apabila tumbuhan diletakkan pada tempat yang kekurangan cahaya, pertumbuhannya cenderung lebih cepat. Peristiwa inidisebut ....

201

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia