Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan resensi berikut! “Mengungkap Rahasia Keberhasilan Sri Ningsih” (1) Siapa yang tak kenal Tere Liye? Pengarang asal Sulawesi yang bernama asli Darwis ini telah meraih keberhasilan dalam dunia literasi Indonesia. Hobinya dalam menulis cerita telah banyak menghasilkan karya-karya yang luar biasa. Novel yang telah dipublikasikan di antaranya adalah Hafalan Shalat Delisa (2005), Bidadari-Bidadari Surga (2008), Pukat (2010), Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah (2012), Hujan (2016), dan novel trilogi Bumi, Bulan, Matahari (2016). (2) Pada Oktober 2016, ia baru saja menyelesaikan kembali karyanya, yaitu novel berjudul Tentang Kamu . Tema yang yang dibawa novel ini bergenre petualangan, percintaan, persahabatan, pengkhianatan, dan kesabaran. Novel yang diterbitkan oleh REPUBLIKA ini memiliki sampul yang sederhana tapi elegan, gambar yang unik pada cover membuat penasaran banyak orang untuk mengetahui isi cerita dalam novel tersebut. (3) Cerita dalam novel Tentang Kamu berawal dari seorang Pengacara Internasional berdarah Indonesia yang bernama Zaman Zulkarnaen. Pemuda ini mendapat tugas dari firma hukum Thompson & co. untuk menyelidiki kasus klien besar, yaitu seorang wanita berumur 70-an yang baru saja meninggal di sebuah panti jompo di Paris. Wanita itu meninggalkan harta warisan bernilai satu miliar poundsterling atau setara dengan 19 triliun rupiah. Wanita tua yang meninggalkan harta sebanyak itu berasal dari Indonesia, ia bernama Sri Ningsih. Hal yang membuat kasus ini menarik adalah perusahaan firma hukum Thompson & co. hanya menyimpan surat keterangan bahwa Sri Ningsih adalah pemilik sah 1% surat saham di perusahaan besar, itu berarti tidak adanya surat wasiat yang ditinggalkan. (4) Ada sekiranya 33 bab dalam novel ini. Karakter dalam novel ini dapat memberi motivasi bagi kita, tak hanya kehidupan tokoh Sri Ningsih yang dibahas, kehidupan Zaman Zulkarnaen juga diceritakan, tetapi tidak mendetail. Buku ini cocok dibaca dan dimiliki untuk para remaja juga kalangan mahasiswa. Hal ini karena buku ini merupakan buku yang mendidik para pembacanya. (5) Novel Tentang Kamu ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, dibandingkan novel bergenre percintaan lainnya, novel ini memberi makna cinta yang sesungguhnya juga kata mutiara yang memotivasi. Kisah yang dikemas dengan bahasa khas Tereliye dapat menyihir pembacanya masuk dalam alur cerita. Sangat menikmati setiap katanya. Hal-hal lucu dalam novel ini juga dikemas dengan bahasa yang baik tapi tetap mengundang humor. Namun, pada novel ini memuat istilah-istilah yang asing bagi sebagian pembaca, seperti heir hunters , juga istilah dalam bahasa Inggris lainnya. Sumber diadaptasi dari https://www.kompasiana.com/ diunduh pada 5 Februari 2020 Sinopsis pada resensi di atas terdapat pada paragraf ….

Perhatikan resensi berikut!

“Mengungkap Rahasia Keberhasilan Sri Ningsih”

 

 

     (1) Siapa yang tak kenal Tere Liye? Pengarang asal Sulawesi yang bernama asli Darwis ini telah meraih keberhasilan dalam dunia literasi Indonesia. Hobinya dalam menulis cerita telah banyak menghasilkan karya-karya yang luar biasa. Novel yang telah dipublikasikan di antaranya adalah Hafalan Shalat Delisa (2005), Bidadari-Bidadari Surga (2008), Pukat (2010), Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah (2012), Hujan (2016), dan novel trilogi Bumi, Bulan, Matahari (2016).

     (2) Pada Oktober 2016, ia baru saja menyelesaikan kembali karyanya, yaitu novel berjudul Tentang Kamu. Tema yang yang dibawa novel ini bergenre petualangan, percintaan, persahabatan, pengkhianatan, dan kesabaran. Novel yang diterbitkan oleh REPUBLIKA ini memiliki sampul yang sederhana tapi elegan, gambar yang unik pada cover membuat penasaran banyak orang untuk mengetahui isi cerita dalam novel tersebut.

     (3) Cerita dalam novel Tentang Kamu berawal dari seorang Pengacara Internasional berdarah Indonesia yang bernama Zaman Zulkarnaen. Pemuda ini mendapat tugas dari firma hukum Thompson & co. untuk menyelidiki kasus klien besar, yaitu seorang wanita berumur 70-an yang baru saja meninggal di sebuah panti jompo di Paris. Wanita itu meninggalkan harta warisan bernilai satu miliar poundsterling atau setara dengan 19 triliun rupiah. Wanita tua yang meninggalkan harta sebanyak itu berasal dari Indonesia, ia bernama Sri Ningsih. Hal yang membuat kasus ini menarik adalah perusahaan firma hukum Thompson & co. hanya menyimpan surat keterangan bahwa Sri Ningsih adalah pemilik sah 1% surat saham di perusahaan besar, itu berarti tidak adanya surat wasiat yang ditinggalkan.

     (4) Ada sekiranya 33 bab dalam novel ini. Karakter dalam novel ini dapat memberi motivasi bagi kita, tak hanya kehidupan tokoh Sri Ningsih yang dibahas, kehidupan Zaman Zulkarnaen juga diceritakan, tetapi tidak mendetail. Buku ini cocok dibaca dan dimiliki untuk para remaja juga kalangan mahasiswa. Hal ini karena buku ini merupakan buku yang mendidik para pembacanya.

     (5) Novel Tentang Kamu ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, dibandingkan novel bergenre percintaan lainnya, novel ini memberi makna cinta yang sesungguhnya juga kata mutiara yang memotivasi. Kisah yang dikemas dengan bahasa khas Tereliye dapat menyihir pembacanya masuk dalam alur cerita. Sangat menikmati setiap katanya. Hal-hal lucu dalam novel ini juga dikemas dengan bahasa yang baik tapi tetap mengundang humor. Namun, pada novel ini memuat istilah-istilah yang asing bagi sebagian pembaca, seperti heir hunters, juga istilah dalam bahasa Inggris lainnya.

Sumber diadaptasi dari https://www.kompasiana.com/ diunduh pada 5 Februari 2020

 

Sinopsis pada resensi di atas terdapat pada paragraf ….

 
  1. (1), (2), dan (3)

  2. (3) dan (4)

  3. hanya (3)

  4. hanya (2)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

H. Agustina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Isi resensi memuat tiga unsur, yaitu sinopsis, keunggulan, dan kelemahan buku. Sinopsis buku merupakan salah satu unsur yang terdapat pada bagian isi resensi. Sinopsis yang terdapat pada novel di atas terdapat pada paragraf (3). Paragraf tersebut menjelaskan gambaran cerita dalam novel secara keseluruhan. Hal tersebut dinamakan sinopsis. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Isi resensi memuat tiga unsur, yaitu sinopsis, keunggulan, dan kelemahan buku. Sinopsis buku merupakan salah satu unsur yang terdapat pada bagian isi resensi. Sinopsis yang terdapat pada novel di atas terdapat pada paragraf (3). Paragraf tersebut menjelaskan gambaran cerita dalam novel secara keseluruhan. Hal tersebut dinamakan sinopsis. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Latihan Bab

Mengenal Resensi

Kebahasaan Resensi

Menganalisis Resensi

Membuat Resensi

33

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan resensi berikut! Kisah menarik cerpen ”Wangon Jatilawang” tersebut berawal dari peristiwa pertama menggambarkan kedatangan Sulam ke rumah tokoh ”Aku”. Saat itu tokoh ”Aku” sedan...

160

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia