Roboguru

Perhatikan rumus struktur polimer berikut! Pasangan rumus struktur yang merupakan polimer alam ditunjukkan oleh angka....

Pertanyaan

Perhatikan rumus struktur polimer berikut!



Pasangan rumus struktur yang merupakan polimer alam ditunjukkan oleh angka....space

  1. 1) dan 2)undefined 

  2. 1) dan 4)undefined 

  3. 2) dan 3)undefined 

  4. 2) dan 4)undefined 

  5. 3) dan 4)undefined 

Pembahasan Soal:

Polimer merupakan molekul besar (makromolekul) yang tersusun dari unit-unit penyusun (monomer) yang sejenis (disebut homopolimer) atau unit penyusun yang tidak sejenis (kopolimer). Unit-unit penyusun membentuk rantai polimer melalui ikatan kimia secara berulang sebanyak n kali (n merupakan derajad polimerisasi dari suatu molekul polimer). Berdasarkan asalnya, polimer digolongkan menjadi polimer alami dan polimer sintetis (buatan). Dari ke-4 gambar polimer di atas, yang merupakan polimer alam adalah nomor 2 dan 3. Polimer nomor 2 merupakan polimer yang tersusun dari monomer isoprena (monomer penyusun karet alam). Polimer nomor 3 merupakan polimer dari protein (ditandai dengan adanya ikatan peptida begin mathsize 14px style O double bond C bond N bond H end style). 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Ulfi

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan 5 macam kelompok mengenai polimer berikut:   Berdasarkan data di atas, nama senyawa polimer yang sesuai dengan data tabel nomor 4 adalah ...

Pembahasan Soal:

Monomer asam adipat (asam - heksandioat) dan mononer heksametileda (1,6- diamino heksana) membentuk polimer secara kondensasi yaitu nilon 66. Disebut nilon 66 karena masing-masing monomernya mengandung 6 atom karbon Nilon 66 bersifat kuat, ringan, dan dapat ditarik tanpa retak sehingga digunakan untuk membuat tali, jala, parasit, dan tenda.

Jadi, jawaban benar adalah B.space

0

Roboguru

Polimer berikut yang tidak termasuk polimer alam adalah...

Pembahasan Soal:

Polimer alam adalah polimer yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup. Contoh polimer alam diantaranya adalah protein, enzim, selulosa, dan amilum.

 

Jadi, jawaban yang benar adalahundefinedD.

0

Roboguru

Sebutkan tiga contoh serat yang termasuk serat alam dan serat buatan!

Pembahasan Soal:

Serat adalah sebuah zat yang panjang, tipis, dan mudah dibentuk. Serat merupakan salah satu contoh polimer. Pada umumnya terdapat dua jenis serat yaitu serat alam dan serat buatan (sintesis). Serat alam memiliki sifat kuat, padat, namun mudah kusut. Contoh serat alami adalah serat kain ramie (serat tumbuhan), serat ulat sutra (serat hewan), dan asbestos (serat mineral). Sedangkan, serat buatan adalah serat yang terdiri dari polimer yang dibuat secara adisi dan kondensasi. Bahan dasar serat buatan adalah bahan-bahan kimia. Serat buatan memiliki sifat kuat namun tidak dapat menyerap keringat. Contoh serat buatan, yaitu PET atau PBT poliester (bahan plastik), nilon, dan elastomer (bahan spandex).


Jadi, contoh serat alami adalah erat kain ramie (serat tumbuhan), serat ulat sutra (serat hewan), dan asbestos (serat mineral). Dan contoh serat buatan adalah PET atau PBT poliester (bahan plastik), nilon, dan elastomer (bahan spandex).

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan polimer alami dan polimer sintetik !

Pembahasan Soal:

  • Polimer alam adalah polimer yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Contoh polimer alam yaitu protein, selulosa, amilum dan lain-lain.
  • Polimer sintetis adalah polimer yang sengaja dibentuk oleh manusia dengan bantuan alat-alat industri. Contoh polimer sintetis yaitu : serat kain seperti nilon, dakron, orlon, pipa paralon dan lain-lain.

Jadi, jawaban yang sesuai seperti yang diuraikan diatas. 

0

Roboguru

Perhatikan tabel data polimer yang berisi reaksi pembentukan, jenis polimer, dan contoh polimer berikut ini!   No. Reaksi Pembentukan Jenis Polimer Contoh Polimer 1 adis...

Pembahasan Soal:

Teflon merupakan polimer sintesis yang dibuat dengan reaksi adisi. Sedangkan Protein merupakan polimer alam yang terbentuk dari asam amino dengan proses kondensasi.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved