Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan reaksi berikut! Senyawa X yang dihasilkan dari reaksi di atas adalah ....

Perhatikan reaksi berikut!
 

 


Senyawa X yang dihasilkan dari reaksi di atas adalah ....

  1. etil etanoat undefined 

  2. metil etanoat undefined 

  3. etil propanoat undefined 

  4. propil etanoat undefined 

  5. propil propanoat undefined 

Iklan

Y. Rochmawatie

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Asam karboksilat atau asam alkanoat merupakan senyawa turunan alkana yang memiliki gugus karboksil . Sedangkan alkohol merupakan senyawa turunan dari alkana memiliki gugus hidroksil . Untuk mengetahui hasil reaksi dari persamaan reaksi di atas, kita identifikasi terlebih dahulu senyawa-senyawa pada reaktan dari reaksi tersebut. Dari hasil identifikasi di atas dapat diketahui bahwa senyawa 1 merupakan senyawa asam karboksilat karena mempunyai gugus karboksil dan senyawa 2 merupakan senyawa alkohol karena mempunyai gugus hidroksi. Nama senyawa asam karboksilat diperoleh dari nama alkananya dengan mengganti akhiran “ a ” dengan akhiran “ oat ” dan ditambah awalan “ asam ”. sehingga nama senyawa 1 adalah asam etanoat. Sedangkan nama alkohol diperoleh dari nama alkananya dengan mengganti akhiran “ a ” menjadi akhiran “ ol ”. Senyawa asam karboksilat yang bereaksi dengan senyawa alkohol dengan bantuan asam sulfat pekat akan menghasilkan senyawa ester. Reaksi ini disebut juga dengan esterifikasi . Ester merupakan senyawa turunan alkana yang memiliki gugus karboalkoksi . Reaksi esterifikasi dari asam karboksilat dengan alkohol terjadi dengan putusnya atom pada gugus karboksilat pada asam karboksilat dan berikatan dengan gugus pada alkohol sehingga gugus alkil pada senyawa alkohol akan berikatan pada gugus karboksil pada senyawa asam karboksilat sehingga membentuk gugus karboalkoksi . Berikut adalah mekanisme reaksi eseterifikasi senyawa X dari asam etanoat dan etanol. Penamaan ester seperti penamaan asam karboksilat dengan mengganti awalan asam dengan nama gugus alkil yang diikat. Gugus alkil yang diikat oleh asam karboksilat adalah etil sehingga nama senyawa X adalah etil etanoat . Jadi, jawaban yang benar adalah etil etanoat (A).

    Asam karboksilat atau asam alkanoat merupakan senyawa turunan alkana yang memiliki gugus karboksil begin mathsize 14px style left parenthesis minus sign C O O H right parenthesis end style. Sedangkan alkohol merupakan senyawa turunan dari alkana memiliki gugus hidroksil begin mathsize 14px style left parenthesis minus sign O H right parenthesis end style.
    Untuk mengetahui hasil reaksi dari persamaan reaksi di atas, kita identifikasi terlebih dahulu senyawa-senyawa pada reaktan dari reaksi tersebut.

    Dari hasil identifikasi di atas dapat diketahui bahwa senyawa 1 merupakan senyawa asam karboksilat karena mempunyai gugus karboksil dan senyawa 2 merupakan senyawa alkohol karena mempunyai gugus hidroksi. Nama senyawa asam karboksilat diperoleh dari nama alkananya dengan mengganti akhiran “a” dengan akhiran “oat” dan ditambah awalan “asam”. sehingga nama senyawa 1 adalah asam etanoat.

    Sedangkan nama alkohol diperoleh dari nama alkananya dengan mengganti akhiran “a” menjadi akhiran “ol”.

     Senyawa asam karboksilat yang bereaksi dengan senyawa alkohol dengan bantuan asam sulfat pekat akan menghasilkan senyawa ester. Reaksi ini disebut juga dengan esterifikasi. Ester merupakan senyawa turunan alkana yang memiliki gugus karboalkoksi begin mathsize 14px style left parenthesis minus sign COOR apostrophe right parenthesis end style.
    Reaksi esterifikasi dari asam karboksilat dengan alkohol terjadi dengan putusnya atom begin mathsize 14px style H end style pada gugus karboksilat pada asam karboksilat dan berikatan dengan gugus begin mathsize 14px style O H end style pada alkohol sehingga gugus alkil pada senyawa alkohol akan berikatan pada gugus karboksil pada senyawa asam karboksilat sehingga membentuk gugus karboalkoksi begin mathsize 14px style left parenthesis minus sign COOR apostrophe right parenthesis end style. Berikut adalah mekanisme reaksi eseterifikasi senyawa X dari asam etanoat dan etanol.

    Penamaan ester seperti penamaan asam karboksilat dengan mengganti awalan asam dengan nama gugus alkil yang diikat. Gugus alkil yang diikat oleh asam karboksilat adalah etil sehingga nama senyawa X adalah etil etanoat.

Jadi, jawaban yang benar adalah etil etanoat (A).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Zahwa Khoirunnisa

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Suatu senyawa karbon mempunyai rumus umum C n ​ H 2 n ​ O 2 ​ . Senyawa tersebut jika dipanaskan dengan etanol dan sedikit asam sulfat pekat akan menghasilkan zat yang berbau harum. Gugus fungsi senya...

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia