Roboguru

Perhatikan tabel hasil pemeriksaan urine seorang pasien berikut! Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pasien tersebut menderita ....

Pertanyaan

Perhatikan tabel hasil pemeriksaan urine seorang pasien berikut!

Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pasien tersebut menderita ....undefined 

  1. glukouriaundefined 

  2. hematuria

  3. albuminuriaundefined 

  4. hematuria dan batu ginjalundefined 

  5. albuminuria dan gagal ginjalundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Berdasarkan tabel hasil pemeriksaan urine pasien tersebut, terlihat adanya darah pada urine sekunder. Terdapat 3 tahapan utama pembentukan urine yang meliputi filtrasi yang akan menghasilkan urin primer, augmentasi yang akan menghasilkan urine sekunder, dan reabsorpsi yang akan menghasilkan urine yang sesungguhnya. Adanya darah menunjukkan adanya gangguan pada proses filtrasi. Hal ini terjadi dikarenakan pasien yang bersangkutan mengalami gangguan pada ginjal yaitu hematuria. Hematuria adalah penyakit yang ditandai dengan adanya darah di urin.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Dwi

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan beberapa penyakit yang berhubungan dengan sistem ekskresi pada manusia!

Pembahasan Soal:

Sistem ekskresi adalah sekumpulan organ yang berfungsi untuk mengolah dan mengeluarkan sisa metabolisme dari dalam tubuh. Sistem ekskresi dapat mengalami gangguan. Terdapat beberapa penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi ginjal manusia, diantaranya adalah :

  1. Diabetes melitus yaitu penyakit dimana terdapat kandungan glukosa di dalam urin, hal ini disebabkan karena kurangnya kadar insulin untuk mengatur kadar glukosa dalam darah atau karena memang tubuh memiliki kandungan glukosa yang berlebihan.
  2. Diabetes insipidus yaitu penyakit dimana seseorang terlalu banyak mengeluarkan urin, hal ini disebabkan karena kurangnya kadar hormon ADH (Antidiuretik) yang berfungsi mengatur penyerapan cairan dalam tubuh.
  3. Nefritis yaitu peradangan pada nefron ginjal, bisa disebabkan oleh adanya infeksi.
  4. Hematuria adalah penyakit yang ditandai dengan keluarnya darah pada urin, dapat diakibatkan oleh adanya kerusakan pada glomerulus yang tidak bisa menyaring sel darah.
  5. Albuminuria yaitu adanya kandungan protein albumin pada urin, penyakit ini juga diakibatkan karena adanya kerusakan pada glomerulus yang tidak bisa menyaring protein albumin.

Dengan demikian, beberapa penyakit yang dapat terjadi pada organ ekskresi diantaranya diabetes melitus, diabetes insipidus, nefritis, hematuria, dan albuminuria. 

0

Roboguru

Sebutkan macam-macam penyakit dan gangguan pada sistem ekskresi manusia!

Pembahasan Soal:

Sistem ekskresi adalah sistem tubuh yang bertanggung jawab untuk proses pengeluaran zat sisa metabolisme yang berbahaya bagi tubuh. Beberapa gangguan pada sistem ekskresi yaitu:space space 

  1. Diabetes insipidus
  2. Nefritis
  3. Oliguria
  4. Hematuria
  5. Albuminuriaspace space 

0

Roboguru

Jelaskan 4 kelainan atau gangguan pada ginjal!

Pembahasan Soal:

Ginjal manusia dapat mengalami gangguan dan kelainan, antara lain karena serangan bakteri, tumor, abnormalitas bentuk ginjal, atau pembentukan batu ginjal. Kelainan atau gangguan fungsi ginjal antara lain sebagai berikut.space

  1. Nefritis
    Nefritis adalah kerusakan bagian glomerulus ginjal yang biasa disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Nefritis mengakibatkan seseorang menderita uremia dan oedema. Uremia adalah masuknya kembali asam urin dan urea ke pembuluh darah. Oedema adalah penimbunan air di kaki karena reabsorpsi air terganggu.
     
  2. Albuminuria
    Albuminuria adalah ditemukannya albumin pada urin. Adanya albumin dalam urin merupakan indikasi adanya kerusakan pada membran kapsul endotelium. Selain itu dapat juga disebabkan oleh iritasi sel-sel ginjal karena masuknya substansi seperti racun bakteri, eter, atau logam berat.
     
  3. Hematuria
    Hematuria adalah ditemukannya sel darah merah dalam urin. Hematuria disebabkan peradangan pada organ urinaria atau iritasi akibat gesekan pada batu ginjal.
     
  4. Diabetes Melitus
    Diabetes melitus adalah penyakit yang muncul karena pankreas tidak menghasilkan atau hanya menghasilkan sedikit sekali insulin. Insulin adalah hormon yang mampu mengubah glukosa menjadi glikogen sehingga mengurangi kadar gula dalam darah.space 

0

Roboguru

Sebutkan 5 gangguan dan kelainan pada sistem ekskresi!

Pembahasan Soal:

Berikut merupakan 5 gangguan pada sistem ekskresi:

  1. Diabetes insipidus, adalah kelainan pada osmoregulasi nefron ginjal yang ditandai dengan rasa haus yang berlebih dan produksi urin yang lebih banyak dari normal. Kelainan ini erat kaitannya dengan hormon vasopresin (ADH). ADH berfungsi menjaga homeostasis air dengan mengatur seberapa banyak air diabsorpsi dari nefron. Kegagalan tubuh dalam memproduksi ADH yang cukup atau kegagalan nefron dalam merespon ADH, menyebabkan air yang diabsorpsi sedikit dan urin yang dihasilkan encer dengan volume besar.
  2. Diabetes melitus, adalah kelainan yang ditandai dengan kadar glukosa darah yang relatif tinggi. Keadaan ini disebabkan karena sel target, seperti hepatosit (sel hati), tidak mampu mentranspor glukosa ke dalam sel dalam laju yang cukup, sehingga glukosa tetap beredar dalam darah. Transpor glukosa ke dalam sel diregulasi oleh hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Berdasarkan letak kerusakannya, diabetes melitus dibagi menjadi tipe I dan II. Diabetes melitus tipe I, disebabkan oleh kelainan genetik, yang mengakibatkan pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin yang cukup. Diabetes melitus tipe II, lebih disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, yang mengakibatkan rusaknya (atau disensitasi) reseptor insulin pada sel target. Hal ini menyebabkan sel target tidak mampu mengenali insulin dan tidak dapat mentranspor glukosa ke dalam sel.
  3. Nefritis, adalah peradangan pada ginjal yang dapat merusak glomerulus, tubulus ginjal, ataupun jaringan ikat di sekitarnya. Nefritis pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus sp. Peradangan pada nefron mengakibatkan terganggunya proses filtrasi darah dan pembentukan urin. Pada kasus kronik, nefritis dapat menyebabkan penumpukan metabolit dalam darah hingga gagal ginjal.
  4. Hematuria, adalah kelainan yang ditandai dengan adanya darah, baik terlihat maupun mikroskopis, dalam urin karena rusaknya nefron, terutama glomerulus. Umumnya, hematuria adalah akibat dari penyakit lain, seperti nefritis, batu ginjal, atau kanker prostat.
  5. Albuminuria, adalah kelainan yang ditandai dengan adanya protein albumin dalam urin. Albumin adalah protein utama pada plasma darah. Albumin merupakan protein relatif besar yang pada keadaan normal tidak dapat menembus filtrasi glomerulus. Sehingga ditemukannya albumin dalam urin menandakan adanya kerusakan pada nefron. Seperti hematuria, albuminuria merupakan komplikasi dari penyakit lain, seperti nefritis atau diabetes kronik.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut ini!   Pernyataan yang tepat terkait 2 jenis gangguan pada sistem ekskresi seperti tampak pada tabel di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Tabel di atas memperlihatkan dua jenis kelainan pada sistem ekskresi yang berbeda yaitu Nefrolitiasis atau batu ginjal (tabel A) serta Nefritis (tabel B). Nefrolitiasis atau batu ginjal merupakan kelainan yang menyebabkan terbentuknya kristal batu di dalam ginjal yang dapat disebabkan karena dalam urin mengandung lebih banyak zat pembentuk kristal seperti kalsium oksalat dan asam urat dibandingkan cairan. Sedangkan Nefritis merupakan peradangan pada ginjal yang dapat terjadi pada glomerulus, ruang interstisial maupun menjalar dari kandung kemih. Adapun penyebabnya Nefritis diantaranya karena gangguan kekebalan tubuh, infeksi bakteri seperti bakteri E. coli, Streptococcus, dan reaksi alergi terhadap obat-obatan tertentu.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved