Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Upaya diplomasi yang dilakukan Indonesia-Belanda ditunjukkan oleh pasangan ...

Pertanyaan

Perhatikan tabel berikut!

Upaya diplomasi yang dilakukan Indonesia-Belanda ditunjukkan oleh pasangan ...

  1. X1, X2, dan Y1

  2. X1, ХЗ, dan Y2

  3. Х2, Y2, dan Y3

  4. X3, Y1, dan Y3

Pembahasan Soal:

Berikut ini upaya diplomasi yang dilakukan Indonesia-Belanda:

  1. Perundingan Linggarjati dilakukan pada tanggal 10-15 November 1946 antara Indonesia dan Belanda. Perundingan ini dilakukan di Linggarjati, sebuah kota kecil 21 km sebelah selatan Cirebon. Pada perundingan Linggarjati tersebut pihak Belanda diwakili oleh tim Komisi Jenderal yang dipimpin oleh Wim Schermerhon dengan anggota H.J. van Mook dan Lord Killearn dari pihak Inggris bertindak sebagai moderator. Sedangkan pihak Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir. Perundingan Linggarjati menghasilkan 17 pasal. Hasil perundingan Linggarjati menimbulkan reaksi di berbagai daerah, ada yg pro dan ada yang kontra.
  2. Perjanjian Renville adalah perjanjian antara Indonesia dengan Belanda yang terjadi pada tanggal 18 Desember 1947 sampai 17 Januari 1948 di atas geladak kapal perang Amerika Serikat sebagai tempat netral USS Renville, yang berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Perundingan dimulai pada tanggal 8 Desember 1947 dan ditengahi oleh Komisi Tiga Negara (KTN), Committee of Good Offices for Indonesia, yang terdiri dari Amerika Serikat, Australia, dan Belgia.
  3. Perjanjian Roem-Roijen (juga disebut Perjanjian Roem-Van Roijen) adalah sebuah perjanjian antara Indonesia dengan Belanda yang dimulai pada tanggal 14 April 1949 dan akhirnya ditandatangani pada tanggal 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta. Namanya diambil dari kedua pemimpin delegasi, Mohammad Roem dan Herman van Roijen. Maksud pertemuan ini adalah untuk menyelesaikan beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia sebelum Konferensi Meja Bundar di Den Haag pada tahun yang sama.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hasil perundingan yang menyepakati bahwa Belanda harus mengembalikan ibu kota negara Indonesia ke Yogyakarta dan juga mengembalikan para tawanan politik Indonesia adalah salah satu isi kesepakatan yan...

Pembahasan Soal:

Setelah Belanda melakukan Agresi Militer II, ibu kota Indonesia di Yogyakarta harus jatuh ke tangan Belanda. Selain itu, para pejabat politik Indonesia turut ikut ditahan dan dibuang ke beberapa daerah. Hal yang dilakukan Belanda tersebut ternyata mendapat kecaman dari dunia internasional, PBB terus menekan Belanda agar kembali membuka perundingan dengan Indonesia. Melalui perantara UNCI akhirnya terjadilah perundingan yang dikenal dengan Perundingan Roem-Royen. Dalam perundingan ini, salah satu pembahasannya adalah Belanda harus mengembalikan ibu kota Indonesia kembali ke Yogyakarta dan juga melepas sekaligus mengembalikan para tawanan politik Indonesia yang ditahan oleh Belanda.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. space 

1

Roboguru

Perjanjian Roem-Royen yang dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 1949 menghasilkan beberapa kesepakatan, salah satunya ....

Pembahasan Soal:

Perundingan Roem-Royen yang diselenggarakan pada tanggal 7 Mei 1949 menghasilkan beberapa keputusan, di antaranya:

  1. Menghentikan perang gerilya
  2. Bekerja sama dalam mengembalikan perdamaian dan menjaga ketertiban dan keamanan
  3. Turut serta dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag untuk melanjutkan penyerahan kedaulatan lengkap dan tidak bersyarat kepada negara Indonesia

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. space 

 

0

Roboguru

Sebutkan hasil perundingan Roem Royen ?

Pembahasan Soal:

Hasil dari perjanjian atau perundingan Roem Royen bagi Indonesia adalah: 1. Tentara bersenjata Republik Indonesia harus menghentikan aktivitas gerilya. 2. Pemerintah Republik Indonesia turut serta dalam Konferensi meja Bundar. 3. Kembalinya pemerintahan Republik Indonesia ke Yogyakarta. 4. Angkatan bersenjata Belanda menghentikan operasi militer dan membebaskan tawanan politik.

Sedangkan, hasil dari perundingan Roem Royen bagi Belanda adalah: 1. Menyetujui kembalinya pemerintahan Republik Indonesia ke Yogyakarta. 2. Menjamin penghentian gerakan militer dan pembebasan tawanan politik. 3. Menyetujui Republik Indonesia bagian dari Republik Indonesia Serikat. 4. Konferensi Meja Bundar diadakan segera setela pemerintah RI kembali ke Yogyakarta.

Maka, jawabannya adalah tentara Indonesia menghentikan aktivitas gerilya, Indonesia dan Belanda mengikuti KMB, kembalinya pemerintah RI ke Yogyakarta, militer Belanda menghentikan operasi militer, pembebasan tawanan politik, dan mengakui RI bagian dari RIS.

0

Roboguru

Siapa yang mewakili Indonesia dan Belanda dalam perjanjian Linggarjati?

Pembahasan Soal:

Perjanjian Linggarjati terjadi karena saat itu Jepang menetapkan status quo di Indonesia. Perjanjian Linggarjati dilakukan pada tanggal 11-15 November 1946 Perjanjian Linggarjati merupakan perundingan antara Indonesia dan Belanda yang berisi soal status kemerdekaan Indonesia. Perjanjian tersebut diwakili oleh masih-masing pihak antara Indonesia dan Belanda, serta Inggris selaku penanggung jawab. Delegasi Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, Mohammad Roem, Soesanto Tirtoprodjo, dan Adnan Kapau Gani sementara Delegasi Belanda diwakili oleh Wim Schemerhorn, Max van Poll, dan Hubertus Johannes van Mook. Inggris selaku penanggung jawad diwakili oleh Miles Wedderburn Lampson Killearn.

Jadi, orang yang mewakili Indonesia dalam perjanjian Linggarjati adalah Sutan Syahrir, Mohammad Roem, Soesanto Tirtoprodjo, dan Adnan Kapau Gani, sedangkan di pihak Belanda adalah Wim Schemerhorn, Max van Poll, dan Hubertus Johannes van Mook.

0

Roboguru

Berikut ini termasuk peristiwa perlawanan rakyat secara fisik terhadap Belanda yang berusaha menjajah Indonesia kembali, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan terbagi menjadi dua cara, yakni perjuangan fisik dan perjuangan diplomasi. Perjuangan fisik merupakan perjuangan yang ditempuh melalui pertempuran. Beberapa pertempuran yang terjadi pasca kemerdekaan Indonesia adalah Pertempuran Surabaya, Palagan Ambarawa, Pertempuran Medan Area, dan Bandung Lautan Api. Sedangkan perjuang diplomasi ditempuh melalui perundingan antara pihak RI dengan Belanda. Beberapa perundingan yang dilakukan pasca kemerdekaan adalah Perundingan Linggarjati, Perundingan Renville, Perundingan Roem-Royen, dan Konferensi Meja Bundar.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved