Roboguru

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan antara serat alam dan serat buatan disertai contohnya dalam kehidupan sehari-hari!space 

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Berdasarkan sumbernya, serat dibagi menjadi dua, yaitu serat alam dan serat buatan. Perbedaan keduanya dijabarkan sebagai berikut.

  • Serat alam dapat berupa serat tumbuhan dan serat hewan. Serat tumbuhan meliputi linen, kapas, yute, kapuk, dan kenaf. Serat hewan berupa wol yang biasanya berasal dari biri-biri. Wol juga dapat berasal dari kambing dan unta. Selain serat alam, bahan alam yang digunakan untuk membuat tekstil yaitu sutra. Sutra berasal dari kepompong ulat sutra. 
  • Serat buatan manusia dibuat dari zat alami atau bahan kimia dalam batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Serat yang terbuat dari zat alami dinamakan rayon. Rayon dibuat dari selulosa yang berasal dari kayu. Sementara itu, bahan kimia di dalam minyak bumi digunakan untuk membuat serat yang dinamakan nilon. Selain rayon dan nilon, terdapat pula poliester dan akrilik yang dibuat dari PTA (Purified Terephtalic Acid). PTA dibuat dari para-xylene yang bahan dasarnya berupa kerosin (minyak tanah).space 

Jadi, serat alam berasal dari hewan dan tumbuhan, sedangkan serat buatan dapat berasal dari zat alami atau zat kimia dalam batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

691

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Apakah yang dimaksud dengan polimerisasi? Tuliskan macam-macam polimer.

17

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia