Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Hubungan yang tepat antara organ, enzim yang dihasilkan, dan fungsinya ditunjukkan oleh nomor . . . .

Pertanyaan

Perhatikan tabel berikut!

Hubungan yang tepat antara organ, enzim yang dihasilkan, dan fungsinya ditunjukkan oleh nomor . . . .

Pembahasan Soal:

Berdasarkan tabel yang ada di soal, Maka di uraikan hubungan yang benar antara organ, enzim yang dihasilkan, dan fungsinya yaitu : kelenjar parotis menghasilkan enzim amilase yang berfungsi untuk memecah amilum menjadi maltosa.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Martha

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Manado

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar ! Berdasarkan gambar, organ pencernaan yang menghasilkan kimotripsin, tripsin dan amilase adalah ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan gambar, organ pencernaan yang menghasilkan kimotripsin, tripsin dan amilase adalah organ pankreas. Organ pankreas ditunjukkan oleh nomor 3. Enzim kimotripsin dan tripsin memiliki fungsi yang sama yaitu mencerna protein atau polipeptida besar, sedangan enzim amilase berperan dalam mencerna karbohidrat menjadi disakarida (maltosa, sukrosa dan laktosa).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

 

0

Roboguru

Perhatikan data pH pada saluran pencernaan berikut. Berdasarkan kemampuan kerja enzim pada pH tersebut di dalam saluran pencernaan manusia tersebut, maka organ pencernaan yang ditandai dengan X, Y,...

Pembahasan Soal:

Rongga mulut merupakan tempat awal masuknya makanan sebelum dicerna pada lambung. Pada rongga mulut terdapat saliva atau ludah. Saliva adalah cairan oral yang kompleks dan berfungsi membasahi makanan dan rongga mulut sehingga membantu proses mengunyah dan menelan makanan. pH saliva dalam keadaan normal berkisar antara 6,8-7,2. Lambung merupakan tempat terjadinya pencernaan secara mekanik dan kimiawi. Pada lambung terdapat asam lambung yang mengandung HCl, enzim-enzim pencernaan, dan mukosa. Adanya HCl pada lambung menyebabkan kondisi lambung berapa pada pH asam yaitu sekitar 2,5-4. Pada usus halus terjadi proses pencernaan lemak dan protein serta penyerapan hasil pencernaan. pH ada usus halus berkisar antara 7-8. Jadi,  organ pencernaan yang ditandai dengan X, Y, dan Z adalah mulut, lambung, dan usus halus.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Hasil pencernaan makanan di lambung akan menghasilkan"bubur makanan" yang disebut kim yang bersifat asam. Sifat asam ini di lambung akan dinetralkan oleh…

Pembahasan Soal:

Kim yang berasal dari lambung bersuasana asam karena mengandung HCI. Suasana asam merangsang dinding usus dua belas jari untuk mengeluarkan hormon sekretin dan kolesistokinin. Sekretin dan kolesistokinin merangsang bagian eksokrin pankreas agar mengekskresi air, ion, enzim, dan proenzim. Sekresi pankreas mengandung natrium bikarbonat yang berfungsi menetralkan kim sehingga enzim-enzim pankreas dapat berfungsi pada pH optimal.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

1

Roboguru

Berikut ini adalah reaksi enzimatis di dalam sistem pencernaan manusia: 1. amilum maltosa 2. maltosa glukosa 3. polipeptida pepton 4. pepton asam amini 5. lemak asam lemak + gliserol  Reaksi enz...

Pembahasan Soal:

Mulut mampu menghasilkan enzim amilase yang dapat mengubah amilu (pati) menjadi maltosa, sehingga akan terasa manis saat kita mengunyah makanan. Sedangkan di lambung, salah satu enzim yang dihasilkan adalah pepsin yang mengubah polipeptida protein menjadi pepton. Oleh karena itu, pernyataan yang tepat adalah 1 dan 3.

0

Roboguru

Karbohidrat, protein dan lemak yang kita makan sebelum diserap oleh tubuh kita mengalami proses pencernaan. Pencernaan kimia berarti ....

Pembahasan Soal:

Pencernaan makanan pada saluran pencernaan meliputi dua proses, yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi. Pencernaan kimiawi adalah proses penyederhanaan bahan makanan secara enzimatis menjadi zat gizi yang siap diserap oleh tubuh. Enzim-enzim pencernaan dapat ditemukan pada mulut, lambung dan usus. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved