Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan tabel berikut : Pasangan yang berhubungan dengan tepat adalah ....

Perhatikan tabel berikut :

Pasangan yang berhubungan dengan tepat adalah ....

Iklan

N. Puji

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah nomor (3) dan nomor (5).

jawaban yang benar adalah nomor (3) dan nomor (5).

Iklan

Pembahasan

Soal di atas adalah tentang penamaan senyawa ionik diatomik dan poliatomik. Kation yang digunakan merupakan kation dari golongan utama dan golongan transisi. Anion yang digunakan adalah anion-anion monoatomik dan poliatomik. Penamaan senyawa ionik dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini. Penamaan senyawa ionik di mulai dengan nama kation diikuti dengan nama anion yang diakhiri -ida (untuk anion monoatomik). Penamaan senyawa anion tidak menggunakan mono,di,tri, dan seterusnya. Untuk kation logam transisi, penamaannya seperti ini : nama kation + (bilangan oksidasi) + nama anion diakhiri -ida (untuk anion monoatomik). Anion-anion poliatomik memiliki nama nama yang spesifik, misalnya dinamakan fosfat. Selain penamaan, ditanyakan pula senyawa yang terbentuk dari kation dan anion tersebut. Cara menggabungkannya adalah dengan mengkalikan silang ion-ion kation/anion dengan pasangan anion/kationnya. Menurut aturan penamaan dan pembentukan senyawa ionik, pilihan nomor (1) dan (2) memiliki rumus senyawa . Pilihan nomor (4) terdapat kesalahan pada atom K yang seharusnya Ca untuk kalsium. Pilihan nomor (3) dan nomor (5) adalah jawaban yang benar. Besi (II) sulfat memiliki rumus dan magnesium hidroksida memiliki rumus . Jadi, jawaban yang benar adalah nomor (3) dan nomor (5).

Soal di atas adalah tentang penamaan senyawa ionik diatomik dan poliatomik. Kation yang digunakan merupakan kation dari golongan utama dan golongan transisi. Anion yang digunakan adalah anion-anion monoatomik dan poliatomik.

Penamaan senyawa ionik dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Penamaan senyawa ionik di mulai dengan nama kation diikuti dengan nama anion yang diakhiri -ida (untuk anion monoatomik).
  2. Penamaan senyawa anion tidak menggunakan mono,di,tri, dan seterusnya.
  3. Untuk kation logam transisi, penamaannya seperti ini : nama kation + (bilangan oksidasi) + nama anion diakhiri -ida (untuk anion monoatomik).
  4. Anion-anion poliatomik memiliki nama nama yang spesifik, misalnya begin mathsize 14px style P O subscript 4 to the power of 3 minus sign end style dinamakan fosfat.

Selain penamaan, ditanyakan pula senyawa yang terbentuk dari kation dan anion tersebut. Cara menggabungkannya adalah dengan mengkalikan silang ion-ion kation/anion dengan pasangan anion/kationnya.

Menurut aturan penamaan dan pembentukan senyawa ionik, pilihan nomor (1) dan (2) memiliki rumus senyawa begin mathsize 14px style Na subscript 2 O space dan space Cu O end style. Pilihan nomor (4) terdapat kesalahan pada atom K yang seharusnya Ca untuk kalsium. Pilihan nomor (3) dan nomor (5) adalah jawaban yang benar. Besi (II) sulfat memiliki rumus begin mathsize 14px style Fe S O subscript 4 end style dan magnesium hidroksida memiliki rumus begin mathsize 14px style Mg open parentheses O H close parentheses subscript 2 end style.

Jadi, jawaban yang benar adalah nomor (3) dan nomor (5).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

19

Oktavian Wibowo

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kelompok senyawa di bawah ini yang penamaannya sesuai kaidah IUPAC adalah ....

9

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia