Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan rumus struktur polimer berikut! (1) (2) Keterangan : nilai n polimer (1) dan (2) sama Berdasarkan struktur polimer di atas, tentukan polimer yang memiliki ikatan lebih kuat beserta alasannya!

Perhatikan rumus struktur polimer berikut!
 

(1)   

(2)   
 

Keterangan: nilai n polimer (1) dan (2) sama

Berdasarkan struktur polimer di atas, tentukan polimer yang memiliki ikatan lebih kuat beserta alasannya! 

  1. ... 

  2. ...  

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah polipropilena karena mempunyai lebih banyak atom C dan akan membentuk ikatan kovalen yang lebih kuat.

jawaban yang benar adalah polipropilena karena mempunyai lebih banyak atom C dan akan membentuk ikatan kovalen yang lebih kuat.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Polimer adalah senyawa dengan rumus molekul besar dan terdiri dari rantai molekul yang berulang yang disebut sebagai monomer. Polimer dengan struktur nomor 1 mempunyai monomor 1-etena atau etilena, sehingga polimer ini adalah polimer polietilena. Polimer dengan struktur nomor 2 mempunyai monomer 1-propenaatau polipropilena, sehingga polimer ini adalah polimer polipropilena. Monomer dari masing-masing polimer bergabung melalui reaksi adisi dan membentuk ikatan kovalen yang kuat antar atom itu sendiri. Pada polietilena, ikatan kovalen yang kuat hanya terjadi antar sepanjang rantai, sedangkan pada polimer polipropilena, selain terjadi ikatan antar sepanjang rantai, terdapat ikatan lain antara atom C yang kedua dengan gugus pengganti salah satu atom H yaitu (ikatan ).Oleh karena itu, ikatan kovalen polimer polipropilena lebih kuat daripada polietilena dengan adanya ikatan dari gugus tersebut. Jadi, jawaban yang benar adalah polipropilena karena mempunyai lebih banyak atom C dan akan membentuk ikatan kovalen yang lebih kuat .

Polimer adalah senyawa dengan rumus molekul besar dan terdiri dari rantai molekul yang berulang yang disebut sebagai monomer. Polimer dengan struktur nomor 1 mempunyai monomor 1-etena atau etilena, sehingga polimer ini adalah polimer polietilena. Polimer dengan struktur nomor 2 mempunyai monomer 1-propena atau polipropilena, sehingga polimer ini adalah polimer polipropilena. Monomer dari masing-masing polimer bergabung melalui reaksi adisi dan membentuk ikatan kovalen yang kuat antar atom begin mathsize 14px style C bond C end style itu sendiri. Pada polietilena, ikatan kovalen yang kuat hanya terjadi antar undefined sepanjang rantai, sedangkan pada polimer polipropilena, selain terjadi ikatan antar begin mathsize 14px style C H subscript 2 bond C H end style sepanjang rantai, terdapat ikatan lain antara atom C yang kedua dengan gugus pengganti salah satu atom H yaitu begin mathsize 14px style C H subscript 3 end style (ikatan begin mathsize 14px style C H bond C H subscript 3 end style). Oleh karena itu, ikatan kovalen polimer polipropilena lebih kuat daripada polietilena dengan adanya ikatan dari gugus begin mathsize 14px style C H subscript 3 end style tersebut.

Jadi, jawaban yang benar adalah polipropilena karena mempunyai lebih banyak atom C dan akan membentuk ikatan kovalen yang lebih kuat.

Latihan Bab

Makromolekul dan Polimer

Karbohidrat

Protein

Lipid

651

Vita Rahmatiah Syakirah

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut tabel yang berisi data polimer, monomer, proses pembentukan, dan kegunaannya: Pasangan data yang keempatnya berhubungan secara tepat adalah ....

290

3.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia