Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan tabel berikut! Lembaga yang didirikan oleh Muhammadiyah pada masa pergerakan nasional ditunjukkan oleh kombinasi ...

Perhatikan tabel berikut!

Lembaga yang didirikan oleh Muhammadiyah pada masa pergerakan nasional ditunjukkan oleh kombinasi ...

  1. X1), X2), dan Y1)

  2. X1), X3), dan Y1)

  3. X2), X3), dan Y2)

  4. X2), Y1), dan Y3)

  5. X3), Y2), dan Y3)

Iklan

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah D. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Muhammadiyah adalah sebuah organisasi sosial Islam yang didirikan di yogyakarta pada tanggal 18 November 1912 bertepatan dengan tanggal Zulhijjah 1330 H, oleh Kyai Haji Ahmad Dahlan atas saran yang diajukan oleh murid-muridnya dan beberapa orang anggota Budi Utomo untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan yang bersifat permanen Organisasi ini adalah perjuangan pemurnian ajaran Islam dan bidang pendidikan. Di bawah pimpinan K.H. Ibrahim, Muhammadiyah mengalami perkembangan pesat. Dalam bidang ekonomi, K.H. Ibrahim mendorong berdirinya koperasi Adz-Dzakirat. Di bidang sosial, Muhammadiyah mendirikan lembaga kesehatan bernama Pertolongan Kesengsaraan Umum (PKU). Pada perkembangannya lembaga ini berubah menjadi rumah sakit yang kemudian berkembang di beberapa kota besar di Indonesia hingga saat ini. Selain itu, pada 1924 K.H. Ibrahim mendirikan Fonds Dachlan yang bertujuan membiayai sekolah bagi anak-anak kurang mampu dan mendirikan panti asuhan Muhammadiyah yang pertama. Pada 1929, Muhammadiyah menyelenggarakan kongres di Solo. Kongres tersebut memutuskan pembentukan badan usaha penerbitan buku-buku sekolah Muhammadiyah. Badan usaha tersebut dikelola oleh Majelis Taman Pustaka. Selanjutnya, pada 1932 Muhammadiyah menyelenggarakan kongres di Makassar. Kongres tersebut memutuskan berdirinya penerbitan koran Muhammadiyah, yaitu Daghal Adil.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah D.
 
Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:
 
Muhammadiyah adalah sebuah organisasi sosial Islam yang didirikan di yogyakarta pada tanggal 18 November 1912 bertepatan dengan tanggal Zulhijjah 1330 H, oleh Kyai Haji Ahmad Dahlan atas saran yang diajukan oleh murid-muridnya dan beberapa orang anggota Budi Utomo untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan yang bersifat permanen Organisasi ini adalah perjuangan pemurnian ajaran Islam dan bidang pendidikan. 
 
Di bawah pimpinan K.H. Ibrahim, Muhammadiyah mengalami perkembangan pesat. Dalam bidang ekonomi, K.H. Ibrahim mendorong berdirinya koperasi Adz-Dzakirat. Di bidang sosial, Muhammadiyah mendirikan lembaga kesehatan bernama Pertolongan Kesengsaraan Umum (PKU). Pada perkembangannya lembaga ini berubah menjadi rumah sakit yang kemudian berkembang di beberapa kota besar di Indonesia hingga saat ini. Selain itu, pada 1924 K.H. Ibrahim mendirikan Fonds Dachlan yang bertujuan membiayai sekolah bagi anak-anak kurang mampu dan mendirikan panti asuhan Muhammadiyah yang pertama.
 
Pada 1929, Muhammadiyah menyelenggarakan kongres di Solo. Kongres tersebut memutuskan pembentukan badan usaha penerbitan buku-buku sekolah Muhammadiyah. Badan usaha tersebut dikelola oleh Majelis Taman Pustaka. Selanjutnya, pada 1932 Muhammadiyah menyelenggarakan kongres di Makassar. Kongres tersebut memutuskan berdirinya penerbitan koran Muhammadiyah, yaitu Daghal Adil.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

pejuang.farmasi

Jawaban tidak sesuai

Alexsandra Finkan

Jawaban tidak sesuai

Jason Andrew

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Petunjuk Buatlah rangkuman mengenai bagaimana perkembangan beberapa organisasi etnis kedaerahan dan keagaamaan pada masa pergerakan nasional!

7

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia