Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan skema berikut! Skema di atas menunjukkan perubahan sosial berpola ...

Perhatikan skema berikut!

Skema di atas menunjukkan perubahan sosial berpola ...space space 

  1. linierspace space 

  2. unilinierspace space 

  3. multilinierspace space 

  4. universalspace space 

  5. siklusspace space 

Iklan

N. Puji

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space space 

Iklan

Pembahasan

Dari skema soal ini kita bisa mencermati bahwa penemuan teknologi menimbulkan pengaruh pada bidang-bidang lain. Penemuan teknologi sebagai perkembangan Iptek berpengaruh pada berbagai bidang merupakan contoh dari perubahan sosial yang berpola multinier . Pola perubahan sosial multilinier menekankan bahwa perubahan pada suatu aspek kehidupan di masyarakat dapat berpengaruh atau menyebabkan terjadinya perubahan pada aspek kehidupan lainnya. Misalnya, penemuan traktor (penemuan teknologi) berpengaruh terhadap bidang pertanian modern karena memudahkan petani dalam membajak sawah sehingga dapat meningkatkan hasil produksi dan peningkatan pendapatan petani. Tidak hanya itu, penemuan traktor berpengaruh terhadap bidang industri modern untuk memproduksi traktor dalam jumlah banyak karena permintaan traktor yang meningkat. Pilihan jawaban linier tidak tepat karena linier merupakan salah satu teori dalam perubahan sosial yang memiliki pengertian bahwa perubahan yang terjadi di masyarakat dapat diarahkan ke titik tujuan tertentu, seperti perubahan dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern. Teori lain yang menjelaskan tentang perubahan sosial berupa teori siklus Teori siklus melihat perubahan sebagai sesuatu yang berulang-ulang. Misalnya, perubahan mode pakaian yang berulang-ulang. Tren pakaian yang ada pada masa sekarang memiliki kesamaan atau kemiripan dengan tren pakaian pada masa lampau. Adapun penjelasan dari pilihan jawaban lain sebagai berikut. Unilinear Theories. Teori ini meyakini bahwa masyarakat berkembang dari bentuk sederhana menuju bentuk yang kompleks. Penganut teori ini adalah Auguste Comte. (pilihan jawaban B) Universal Theories. Menurut Herbet Spencer, teori ini tidak mengikuti tahap-tahap yang pasti dan teratur di setiap kelompok masyarakat. Namun, masyarakat telah mengikuti garis evolusi tertentu yaitu dari masyarakat homogen menuju masyarakat heterogen. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Dari skema soal ini kita bisa mencermati bahwa penemuan teknologi menimbulkan pengaruh pada bidang-bidang lain. Penemuan teknologi sebagai perkembangan Iptek berpengaruh pada berbagai bidang merupakan contoh dari perubahan sosial yang berpola multinier. Pola perubahan sosial multilinier menekankan bahwa perubahan pada suatu aspek kehidupan di masyarakat dapat berpengaruh atau menyebabkan terjadinya perubahan pada aspek kehidupan lainnya. Misalnya, penemuan traktor (penemuan teknologi) berpengaruh terhadap bidang pertanian modern karena memudahkan petani dalam membajak sawah sehingga dapat meningkatkan hasil produksi dan peningkatan pendapatan petani. Tidak hanya itu, penemuan traktor berpengaruh terhadap bidang industri modern untuk memproduksi traktor dalam jumlah banyak karena permintaan traktor yang meningkat.

Pilihan jawaban linier tidak tepat karena linier merupakan salah satu teori dalam perubahan sosial yang memiliki pengertian bahwa perubahan yang terjadi di masyarakat dapat diarahkan ke titik tujuan tertentu, seperti perubahan dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern. Teori lain yang menjelaskan tentang perubahan sosial berupa teori siklus Teori siklus melihat perubahan sebagai sesuatu yang berulang-ulang. Misalnya, perubahan mode pakaian yang berulang-ulang. Tren pakaian yang ada pada masa sekarang memiliki kesamaan atau kemiripan dengan tren pakaian pada masa lampau.

Adapun penjelasan dari pilihan jawaban lain sebagai berikut.

  • Unilinear Theories. Teori ini meyakini bahwa masyarakat berkembang dari bentuk sederhana menuju bentuk yang kompleks. Penganut teori ini adalah Auguste Comte. (pilihan jawaban B)
  • Universal Theories. Menurut Herbet Spencer, teori ini tidak mengikuti tahap-tahap yang pasti dan teratur di setiap kelompok masyarakat. Namun, masyarakat telah mengikuti garis evolusi tertentu yaitu dari masyarakat homogen menuju masyarakat heterogen.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

56

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Krisis minyak bumi mendorong masyarakat Indonesia melakukan perubahan. Masyarakat berhasil mengganti minyak gas yang bahan bakunya dari sisa kotoran hewan dan dapat dimanfaatkan untuk mengganti minyak...

110

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia